DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 33 Menit 9 Detik 

Beberapa Contoh Teknik Pengumpulan Data Sekunder

Belajar Data Science di Rumah 08-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6d3a70794b6fd6baf4c3f50141d3ff97_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan kumpulan informasi yang berisikan fakta-fakta. Data dapat diperoleh dari mana saja, apalagi pada zaman sekarang dimana internet dapat kita jangkau dengan mudah sehingga memudahkan kita pula dalam memperoleh informasi. Menurut cara pengambilannya, data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data yang ingin kita gunakan dalam suatu penelitian atau kegiatan tertentu tentunya data yang baik bukan? Nah, untuk memperoleh data yang baik diperlukan teknik yang baik pula. Salah satunya adalah teknik pengumpulan data sekunder.


Data sekunder merupakan data yang kita peroleh dari tangan kedua atau dengan kata lain data yang tidak kita ambil sendiri secara langsung di lapangan, akan tetapi melalui instansi atau pihak lain yang sebelumnya telah mengumpulkannya. Pada bagian sebelumnya telah disebutkan bahwa data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Perbedaan dari kedua data tersebut memberikan perbedaan pula dari teknik pengumpulan datanya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa teknik pengumpulan data sekunder.


1. Lembaga Pemerintahan

Lembaga pemerintahan merupakan lembaga negara yang dibentuk untuk melaksanakan tugas pemerintahan tertentu. Kepala Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK) bertanggung jawab langsung kepada presiden melalui menteri. beberapa contoh lembaga pemerintahan antara lain Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung (MA), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), dan lain-lain. Peneliti dapat memperoleh data sekunder dari lembaga pemerintahan di atas melalui SOP yang berlaku di masing-masing lembaga.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Lembaga Swasta

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenal beberapa lembaga pemerintahan. Selain dari lembaga pemerintahan, peneliti juga dapat memperoleh data sekunder yang telah dikumpulkan oleh lembaga swasta. Lembaga swasta merupakan lembaga atau instansi yang memiliki tujuan mendapatkan keuntungan namun dengan modal pribadi atau pinjaman maupun saham. Beberapa contoh lembaga swasta antara lain PT Bank Central Asia, Unilever, PT Indofood, United Tractors, dan lain sebagainya.


3. Media Massa

Media massa merupakan sarana komunikasi yang dapat menyampaikan pesan, informasi, gagasan kepada khalayak umum. tentunya sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan media massa baik dalam bentuk media massa cetak seperti koran atau surat kabar, tabloid, majalah, buku, buletin. Selain dalam bentuk media cetak, kini kita dapat memperoleh informasi dengan mudah dari media massa elektronik seperti radio, televisi, ponsel, internet, komputer dan lain-lain.


4. Penelitian Kepustakaan

Penelitian kepustakaan atau library research merupakan studi yang dilaksanakan dengan mempelajari buku-buku referensi maupun hasil penelitian terdahulu untuk menunjang kemudahan penelitian yang sedang dilaksanakan. Dengan melakukan penelitian kepustakaan kita dapat mendapatkan landasan mengenai permasalahan yang akan diteliti. Adapun teknik penelitian kepustakaan secara umum dapat dilakukan dengan cara menelaah buku, literatur, catatan, maupun laporan-laporan terkait.


Baca juga : Perbedaan Data Primer dan Data Sekunder


5. Yuk, Kejar Impian Jadi Data Scientist!

Pada era transformasi digital kini, profesi data scientist menjadi salah satu profesi yang sangat diminati. Apakah kalian termasuk salah satunya? Jangan khawatir, kita dapat mempelajari dasar-dasar data science mulai dari sekarang lohh. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :