Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Belajar Data Science Gratis: Mengenal 3 Profesi Yang Melakukan Pengolahan Data

Belajar Data Science di Rumah 27-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9e046489466bb7effbf786022b067241_x_Thumbnail800.png

Belajar data science gratis saat ini merupakan kegiatan yang banyak dipilih untuk pemula maupun yang sudah terjun di bidang IT. Di era Big Data seperti sekarang ini membuat tingginya permintaan untuk profesi yang menyangkut pengolahan data. Seperti yang diketahui bahwa dalam melakukan pengolahan data harus dilakukan oleh orang yang paham akan data dan dibutuhkan ketelitian yang tinggi.


Ada 3 profesi yang banyak dicari saat ini yaitu Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. Secara umum ketiga profesi ini memiliki tugas yang sama yaitu melakukan pengolahan data. Adapun kemampuan yang wajib dimiliki untuk ketiga profesi tersebut yaitu matematika, statistik, dan programming karena data science merupakan bidang ilmu yang terdiri dari tiga disiplin ilmu tersebut. Sehingga akan lebih memudahkan dalam melakukan pengolahan data. Walaupun secara umum tiga profesi tersebut adalah melakukan pengolahan data, namun ada jika dilihat secara rinci ada perbedaan dari profesi Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. Apa saja perbedaanya? Yuk, simak dibawah ini.

1. Data Engineer

Data Engineer bertanggung jawab dalam membangun arsitektur data dan memonitor infrastrukturnya. Sebagai data engineer kamu harus mengelola lalu lintas data yang berjumlah sangat besar serta memastikan data dapat dikumpulkan dengan mudah ketika dibutuhkan untuk diproses atau dianalisa. Data yang mudah dikumpulkan ini akan memudahkan pekerjaan data scientist dan data analyst. Kemampuan yang wajib dimiliki oleh data engineer adalah matematika, programming, dan big data. Tools yang biasanya digunakan oleh data engineer adalah NoSQL, Hadoop, atau Python. Selain itu jika ingin menjadi data engineer juga wajib menguasai database, SQL, ETL, dan sebagainya.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

2. Data Scientist

Data Scientist bertanggung jawab dalam memproses data, membersihkan data, dan mengolah data yang sudah dikumpulkan oleh data engineer. Proses pengolahan data tersebut diharapkan dapat memberikan kesimpulan yang berguna bagi perusahaan. Tak jarang seorang data scientist melakukan eksperimen untuk membuktikan kesimpulan yang didapatkan tepat atau tidak. Kemampuan yang wajib dimiliki data scientist adalah programming, matematika, statistik, dan ekonomi. Selain itu kemampuan berkomunikasi yang baik juga diperlukan agar informasi diperoleh dapat disampaikan dengan baik. Tools yang biasa digunakan oleh data scientist adalah Python, R, dan SQL.

3. Data Analyst

Data Analyst adalah profesi di bidang data yang bertanggung jawab dalam proses pengolahan data. Serupa tapi tak sama dengan data scientist, data analyst bertugas membersihkan data, menganalisa, dan membuat visualisasinya. Seorang data analyst diharapkan dapat memberikan insight yang berguna dari kumpulan data yang dianalisis. Insight yang didapatkan ini akan digunakan oleh perusahaan untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya. Sebagai data analyst akan berhadapan dengan banyak data dan visualisasi data. Kemampuan yang wajib dimiliki data analyst adalah programming, paham istilah-istilah yang digunakan dalam bisnis, dan kemampuan analisis yang baik. Tools yang biasanya digunakan dalam membuat visualisasi data adalah Excel, Tableau, Python, dan R. Sedangkan tools SQL juga digunakan dalam memproses data sebelum divisualisasikan.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher.

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!