DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 18 Menit : 7 Detik

Mulai Belajar Data Analyst dengan SQL, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 09-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cb93a08e0add2b49b2e81376e55a58f8_x_Thumbnail800.jpg

Di era serba digital, membuat ketersediaan data menjadi melimpah ruah di semua sektor seperti industri dan juga bisnis. Dimana setiap harinya sektor tersebut dapat mengumpulkan serta menghasilkan miliaran data, fenomena ini biasa disebut “Big Data”. Dari fenomena tersebut, tentunya diperlukan keterampilan yang tepat untuk memahami makna dibalik suatu data. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang Data Analyst yang bertugas untuk mencari insight dari data yang melimpah tadi. Untuk menjadi seorang Data Analyst diperlukan beberapa keahlian dan kamu bisa mulai belajar Data Analyst dengan SQL terlebih dahulu.


SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang dirancang untuk mengolah serta mengakses sistem manajemen database. SQL diperlukan ketika kamu ingin mendeploy hasil analisis data ke web statis. Selain itu SQL dipuji karena kesederhanaan sintaks yang pendek dan mudah dipahami dari pada bahasa pemrograman lain. Sehingga SQL cocok dipilih sebagai bahasa terbaik untuk memulai untuk belajar Data Analyst.


Pada artikel ini DQLab akan menjelaskan 3 Query dasar SQL yang wajib diketahui sebelum memulai belajar Data Analyst. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk berkarir di bidang data, khususnya menjadi Data Analyst, simak artikel ini samapai selesai ya !


1. SELECT Statement

Perintah SELECT merupakan salah satu bagian dari DML (Data Manipulation Language) yang digunakan untuk mengakases isi data pada database. Selain itu, juga perintah paling sederhana di SQL sekaligus bagian utama dari query.


Sintaks secara umum untuk mengakses semua kolom/field :

SELECT * FROM nama_table;


Sintaks untuk mengakses kolom/field tertentu:

SELECT nama_kolom1, nama_kolom2,..., nama_kolomn FROM nama_table;


Catatan:

Simbol asterisk (*) artinya bahwa kita ingin mengakses seluruh kolom/field dari tabel yang dirujuk.


Baca juga : Data Science: Belajar Analisa Data


2. FUNCTION dan GROUP BY 

Dalam SQL terdapat Function/Fungsi yang merupakan suatu metode untuk melakukan operasi di database, yang dibagi menjadi 2 kategori, yaitu fungsi scalar dan fungsi aggregate. Dimana fungsi scalar digunakan untuk mengembalikan nilai tunggal dari suatu input yang diberikan, adapun fungsi scalar antara lain: abs, ceilling, floor, round, sqrt, mod, dan exp. Sedangkan fungsi aggregate digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai lalu mengembalikan nilai tunggal, adapun fungsi aggregate antara lain: sum, count, avg, min, max, first, dana last.


Sintaks umum SQL Function:

SELECT nama_function(nama_kolom) FROM nama_tabel;


Dalam SQL juga terdapat perintah GROUP BY yang digunakan untuk mengelompokkan data yang bernilai sama dalam satu group.


3. INNER JOIN dan UNION

Jika kita dihadapkan dengan kasus yang mengharuskan kita agar dapat mengakses data di suatu kolom yang berada di tabel berbeda dengan kolom tersebut, apa yang harus kita lakukan ? Jangan khawatir SQL bisa memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan perintah JOIN, dimana kita dapat menggabungkan beberapa tabel pada suatu database bisa digabungkan satu sama lain. JOIN ini hanya bisa dilakukan apabila tabel — tabel tersebut memiliki key kolom yang sama, terdapat beberapa tipe JOIN yaitu : INNER JOIN, LEFT JOIN, RIGHT JOIN, FULL JOIN, dan SELF JOIN.


Secara umum sintaks INNER JOIN :

SELECT * FROM tabel_1 INNER JOIN tabel_2 ON tabel_1.nama_kolom=tabel_2.nama_kolom;


Selain itu dalam SQL juga terdapat perintah UNION untuk menggabungkan hasil dari 2 atau lebih SELECT — statement secara “Vertikal”. Dengan catatan jumlah kolom harus sama, tipe data serta urutan kolom harus sama.


Secara umum sintaks UNION:

SELECT nama_kolom1, nama_kolom2,...nama_kolomn FROM tabel_1

UNION

SELECT nama_kolom1, nama_kolom2,...nama_kolomn FROM tabel_2;


Baca juga : Ingin Menjadi Data Analyst? Yuk, Simak 3 Tipsnya dari Senior Praktisi Data Langsung


4. Yuk, Belajar Data Science Gratis Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!