PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 19 Jam 3 Menit 34 Detik 

Belajar Big Data dengan Kenali 4 Karakteristiknya

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9a53e0392b0a0a2cf8106bdd5e3d1fd6_x_Thumbnail800.png

Pada masa kini perkembangan internet yang semakin canggih memberikan kita keluasan dan keluwesan untuk mengakses data-data yang ada secara online, baik itu data berupa teks, foto, video, dan sebagainya. Big data merupakan sekumpulan data yang sangat besar dan saat ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Lalu, apakah kalian telah mengetahui apa saja karakteristik big data yang menjadi ciri khasnya? Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa karakteristik big data.


Big data saat ini telah digunakan oleh sebagian besar perusahaan yang mana berisi informasi dalam berbagai bentuk. Big data pun dapat dimanfaatkan untuk menangani permasalahan dalam data untuk menghasilkan data yang lebih cepat dan efektif. Terdapat beberapa karakteristik big data, antara lain volume, variety, velocity, dan vericity. Beberapa penjelasan di bawah akan memberikan pengenalan terhadap empat karakteristik big data tersebut. Yuk, simak artikel berikut ini bersama DQLab!


1. Volume (Ukuran)

Karakteristik pertama dari big data adalah volume. Volume disini berarti ukuran, artinya ukuran data sangat besar dan terus menerus bertambah. Seiring dengan beragamnya aktivitas maka jumlah data pun sangat meningkat. Sebagai contoh pada saat ini kapasitas memori sebesar 1,5 MB tidak mungkin cukup untuk menampung data masing-masing orang. Saat ini paling tidak setiap orang membutuhkan kurang lebih sekitar 1 TB untuk penyimpanan data pribadi dikarenakan big data direpresentasikan dengan besar.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Variety (Variasi)

karakteristik kedua dari big data adalah variety atau variasi. Big data memiliki jenis variasi data yang banyak dan dapat dipermudah menggunakan sistem database. Secara umum jenis data terbagi menjadi dua, yaitu data terstruktur dan tidak terstruktur. Jenis data terstruktur antara lain seperti transaksi keuangan di ATM beserta waktu dan rincian lainnya. Sedangkan contoh jenis data tidak terstruktur antara lain seperti komentar pada media sosial, status di media sosial, dll. Big data lah yang menampung semua data tersebut yang tentunya dengan variasi atau jenis yang tidak sedikit.


3. Velocity (Kecepatan)

Karakteristik big data yang ketiga antara lain adalah velocity atau kecepatan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa big data merupakan data yang berkembang dengan sangat cepat. Kecepatan pada big data ini dapat membantu keseharian kita saat ini. Sebagai contoh jika kita membuka aplikasi pada smartphone tidak hanya terfokus pada satu aplikasi saja. Misalnya kita dapat memutar musik bersamaan dengan mengetikkan pesan yang akan dikirim, dan masih banyak contoh lainnya.


4. Vericity (Kebenaran)

Karakteristik keempat dari big data antara lain veracity atau kebenaran. Big data merupakan data yang sangat besar, berkembang cepat dan sangat bervariasi. Namun perlu diketahui pula bahwa semakin banyak data yang diproses maka semakin tinggi pula ketidakpastian dalam hal keakuratan data tersebut. Dapat dikatakan pula bahwa hal ini termasuk salah satu bagian yang menyulitkan dalam big data dikarenakan volume data yang sangat besar sehingga sulit untuk dikontrol


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Yuk, Bergabung Menjadi Praktisi Data

Pada era revolusi industri 4.0 kini big data sudah mulai dikenali oleh banyak orang. Hal ini beriringan dengan perkembangan kecepatan internet yang menghasilkan data begitu besar dengan waktu yang singkat. Big data perlu dianalisis agar menghasilkan informasi. Namun jangan khawatir, jika kita ingin menjadi praktisi big data maka kita dapat mempelajarinya di DQLab , bahkan kita bisa membuat portofolio data dengan menyelesaikan kasus data yang tersedia. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!