PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 4 Jam 56 Menit 17 Detik

Beberapa Kompetensi yang Perlu Dimiliki Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 21-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3dc2bdfba209699ee0d78246c87cef76_x_Thumbnail800.jpeg

Perkembangan kecanggihan teknologi di era transformasi digital ini membuat orang-orang secara langsung maupun tidak langsung memudahkan kegiatan keseharian. Selain itu perkembangan teknologi juga memberi pengaruh kepada perusahaan-perusahaan terutama pada bagian peningkatan jumlah data. Peningkatan jumlah data yang semakin meningkat ini dapat menjadi informasi jika dikelola oleh data scientist. Oleh karena itu sebelumnya kita perlu mengetahui terlebih dahulu kompetensi data scientist.


Kompetensi data scientist sangat diperlukan oleh data scientist sebagai dasar atau ilmu untuk melakukan proses analisis data. Dalam melakukan tugasnya data scientist perlu mempersiapkan ilmu baik itu hard skill maupun soft skill. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui beberapa contoh hard skill dan soft skill yang diperlukan oleh seorang data scientist.


1. Memahami Analisis Statistik dan Tools Analisis


Analisis statistik diperlukan untuk memperbaiki perencanaan serta pengawasan, mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi kapan tindakan perlu dilakukan. Adapun tools analisis juga diperlukan untuk membantu tugas data scientist sehingga mempermudah proses pengerjaan analisis data. Beberapa contoh tools analisis data antara lain Hadoop, SAS, R, Python, Matlab, Octave, SQL dan lain-lain.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Data Mining dan Pemrograman


Data mining merupakan sebuah proses penambangan data untuk menghasilkan sebuah informasi dari sekumpulan data yang ada. Terdapat beberapa teknik dan algoritma data mining yang perlu dipahami dan diterapkan dalam proses analisis data. Selain itu bahasa pemrograman juga dibutuhkan untuk membantu dalam proses mengatur dan membersihkan data yang tidak terstruktur. Semakin dalam memahami dan menerapkan bahasa pemrograman maka akan menjadi nilai plus atau nilai tambah.


3. Detail, Ketajaman Bisnis dan Komunikasi yang Baik


Pada dua poin sebelumnya merupakan beberapa contoh hard skill yang perlu dimiliki oleh data scientist. Adapun beberapa contoh soft skill yang perlu dimiliki seperti ketelitian detail data yang akan dikelola, ketajaman bisnis sehingga mampu membedakan masalah yang perlu diselesaikan untuk peningkatan perusahaan, dan komunikasi yang baik agar dapat menyampaikan hasil analisis dengan jelas dan tepat sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau oleh pihak perusahaan.



Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB 

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login