Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Belajar dari Ahlinya, Yuk Ikut Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 04-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/49f2de54-6e62-4af4-825f-b4797e91e329-2023-07-04-184317_x_Thumbnail800.jpeg

Dengan memiliki kemampuan analisis yang kuat, dan penggunaan tool dan teknik yang tepat, seorang data analyst dapat memberikan insight yang mempengaruhi keputusan bisnis di masa mendatang. Inilah salah satu alasan kenapa profesi tersebut kian dicari di era digital. Dengan bantuannya, sebuah bisnis menjadi lebih mudah untuk mengambil keputusan yang tepat dan akurat.


Namun, mempersiapkan diri untuk menjadi data analyst secara mandiri bisa menjadi tantangan yang membutuhkan bimbingan dan arahan yang tepat. Oleh karena itu, banyak orang memilih bootcamp data analyst sebagai tempat belajar langsung dari ahlinya. Bingung mencari rekomendasi bootcamp terbaik? Cari tahu langsung di sini!


1. Mengapa Bootcamp Lebih Baik dari Belajar Mandiri?

Bootcamp menyediakan struktur materi yang terorganisir untuk belajar. Media pembelajaran ini memiliki kurikulum yang telah dirancang dengan baik dan rencana pembelajaran yang sistematis. Ini tentunya akan membantu peserta bootcamp mengikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk mempelajari topik data analyst. Sedangkan dengan belajar mandiri, kita tidak memiliki panduan yang jelas, sehingga sering merasa bingung dengan apa yang harus dipelajari dan bagaimana urutannya.


Salah satu keuntungan besar dari bootcamp adalah akses ke mentor atau instruktur yang berpengalaman. Mereka akan dapat memberikan panduan langsung, membantu menjawab pertanyaan, dan memberikan feedback berkaitan dengan kemajuan peserta. Nah, sedangkan dengan belajar mandiri, kita tidak memiliki akses ke mentor yang berpengalaman. Sehingga jika ada pertanyaan atau kebingungan, kalian harus mencari jawabannya sendiri.


Tidak hanya itu, bootcamp seringkali meminta peserta untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan peserta yang lain. Cara ini akan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kolaborasi dan pembelajaran tim. Sementara itu, belajar mandiri tidak memberikan kalian kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Materi Umum yang Dipelajari di Bootcamp Data Analyst

Beberapa materi yang umumnya diajarkan di bootcamp Data Analyst meliputi:

  • Bahasa Pemrograman: Biasanya, bahasa pemrograman seperti Python dan SQL diajarkan karena keduanya merupakan bahasa yang umum digunakan dalam analisis data. Kalian akan belajar sintaksis, manipulasi data, penggunaan fungsi dan library, serta pembuatan query SQL untuk mengakses dan memanipulasi database.

  • Matematika dan Statistik: Kalian akan mempelajari konsep dasar matematika dan statistik yang relevan dalam analisis data, seperti probabilitas, distribusi, regresi, dan hipotesis statistik.

  • Tools Data Analyst: Bootcamp Data Analyst sering kali mengajarkan penggunaan tools dan teknologi yang penting dalam analisis data, seperti Excel, Python libraries (seperti Pandas, NumPy, dan Matplotlib), SQL, dan tool visualisasi data seperti Tableau atau Power BI.

  • Eksplorasi dan Transformasi Data: Kalian akan mempelajari teknik pengumpulan, pembersihan, dan transformasi data, termasuk manipulasi data, penghapusan outlier, normalisasi, dan pemilihan fitur.

  • Analisis dan Visualisasi Data: SahabatDQ akan belajar teknik analisis data yang lebih lanjut, termasuk penggunaan statistik deskriptif, pembuatan visualisasi data yang efektif, serta interpretasi dan komunikasi hasil analisis.

  • Proyek Analisis Data: Bootcamp Data Analyst sering kali menekankan pada proyek-proyek praktis untuk membantu peserta mengaplikasikan dan menguji pemahaman mereka dalam situasi nyata. Proyek-proyek ini memungkinkan peserta untuk mengembangkan keterampilan analitis sekaligus membangun portofolio yang kuat.


3. Pentingnya Belajar Data Analyst dari Ahlinya

Para praktisi data analyst memiliki pengalaman langsung dalam menerapkan prinsip-prinsip analisis data dalam berbagai proyek dan lingkungan bisnis. Dengan belajar dari mereka, kalian dapat memperoleh wawasan yang bermanfaat seperti cara analisis data diterapkan dalam praktik sehari-hari, serta tantangan yang mungkin muncul dan cara mengatasinya.


Mereka juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep, teknik, dan alat yang digunakan dalam analisis data. Mereka dapat mengajarkan kalian tentang metode terbaru, praktik terbaik, dan tren industri dalam domain analisis data. Hal ini memungkinkan SahabatDQ untuk memperoleh pengetahuan yang lebih komprehensif dan memastikan bahwa kalian belajar dari sumber yang dapat diandalkan.


Data analyst yang sudah berpengalaman juga memiliki jaringan luas di industri analisis data. Dalam bootcamp atau kursus yang diajarkan oleh mereka, kalian memiliki kesempatan untuk terhubung dengan profesional lain yang tertarik pada analisis data. Hal ini dapat membantu kalian membangun hubungan profesional, berbagi pengetahuan, dan mengeksplorasi peluang karir di masa depan.


Dunia analisis data terus berkembang dengan cepat, dengan munculnya teknologi baru, algoritma, dan tren. Belajar dari ahli memungkinkan kalian tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru dalam bidang ini. Mereka dapat membagikan pengetahuan terkini dan praktik terbaik, sehingga membantu kalian mengikuti perkembangan industri dan menjadi lebih relevan di dunia kerja.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


4. Bootcamp di DQLab, Pilihan Terbaik Belajar dengan Ahli

Bagi kalian yang bingung mencari bootcamp yang terbaik, DQLab adalah salah satu platform belajar yang tepat. DQLab memiliki fasilitas Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya. Program ini memberikan beragam manfaat seperti bonus kelas persiapan untuk mengetahui pemahaman awal peserta, bimbingan belajar dan konsultasi intensif, materi dan video yang dapat dipelajari selamanya, dan komunitas yang suportif. Menariknya, bootcamp ini terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

    Bootcamp Data Analyst with Python & SQL akan mengasah kemampuan Sahabat DQ dalam mengaplikasikan bahasa pemrograman Python dan SQL dalam persiapan karir sebagai Data Analyst. Beberapa materinya yaitu memahami coding dasar dengan Python secara bertahap, melakukan pengolahan data dengan SQL untuk pengambilan data, pengurutan, penyaringan, sampai penggabungan data, pengolahan data dasar dengan Python, dan masih banyak lagi.

  • Bootcamp Data Analyst with Excel

    Program bootcamp lainnya yang disediakan DQLab adalah Bootcamp Data Analyst with Excel. Pada bootcamp ini Sahabat DQ akan mempelajari analisis data dan reporting menggunakan Excel. Kebanyakan dari pengguna Excel tidak menyadari fungsi-fungsi Excel sangat membantu pada proses analisis data. Di sini, kalian akan lebih mahir menggunakan Excel untuk kebutuhan laporan. Beberapa materi yang diberikan yaitu menggunakan fitur formatting, filter, dan sorting, hingga menghasilkan chart sederhana pada Excel, menerapkan Data Storytelling & Visualisasi, melakukan analisa hasil eksplorasi data yang telah diolah dengan teknik yang tepat, dan masih banyak lainnya. 


Yuk, tunggu apalagi segera Sign Up dan nikmati proses pembelajaran intensif dengan para ahli di bidangnya! Persiapkan diri kalian untuk menjadi seorang Data Analyst yang mahir bersama DQLab.


Penulis : Dita Feby
Editor : Annissa Widya  

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login