PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 38 Menit 32 Detik 

Beasiswa Data Science untuk Pemula Dijamin Siap Berkarir 2022

Belajar Data Science di Rumah 31-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7af6d595b2ccef4a58f622910ee84192_x_Thumbnail800.jpg

Data Science adalah ilmu yang mengkolaborasikan tiga pilar ilmu yaitu ilmu matematika, ilmu statistik, dan pemrograman yang bertujuan mempermudah proses pengolahan data. Sehingga, jika berkarir di bidang data dibutuhkannya persiapan salah satunya dengan belajar mengenai data science. Data science tidak hanya menyangkut pengolahan data tetapi juga bisa diterapkan untuk machine learning. Jika kamu tertarik dengan data pasti sering mendengar istilah machine learning. Machine learning ini bagian dari data science yaitu metode yang memungkinkan mesin dapat belajar dengan sendirinya sehingga mampu memberikan output sesuai yang dibutuhkan. Contohnya ada banyak seperti di e-commerce, media sosial, dan lain sebagainya.


Penerapan data science sendiri menyentuh hampir di segala sektor mulai dari industri, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Hal ini karena data science memberikan banyak manfaat terutama untuk proses pengolahan data yang cepat dan akurat. Data science diterapkan menggunakan tools-tools tertentu yang mendukung contohnya seperti Python, R, Tableau, SQL, dan NoSQL. Penggunaan tools biasanya tergantung pada praktisi data serta perusahaannya. Jadi ketika merekrut, skill yang diwajibkan juga berbeda-beda. Data science ini sedang naik daun dan menjadi profesi impian banyak orang apalagi yang memang menyukai dunia data. Nah, untuk kamu yang pemula, penulis akan kasih tips dan informasi mengenai beasiswa data science yang bisa kamu ikuti. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis, ya!


1. Digital Talent Scholarship

Mulai tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan program digital talent yang memberikan berbagai pelatihan terkait teknologi bagi lulusan baru hingga profesional. Beberapa program yang ada yaitu antara lain Fresh Graduate Academy, Professional Academy, Thematic Academy, dan Digital Entrepreneurship Academy. Masing-masing program terdapat berbagai pelatihan yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu. DQLab merupakan lembaga yang menjadi partner pelatihan digitalent Kominfo untuk pelatihan Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis dan diakhir pelatihan akan mendapatkan sertifikat completion sebagai bukti bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan modul-modul yang diberikan. Pelatihan data science dengan DQLab diadakan selama satu bulan yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam seminggu bersama para mentor data. Kamu bisa mengakses digitalent.kominfo.go.id untuk jadwal pendaftaran serta pelatihan apa saja yang sedang diadakan. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Bootcamp Data Science

Beasiswa data science juga bisa kamu dapatkan dengan mengikuti bootcamp data science. Bootcamp diselenggarakan oleh lembaga kursus itu sendiri atau bekerja sama dengan kampus-kampus di Indonesia. Umumnya bootcamp memiliki jadwal tetap dalam pengerjaannya. Jadi, akan mentor atau instruktur yang memberikan materi secara bertahap sesuai dengan topik bootcamp kepada peserta. Peserta akan mengerjakan tugas-tugas praktek hingga project secara mandiri. Bootcamp sekarang ini lebih banyak diadakan secara online karena masih di masa pandemi. Namun keuntungannya bootcamp bisa diikuti oleh peserta dari mana saja di Indonesia. 


3. Keuntungan Mengikuti Beasiswa Data Science 

Ketika kamu mengikuti beasiswa data science kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pertama kamu bisa belajar data science secara intensif dan juga gratis yang dimentori oleh praktisi data profesional. Dengan begitu materi yang diberikan akan lebih fokus pada skill yang dibutuhkan. Kamu juga bisa mendapatkan gambaran bagaimana bekerja di bidang data, proses pengolahan data, hingga merancang machine learning. Kamu juga bisa memperluas koneksi dengan para praktisi data lainnya. Misalnya di akhir pembelajaran kamu harus mengerjakan project. Nah, hasil project dapat kamu upload di media sosial seperti LinkedIn dan tandai akun mentornya. Selain itu dengan mengikuti beasiswa data science kamu akan mendapatkan pengalaman menarik selama pelatihan. So, jangan lewatkan kesempatannya dan sering-sering browsing mencari informasi beasiswa data science.


4. Tips Lolos Beasiswa Data Science

Ingin dapat beasiswa data science? Ini tipsnya. Pelajari dasar-dasar data science seperti mengenal apa itu data science, tools yang digunakan, profesi yang berkaitan dengan data science, dan lain sebagainya. Hal ini akan menjadi bekal kamu agar tahu mau ke arah mana. Misalnya ingin menjadi Data Analyst maka carilah informasi beasiswa untuk Data Analyst. Biasanya di awal setelah mendaftar kamu akan melalui tes terlebih dahulu untuk menentukan apakah kamu layak mendapatkan beasiswa atau tidak. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar dasar-dasar data science dan mulai berlatih coding untuk data science. Tidak perlu terlalu dalam, cukup dasar-dasarnya saja. Selain itu kamu juga harus berkomitmen untuk menyelesaikan pelatihan saat sudah mendapatkan beasiswa tersebut. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science Asyik Bareng DQLab

Teman-teman tertarik belajar data science lebih mendalam? Yuk, gabung dengan Sign Up di DQLab.id! Tersedia modul-modul pembelajaran data science seperti SQL, Python, dan R yang dimentori oleh para ahli data yang berpengalaman di industri. Ada juga project dan challange yang bisa kamu kerjakan dan menjadi bagian dari portofolio datamu. Portofolio data ini cukup penting ketika kamu ingin berkarir di bidang data. Ini akan menambah nilai dirimu di mata perekrut. Setiap modul yang kamu kerjakan di DQLab akan mendapatkan sertifikat gratis, loh! Selain itu juga kamu bisa melihat opportunity yang ada melalui job connector. So, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan untuk berkarir di bidang data.



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :