MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 48 Menit : 1 Detik

Belajar Data Science : Siapkan Hard Skill dan Soft Skill untuk Hadapi Rekruitmen Industri Data

Belajar Data Science di Rumah 04-Agustus-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7b379b2b6f4dc1990396c63af8e87729_x_Thumbnail800.jpg

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan jika ingin berkarir di bidang data. Selain pentingnya kemampuan skill set data yang dimiliki, kamu juga perlu mempersiapkan hal-hal mendasar untuk memulai karir sebagai praktisi data. 

Platform edukasi online DQLab berkolaborasi bersama Amanda Dini Saputri, Talent Acquisition Codex Powered by Telkom Indonesia, akan sharing ke kamu hal-hal apa saja yang akan kamu lalui dan apa yang perlu kamu persiapkan untuk berkarir di bidang data. Yuk, kita simak bersama!

1. Kebutuhan Job Application

Ketika ingin memulai karir di bidang apapun, tentu memerlukan riwayat hidup atau yang biasa disebut dengan CV. Penting untuk diingat, bahwa CV yang kamu miliki harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau profesi yang dituju. Selanjutnya, ketika kamu sudah berhasil melalui tahap penyeleksian CV, kamu akan masuk ke tahap tes online. 

“Kalian juga harus responsible sama apa yang kalian putuskan, usahakan untuk kabarin ke kita kalau misalkan nggak tertarik lagi atau udah keterima di tempat kerja lain.” Jelas Amanda.

Baca juga : Belajar Data Science dan Persiapkan Dirimu untuk Menghadapi Rekruitmen di Era New Normal

2. Persiapkan Kompetensi Datamu dengan Mengikuti Online Test

Ketika kamu berhasil memasuki tahapan ini, buatlah catatan kecil yang berisi jadwal tes tersebut. Selain itu, kamu juga perlu untuk meluangkan waktu agar lebih fokus dalam mengerjakan tes yang disediakan. Dengan adanya kebijakan New Normal, mengikuti test kompetensi data kini dilakukan dengan cara online, sehingga koneksi yang stabil juga dibutuhkan pada tahapan ini, guna memaksimalkan pengerjaan tes yang diberikan.

“Please note the test schedule, ingat detailnya seperti apa, durasinya berapa lama, deadline submitnya paling lama kapan, dan tipe tesnya seperti apa.” Ujar Amanda

“Be honest, jujur sama kapasitas diri kalian, kalian bisanya sampe mana. Kalau misalkan kalian merasa belum mampu gapapa submit aja, jadi bisa buat evaluasi diri.” Tambahnya.

3. Interview : Kunci utama Skill Komunikasi yang Baik 

Setelah berhasil melalui kedua tahapan di atas, kamu akan masuk ke tahapan wawancara. Adanya pandemi Covid-19 membuat beberapa perusahaan melakukan interview secara online. Untuk itu ada beberapa persiapan yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan wawancara online, diantaranya pastikan tidak ada noise atau suara yang dapat mengganggu proses tanya jawab. Selanjutnya, perhatikan penggunaan cahaya, pastikan bahwa visual kalian terlihat dengan jelas. Selain itu, lakukan eye contact dengan pewawancara dan cek koneksi serta usahakan untuk tepat waktu.

Selan persiapan teknis di atas, poin penting lain yang perlu kalian perhatikan dan persiapkan ialah tahapan pengenalan dan penyampaian experiences. Hal ini penting untuk kalian persiapkan agar nantinya bisa melalui tahapan ini dengan maksimal. 

Baca juga : Kuasai Skill Set Data Scientist untuk Hadapi Industri di Era New Normal

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!