[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 30 Menit 6 Detik 

Belajar Data Science Gratis dengan Cara Ini, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 15-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0e88809fe2fb91a845bcb7d80e33f968_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan kombinasi dari beberapa bidang ilmu, yaitu statistika dan matematika, programming, dan ilmu bisnis. Memutuskan untuk terjun ke dunia Data Science berarti harus siap untuk menguasai ketiga ilmu tersebut. Meskipun tidak ekspert di ketiganya, paling tidak kita harus mengetahui hal basic dari ilmu tersebut. Perkembangan ilmu Data Science ternyata terlihat cukup menjanjikan bagi sebagian orang, sehingga tidak heran jika ada orang yang ingin pindah haluan ke bidang ini.

Data Science merupakan ilmu yang bisa dipelajari oleh siapapun, baik secara otodidak maupun dengan mengambil kelas. Jika kamu memilih belajar secara otodidak, maka kamu harus mampu belajar mandiri dan aktif mencari tahu hal yang belum kamu pahami. Namun jika kamu adalah tipe orang yang selalu membutuhkan dampingan mentor, mungkin mengambil kelas Data Science bisa dipertimbangkan. Sayangnya, biaya kelas yang ditawarkan oleh beberapa lembaga kursus, rasanya mampu membuat kantongmu menjerit. Eits, tenang dulu. Kali ini akan dibahas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar Data Science secara gratis tetapi tetap mendapatkan mentor. Apa saja sih? Simak, yuk!

1. Beasiswa Digital Talent Scholarship Kominfo dan DQLab

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan DQLab memberikan beasiswa Profesional Academy Digital Talent Scholarship (DTS) bagi mereka yang saat ini telah bekerja dan ingin memahami tentang Data Science lebih jauh. Setelah berhasil dengan Batch 1 yang hanya terbuka untuk program Data Scientist dan Data Engineer, DQLab dan Kominfo kembali memberikan kesempatan di Batch 2 bagi mereka yang belum terpilih di Batch 1. Di Batch 2 program yang ditawarkan lebih banyak, yaitu Data Analyst, Data Engineer, dan Data Scientist. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM yang ada di Indonesia sehingga dapat menjadi lebih adaptif, produktif, serta dapat meningkatkan daya saing di bidang IT.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Bootcamp Gratis DQLab

Setelah berhasil dengan Bootcamp Batch 1, DQLab kembali membuka peluang bagi siapapun yang tertarik untuk mempelajari basic Data Science secara gratis. Tujuan dari bootcamp ini adalah sebagai dukungan edukasi untuk seluruh warga Indonesia. Ada tiga bahasa pemrograman yang dikemas menjadi tiga modul yang berbeda, yaitu "R Fundamental for Data Science", "Python Fundamental for Data Science", dan "Fundamental SQL Using SELECT Statement". Menariknya, program ini terbuka bagi semua orang bahkan yang tidak memiliki background STEM sekalipun.

3. Menggunakan Kartu Prakerja

Cara lain yang bisa dicoba agar bisa mendapatkan kursus data gratis adalah dengan memanfaatkan kartu prakerja. Kartu prakerja sendiri merupakan program bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Melalui media digital kartu prakerja berkolaborasi dengan marketplace untuk memudahkan kamu memilih platform yang tepat untuk belajar, salah satunya adalah DQLab. Dengan menggunakan kartu prakerja, kamu bisa menikmati modul Platinum Excel Dasar.

4.Memanfaatkan Modul Gratis DQLab

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan memanfaatkan modul gratis yang disediakan oleh DQLab. Hingga saat ini, telah ada dua free modul dengan menggunakan bahasa pemrograman R dan Python, yaitu Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python. Modul ini akan sangat cocok bagi kamu pemula di bidang Data Science karena pada modul ini akan dibahas mengenai hal-hal basic yang ada pada kedua bahasa pemrograman tersebut.

Baca juga : Akses Kursus Data Science Gratis DQLab Selama Masa PPKM Darurat

5. Tertarik untuk Belajar Data Science Gratis Bersama DQLab? Yuk, Buruan Daftar!

Setelah membaca keempat poin di atas, kamu lebih tertarik belajar Data Science gratis bersama DQLab dengan cara yang mana nih? Apapun pilihanmu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun DQLab mu terlebih dahulu, loh. Yuk, tunggu apa lagi? Jangan lupa pantengin juga website dan sosial media dari DQLab untuk mendapatkan penawaran harga yang sangat menarik!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!