Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Belajar Data Science bersama DQLab, Gratis!

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7f94949dc1eaa4ecf83053e6f644dddf_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat populer pada era kini. Peminat data science tidak hanya dari kaum milenial. Peminat data science terdiri dari berbagai kalangan usia dan berbagai background pendidikan. Data science tidak hanya diminati bagi orang yang memiliki background pendidikan matematika, teknologi informasi dan manajemen bisnis saja, namun dari berbagai background pendidikan lainnya seperti teknik elektro, teknik kimia, guru sekolah dan lain-lain. 


Beragamnya background peminat data science tidak menjadi penghalang untuk belajar data science. Di era mudahnya mengakses internet kini kita dapat belajar apa saja walaupun bukan bidang kita, begitu pula dengan data science. Kini data science dapat dipelajari secara otodidak. Terdapat berbagai macam wadah yang menyediakan layanan belajar data science gratis baik secara online maupun offline. Namun sebelum belajar data science alangkah baiknya kita tidak asing dengan topik-topik ini :


1. Kompetensi Dasar Data Science

Seseorang yang mengolah data science disebut data scientist. Untuk menjadi seorang data scientist kita perlu memiliki kompetensi dasar agar lebih mudah kedepannya. Beberapa hal yang menjadi kompetensi dasar data science adalah aljabar linear. Dengan aljabar linear kita dapat melatih analisis pemikiran kita sehingga nantinya akan mempermudah dalam mengkoding atau membuat program. Kemudian kompetensi dasar selanjutnya adalah kalkulus. Kalkulus berperan penting dalam bidang matematika dan statistika yang mana keduanya terkadang secara tidak langsung memiliki peran penting dalam algoritma machine learning. Kompetensi dasar yang terakhir adalah ilmu statistik. Ilmu statistik sangat berpengaruh untuk menentukan algoritma yang tepat yang akan digunakan untuk menganalisis data.


Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Bahasa pemrograman 

Setelah mengetahui dan memahami kompetensi dasar data science seperti aljabar linear, kalkulus dan statistik, maka hal yang tidak boleh kita lewatkan adalah bahasa pemrograman. Setelah memahami jenis data dan software yang digunakan makan ide dari kepala kita itu dituangkan ke dalam komputer dan menggunakan algoritma machine learning yang tepat yang mana didalamnya tentu menggunakan bahasa pemrograman. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh data scientist. Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada umumnya bagi para data science pemula atau orang yang baru belajar data science biasanya menggunakan bahasa pemrograman Python, R, dan SQL. 


3. Berlatih dan Terus Berlatih

Setelah mengetahui ilmu dasar dan bahasa pemrograman maka langkah selanjutnya adalah terus berlatih. Kita dapat berlatih dengan menggunakan data yang kecil terlebih dahulu. Lalu seiring berjalannya waktu kita dapat menaikkan tingkat kesulitan dari data yang kita gunakan. Dengan banyak berlatih maka kemampuan analisis data kita akan semakin bertambah pula.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Latifah Uswatun

    Editor : Annissawd


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!