PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 41 Menit 17 Detik 

Belajar Data Science dan Intip Website Penyedia Dataset Gratis

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3df42c5db8eb11c7dfe9f7f3ac20343a_x_Thumbnail800.jpg

Menggapai impian sebagai praktisi data memang membutuhkan waktu yang cukup panjang, tergantung bagaimana kedisiplinan masing-masing orang dalam belajar salah satunya. Memperbanyak teori, melatih kemampuan diri dengan berbagai macam studi kasus, dataset, dan project data adalah hal yang bisa kamu lakukan secara rutin. Apalagi buat kamu yang tidak memiliki background pendidikan IT sebelumnya, kamu perlu mengasah kemampuanmu lebih sering, Sahabat DQ!


Nah, salah satu hal yang perlu dipersiapkan dalam melatih skill datamu, kamu pasti memerlukan dataset sebagai bahan pembelajaran. Tapi, kalau tidak punya dataset bagaimana caranya? Tenang saja, karena kali ini DQLab akan kasih tahu kamu website apa saja sih yang menyediakan dataset secara gratis? Simak selengkapnya ya!


1. Ekosistem Data Jabar

Website yang pertama ada Ekosistem Data Jabar nih, Sahabat DQ! Website milik pemerintah Provinsi Jawa Barat ini adalah website yang terintegrasi untuk pengelolaan, keterbukaan, serta kemudahan akses segala data yang berhubungan dengan Jawa Barat pastinya. Kamu bisa mengakses langsung dataset di opendata.jabarprov.go.id/id. Hingga saat ini, sudah tersedia lebih dari 1800 dataset dalam 10 kategori yang bisa kamu dapatkan. Selain dataset, di website ini kamu juga bisa temukan beragam visualisasi, infografik, dan artikel.


Baca juga : Tidak Memiliki Background IT, Ronny Sukses Berkarir sebagai Data Scientist


2. Badan Pusat Statistik

Sebagai lembaga pemerintahan non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada presiden, Badan Pusat Statistik juga menyediakan sejumlah dataset yang bisa kamu akses secara gratis di bps.go.id. Jika Ekosistem Data Jabar hanya menyediakan dataset yang berhubungan dengan daerah Jawa Barat, di bps.go.id kamu bisa temukan dataset yang jauh lebih banyak dan beragam. Hal ini karena Badan Pusat Statistik mengumpulkan sejumlah data masyarakat Indonesia dari berbagai variabel. Ada 3 kategori utama yang tersedia, yakni Sosial & Kependudukan, Ekonomi & Perdagangan, dan Pertanian & Pertambangan.  


3. Kaggle.com

Nah, yang satu ini merupakan website internasional. Artinya, dataset yang tersedia sudah berskala global. Di kaggle.com/datasets kamu bisa menganalisis beragam data berkualitas mengenai tipe data, pembuatan, dan kolaborasi. Di website ini tersedia dataset mengenai pendidikan, ilmu komputer, klasifikasi, visi komputer, visualisasi data, dan Neuro Linguistic Programming (NLP)/ilmu yang mempelajari struktur internal pada manusia. Menarik, bukan? 


4. Otoritas Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan atau yang biasa disebut dengan OJK ini adalah suatu lembaga pengawas yang memiliki tugas dalam pengaturan serta pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, Pasar Modal, dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB). Rupanya, OJK juga menyediakan dataset gratis nih, Sahabat DQ, di situs laman resminya ojk.go.id. Di sana tersedia 9 kategori dataset yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Pastinya, dataset yang tersedia berhubungan dengan keuangan.‹


Baca juga : Kelola Keuangan dan Investasimu Hanya dengan Excel, Yuk Intip Caranya!


5. Satu Data Indonesia

Satu Data Indonesia merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menggapai mimpi bangsa Indonesia untuk berdaulat dalam data. Sebab dengan satu data dipercaya memiliki banyak manfaat untuk Indonesia, salah satunya dalam membantu pemerintah dalam membuat rencana kerja pembangunan. Untuk saat ini, ada beberapa kategori yang berisikan dataset siap akses, diantaranya seperti Data Kendaraan Aktif, Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur & Jenis Kelamin, dan Sebaran & Jumlah Koperasi Binaan Provinsi & Kabupaten. Kamu bisa mengaksesnya di data.go.id

 

6. Google Dataset Search

Yang terakhir, sudah dipastikan kamu bisa mencari apapun yang kamu inginkan di Google, termasuk dataset melalui datasetsearch.research.google.com. Pada dasarnya ia sama seperti Google yang biasa kita gunakan, kegunaannya sebagai mesin pencari. Hanya saja perbedaannya Google Dataset Search dikhususkan bagi kamu yang ingin mencari dataset. Bahkan di sini, kamu mendapatkan dataset dari 5 website yang sebelumnya sudah DQLab sebutkan tadi, Sahabat DQ! 


7. Sudah Dapat Dataset yang Kamu Inginkan? Sekarang Sudah Saatnya Kamu Belajar Data Science Bersama DQLab!

Sahabat DQ, dataset yang kamu inginkan sudah kamu dapatkan? Kalau sudah, kini waktunya kamu mulai perdalam pemahaman data sciencemu bersama DQLab. Di sini kamu akan mempelajari beragam materi mengenai data secara bertahap. Materi yang dikemas dalam bentuk modul dan dilengkapi dengan fitur Live Code Editor akan memudahkanmu dalam memahaminya, Sahabat DQ! Tertarik? Yuk, belajar data science sekarang juga bersama DQLab!


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :