GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 31 Menit 50 Detik 

Perbedaan Data Primer dan Data Sekunder

Belajar Data Science di Rumah 07-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/58944cce62c79825a9be425045b04fef_x_Thumbnail800.jpg

Apakah dari kalian ada yang pernah melaksanakan penelitian? Baik itu penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Dalam proses penelitian tentunya memerlukan data bukan? Data merupakan suatu kumpulan informasi yang terdiri dari fakta-fakta yang memberikan gambaran luas terkait suatu keadaan. Data merupakan salah satu komponen dalam penelitian. Menurut cara pengambilannya, data terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder.


Data yang akan digunakan dalam penelitian perlu dikumpulkan terlebih dahulu dengan cara-cara tertentu yang sesuai. Data memiliki jenis dan fungsinya masing-masing yang tergantung dari kebutuhan pengolah data dan tujuan penelitian. Namun seiring perkembangan zaman, data kini tidak hanya digunakan untuk kegiatan penelitian, akan tetapi dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya di berbagai bidang. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan dari dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder.


1. Definisi

Sebelum membahas lebih lanjut terkait data primer dan data sekunder, tentunya kita perlu mengetahui terlebih dahulu definisi dari keduanya. Data terbagi menjadi beberapa jenis, adapun menurut cara mendapatkannya data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang didapatkan dengan cara mengambil sendiri tanpa perantara. Adapun data sekunder merupakan data yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh orang lain sehingga peneliti tinggal meminta data yang sudah ada tersebut kepada instansi atau organisasi yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Karakteristik

Data primer dan data sekunder tentunya memiliki karakteristik masing-masing. Karakteristik data primer adalah faktual dan asli, berasal dari peneliti pertama, membutuhkan sumber daya manusia yang banyak, waktu yang banyak, biaya yang besar, lebih valid dan akurat. Adapun karakteristik dari data sekunder adalah berasal dari peneliti sebelumnya, proses pengumpulan berasal dari orang atau instansi lain, waktu dan biaya yang diperlukan tidak terlalu besar, dan hasil analisis dan interpretasi berkaitan dengan data primer.


3. Perbedaan Data Primer dan Data Sekunder

Data primer dan data sekunder memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

  • Data primer berasal dari tangan pertama, sedangkan data sekunder berasal dari tangan kedua atau dari data yang sudah ada
  • Data primer cenderung lebih valid dan akurat dibandingkan data sekunder
  • Data primer dapat digunakan sebagai pendukung data sekunder


4. Manfaat Data Primer dan Data Sekunder

Kedua jenis data tersebut memiliki manfaat, antara lain:

  • Digunakan sebagai sarana pendukung dalam memecahkan masalah yang akan diteliti
  • Memperjelas masalah menjadi lebih operasional
  • Memunculkan beberapa alternatif yang mendukung
  • Dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya


Baca juga : Yuk, Kenali Beberapa Contoh Data Sekunder

5. Yuk, Kejar Impian Jadi Data Scientist!

Pada era transformasi digital kini, profesi data scientist menjadi salah satu profesi yang sangat diminati. Apakah kalian termasuk salah satunya? Jangan khawatir, kita dapat mempelajari dasar-dasar data science mulai dari sekarang lohh. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!