FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 34 Menit 38 Detik 

Belajar Data Science dengan Mengenal Keunggulan Python

Belajar Data Science di Rumah 04-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0bad54860e4e892336da89e5b641b35b_x_Thumbnail800.jpg

Data Science di era digital ini, menjadikan data sebagai poin penting yang digunakan demi kemajuan bisnis dalam bidang apapun. Ketersediaan data itu perlu dilakukan proses analisis lanjutan menggunakan ilmu data science agar menghasilkan informasi sebagai salah satu pertimbangan dalam penentuan keputusan. Proses analisis data memerlukan berbagai keahlian, salah satunya bahasa pemrograman. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang bisa dan sering digunakan oleh data scientist, namun saat ini yang populer adalah python untuk data science.


Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing, begitu pula dengan python. Python telah banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Netflix, Facebook, Twitter, Microsoft, dll. Selain untuk data science, python juga dapat digunakan untuk mengembangkan web, membuat aplikasi, prediksi, dll. Kira-kira apa saja ya keunggulan bahasa python sehingga begitu diminati oleh pengguna? Yuk, kita simak bersama DQLab!


1. Banyaknya Library

Library merupakan kumpulan program atau fungsi yang berguna untuk memudahkan programmer dalam membuat program, sehingga dengan adanya library tentunya akan memudahkan pengguna. Pada python tersedia sangat banyak library yang cocok digunakan untuk data science, diantaranya seperti library matplotlib yang bisa digunakan untuk visualisasi, pandas untuk manipulasi data, numpy untuk numerical data, scipy untuk menangani berbagai operasi matematika, scikit-learning untuk machine learning, dan masih banyak lainnya. 

 

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mudah Dipelajari dan Diaplikasikan

Selain memiliki library yang berlimpah, keunggulan lain dari bahasa python adalah mudah dipelajari dan diaplikasikan. Hal ini dikarenakan dalam python memiliki sintaks yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga sangat cocok bagi pemula yang baru terjun ke dunia pemrograman. Selain itu, python pun mudah diaplikasikan untuk mengembangkan aplikasi, game, situs dll. Bahasa python juga memiliki tingkat keterbacaan kode yang tinggi sehingga memudahkan dalam membangun program.


3. Fleksibel dan Open Source

Seringkali kita mengetahui dan mengenal aplikasi yang jika digunakan harus membeli lisensi terlebih dahulu yang mana hal tersebut menjadi salah satu kendala bagi sebagian orang. Namun, jangan khawatir bagi para pengguna python. Python merupakan bahasa pemrograman yang open source sehingga pengguna dapat mengunduh secara gratis tidak perlu membeli lisensi serta bebas menggunakannya kapan saja. Selain itu bahasa python pun fleksibel digunakan di hampir semua sistem operasi mulai dari Linux, Windows, Mac OS, dll.


4. Penggunaan Python untuk Data Science

Pada bagian sebelumnya telah diberikan beberapa keunggulan python yang bisa diterapkan untuk data science. Adapun terdapat berbagai penggunaan python untuk data science seperti data collecting, data cleaning, data exploration, data visualization, data interpretation, data modelling, dan deploying. Salah satu tahapan inti pada bagian-bagian di atas adalah data modelling yang dalam pengaplikasiannya menggunakan banyak library.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Perdalam Kompetensi Data Science di DQLab!

Data science merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat perlu dimiliki di era digitalisasi ini. Data science merupakan kombinasi dari beberapa bidang ilmu seperti statistika, matematika, sistem informasi, bahasa pemrograman, dan masih banyak lainnya. Ilmu dasar data science dapat kita pelajari secara otodidak dan bisa pula dengan cara mengikuti kursus online seperti di DQLab. Bahkan di DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :