GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Belajar Array Python Adalah Step Awal Menjadi Praktisi Data

Belajar Array Python Adalah Step Awal Menjadi Praktisi Data

Belajar Data Science 13-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/67daf1e1de0afa7e9b12a114ef7d6b65_100_persen.jpg

Array merupakan salah satu konsep yang paling banyak digunakan atau esensial yang dapat menampung atau menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe data yang sama. Array dapat menampung data hingga n data namun tetap dalam satu variabel saja. Sehingga array dapat diakses dengan mengacu kepada nomor indeks data yang dimiliki. Sehingga, array dapat dengan mudah dipanggil dan digunakan untuk melakukan analisis data yang diinginkan. 


Array pada python merupakan salah contoh yang dapat digambarkan pada artikel ini. Walaupun terdapat perbedaan beberapa teknik penyimpanan array pada beberapa bahasa pemrograman, namun konsep array tetap sama dan tidak akan berbeda. Sehingga, kamu dapat menerapkan array untuk menyimpan data yang akan kamu panggil dalam pengolahan data kamu. Ingin lebih jauh memahami tentang array python ? Yuk kenalan cara membuat array pada python bersama DQLab. 


1. Akses Array dengan Python

Ketika kita sudah memiliki array yang dapat menampung banyak sekali kumpulan nilai, maka kita juga dapat melakukan akses terhadap data tersebut. Cara akses array cukup melakukan pemanggilan indeks pada data yang telah kita inputkan kemudian kita panggil beberapa data yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut contoh melakukan akses array pada python. 


dqlab = ["Aksara", "Pandora", "Beasiswa"] 

print(dqlab[0]) // Aksara


Maka output yang akan dihasilkan oleh pemanggilan akses array tersebut adalah Aksara karena dapat source code melakukan akses pemanggilan data indeks array ke 0 atau urutan data pertama. 


Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python



2. Ubah Array dengan Python

Konsep selanjutnya adalah melakukan pengubahan nilai pada array, hal ini tentu saja dapat dilakukan dengan cara melakukan pengisian nilai berdasarkan indeks array yang kamu tuju.  Contohnya sebagai berikut. 


dqlab = ["Aksara", "Senja", "Pandora"]  

dqlab[0] = "Kita"

print(dqlab[0]) // Kita


Maka hasil yang akan ditampilkan adalah Kita, karena data Kita telah mereplace data dqlab yang memiliki raw aksara. Tentu saja hal ini sangat mudah dilakukan bagi para pemula sehingga dengan kemudahan ini dapat dikembangakan ketahapan yang lebih rumit lagi. 


3. Menghitung Panjang Array

Nah, jika kalian ingin mengetahui panjang array yang kalian miliki, tentu saja kalian juga dapat dengan mudah melakukannya. Perhitungan jumlah array dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi len. Berikut ini adalah contohnya.


dqlab = ["Aksara", "Senja", "Pandora"] 

total = len(dqlab)

print(total) // 3


Hasil perhitungan akan menunjukkan total panjang array yang kamu miliki, perhitungan ini dapat mempermudah kamu dalam melakukan pengukuran seberapa besar ukuran array yang kamu miliki. 


Baca juga : 3 Metode Numpy Array Python Sebagai Dasar Proses Manipulasi Data



4. Yuk, Bersama DQLab Belajar Data Lebih Jauh hingga Bangun Portofolio Datamu, Gratis!!


Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!