Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Bedah Tuntas Artificial Intelligence vs Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 01-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-07-2024-04-01-185354_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi saat ini sudah sangat maju, salah satu bentuk kemajuan dari teknologi ini adalah munculnya Artificial Intelligence dan Machine Learning. Teknologi-teknologi ini memiliki manfaat untuk membuat sebuah terobosan dan inovasi baru untuk bisa membangun sebuah mesin yang bisa berjalan secara mandiri dan berpikir selayaknya manusia. Dengan adanya teknologi ini perusahaan akan semakin terbantu seperti menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya.


AI atau kecerdasan buatan dan Machine Learning ini sering kali digunakan secara bergantian, namun sebenarnya keduanya adalah konsep berbeda yang berada di bawah payung sama. Nah, pada artikel kali ini, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana keduanya digunakan di dunia saat ini. Apa sajakah itu? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini!


1. Apa Perbedaan antara AI dan Machine Learning?

Secara umum, AI adalah perangkat lunak komputer yang meniru cara berpikir manusia untuk bisa melakukan berbagai macam tugas kompleks seperti menganalisis, belajar, dan juga menalar. Sementara itu, Machine learning adalah bagian dari AI yang menggunakan algoritma yang dilatih pada data untuk menghasilkan model yang bisa melakukan tugas rumit tersebut. 


Hampir sebagian besar AI ini dikerjakan dengan menggunakan machine learning, sehingga kedua istilah ini sering sekali digunakan, namun AI sebenarnya mengacu kepada konsep umum untuk bisa menciptakan kognisi yang mirip manusia dengan menggunakan perangkat lunak komputer, sedangkan untuk machine learning sendiri hanyalah salah satu metode untuk melakukannya.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

AI atau kecerdasan buatan adalah perangkat lunak komputer yang meniru kemampuan kognitif dari manusia untuk melakukan tugas-tugas kompleks yang secara historis hanya bisa dilakukan oleh manusia, contohnya seperti mengambil sebuah keputusan, analisis data, dan lain sebagainya.


Dengan kata lain, AI ini adalah kode pada sistem komputer yang diprogram secara eksplisit untuk melakukan tugas-tugas yang memerlukan penalaran manusia. 

Artificial Intelligence

Credit by Indobot Academy


3. Apa itu Machine Learning?

Machine Learning adalah subbidang dari Ai yang memiliki fokus kepada pelatihan algoritma machine learning dengan kumpulan data untuk menghasilkan machine learning model yang mampu melakukan tugas-tugas kompleks, contohnya seperti memperkirakan penjualan atau juga bisa menganalisis data dalam jumlah yang sangat besar. Pada saat ini, machine learning adalah cara utama kebanyakan orang untuk berinteraksi dengan AI. 

Artificial Intelligence

Credit by Codepolitan


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Contoh AI di Kehidupan Sehari-hari

Mungkin tanpa sadar kalian sudah menggunakan layanan atau perangkat dengan menggunakan teknologi AI dalam keseharian kalian. Mulai dari program perbankan yang memeriksa transaksi mencurigakan sampai dengan filter spam otomatis yang bisa menjaga kotak masuk kalian menjadi bebas virus dan juga platform streaming video yang merekomendasikan film kepada kalian. AI dan juga machine learning ini semakin menyatu dengan kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia.


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login