Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Belajar Coding Python Sederhana untuk Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 20-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d7be1096d850ed67ea8594b6e8c5f026_x_Thumbnail800.jpeg

Bagi seorang coding addict, belajar menulis coding pada python adalah hal yang sangat menyenangkan. Terlebih jika ia sudah menemukan metode yang tepat untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut. Tetapi, bagi pemula mungkin mengalami kebingungan bagaimana cara belajar coding Python yang benar. 


Python adalah bahasa pemrograman untuk tujuan general yang bisa digunakan di berbagai bidang, seperti game development, bisnis, apps development, dan lain sebagainya. Ada banyak cara untuk membangun script code, jadi  tidak ada coding yang salah, asalkan hasil yang diperoleh benar dan bisa di-run. Namun, jika kita memahami teknik coding yang tepat, kita bisa menulis coding lebih pendek dengan hasil yang sama dengan coding yang sangat panjang. 


Semakin mahir seseorang meng-coding menggunakan Python, maka intuisi mereka akan semakin tajam jika ada error pada proses menulis coding. Tidak hanya memiliki intuisi yang kuat, tetapi seseorang yang sudah mahir menggunakan python bisa juga mengembangkan library yang ia butuhkan sehingga tidak bergantung dengan library bawaan dari python. 


Jadi bagaimana cara belajar teknik coding yang baik? Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan tips cara belajar teknik coding yang baik menggunakan python dari seorang data scientist. Penasaran? Let’s get started!


1. Coding Setiap Hari

Keterampilan adaptasi sangat berperan penting untuk mempelajari hal baru. Agar lebih cepat beradaptasi dengan environment Python, maka tips pertama yang bisa kita  terapkan saat mempelajari teknik menulis coding pada python adalah dengan konsisten menulis coding setiap hari. Dengan menulis script code atau sintaks baru setiap hari, maka kita akan menemukan library baru dengan fungsi yang beragam. Hal ini akan membantu kita secara tidak langsung untuk menghafal dan mengetahui kegunaan library beserta fungsi di dalamnya.


Python


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Menulis Sintaks yang Telah Dipelajari

Studi mengatakan bahwa teknik menulis topik yang sedang dipelajari merupakan teknik belajar terbaik karena memori otak akan merekam tulisan sehingga tidak ada topik yang terlewat. Catatan ini juga akan membantu kita saat mengerjakan project lain karena kita cukup mengembangkan sintaks yang pernah kita buat saja. Selain itu, catatan ini juga berguna saat kita ragu atau lupa library, fungsi, atau urutan sintaks saat mengerjakan sebuah project.


Python


3. Mengerjakan Mini Project

Membuat mini project akan membantu beginner untuk mengembangkan kepercayaan diri saat menulis dan menggunakan bahasa pemrograman, khususnya python. Selain itu, dengan mengerjakan mini project kita akan belajar dengan teknik learning by doing. Teknik belajar ini terkenal sangat baik untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan problem solving. Dengan begitu, kita akan ‘dipaksa’ untuk mencari solusi atas error yang terjadi saat proses penulisan sintaks. Beberapa ide yang bisa kita kembangkan untuk mini project kita adalah operasi perhitungan sederhana, permainan tebak angka, analisis data dari sumber open source, dan lain sebagainya. 


Python


4. Belajar Sintaks dari Sumber Open Source

Beberapa library python tersedia dalam format open source yang bisa dimanfaatkan oleh pemula yang sedang belajar basic python. Belajar dengan library open source ini merupakan teknik belajar coding yang sangat tepat untuk menambah pengalaman coding kita. Python memiliki komunitas user yang besar dan saling terhubung di berbagai platform bahasa pemrograman. Di platform tersebut kita bisa belajar sintaks open source yang dibagikan oleh sesama user python dan mengembangkan sintaks tersebut untuk membuat project baru.


Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Saat mempelajari sesuatu kita harus konsisten. Belajar yang baik adalah belajar yang dilakukan secara terus menerus. Namun, kita juga tidak bisa asal belajar tanpa ada pedoman atau guideline tahapan-tahapan yang harus kita pelajari. Yuk belajar python secara konsisten bersama DQLab! DQLab memiliki modul sesuai level kemampuan kita yang bisa kita manfaatkan sebagai pedoman dalam mempelajari python. Daftarkan dirimu dengan klik button di bawah ini dan nikmati modul gratis dan fasilitas pendukung lainnya agar proses belajar python-mu lebih efektif.


Penulis: Galuh Nurvinda K



Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :