GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 7 Menit 42 Detik 

Belajar Data Science Gratis dengan Free Trial Excel

Belajar Data Science di Rumah 19-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f09a5e4f666bb672e84978a6c6f67bbd_x_Thumbnail800.jpg

Belajar data science gratis merupakan dambaan bagi setiap orang diluar sana untuk memperdalam skill tentang data science. Alih-alih mengisi waktu luang membuat orang-orang sekarang ini mengincar kursus data science yang menawarkan pembelajaran secara gratis dan bisa diakses oleh siapa saja. Terlebih bidang ilmu ini sangatlah fleksibel dan tidak saklek untuk dikuasai bidang-bidang tertentu saja. Seiring dengan perkembangan waktu, bidang ilmu data science juga bisa dikuasai oleh orang-orang dengan latar belakang non IT sehingga terbuka untuk bidang lainnya juga.


Dengan belajar data science secara gratis tentunya harapan peserta yang mengikuti pembelajaran mendapatkan benefit yang sepadan dengan paid course atau kursus berbayar. Meskipun kalian adalah seorang pemula, jangan pernah ada rasa takut untuk mencoba. Siapa tahu jalan kamu ada disini atau di bidang ini kan. Berbicara soal data science tidak melulu soal bahasa pemrograman saja loh sahabat DQ. Tapi ada juga software yang mestinya kalian perlu kuasai juga. Salah satunya adalah Excel.


Tidak dapat dipungkiri, penggunaan Excel dalam dunia data sangatlah berguna. Sebab kini banyak perusahaan menggunakan Excel sebagai salah satu software yang sangat powerful untuk pengolahan data. Banyak fungsi-fungsi yang bisa kalian manfaatkan dalam menggunakan Microsoft Excel seperti payroll, pembuatan laporan keuangan, analisis statistik, pengolahan data. Menguasai excel secara gratis adalah salah satu jalan keluar yang bisa kamu manfaatkan kesempatannya untuk menjadi seorang praktisi data. Kamu bisa memilih untuk belajar excel secara online atau offline, saat ini sudah banyak lembaga kursus data science yang kurikulumnya sudah include pembelajaran excel sebagai tools dasar yang akan digunakan.


Karena pandemi, pilihan kebanyakan orang dalam belajar excel adalah secara online. Salah satu rekomendasi lembaga kursus yang bisa kamu coba adalah DQLab. Kira-kira sudah siap belum nih untuk tahu apa-apa aja benefit dan pembelajaran data science dengan excel secara gratis? Kali ini DQLab akan bagikan khusus untuk kamu! Pastinya sahabat data DQLab penasaran kan  seperti apa topik-topik yang akan diajarkan. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1. Pentingnya Penggunaan Excel di Dunia Data

Microsoft Excel merupakan salah satu pengolah data spreadsheet yang paling sering digunakan. Microsoft Excel dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan seperti mengorganisir data, menghitung data, menyediakan data serta dapat menganalisa data. Selain itu kita dapat menyajikan hasil-hasil analisis data dalam bentuk grafik atau diagram. 

Data Science

Selain itu, saat kita membuka microsoft excel kita dapat membuat beberapa lembar kerja (worksheet). Dalam Microsoft Excel sendiri terdapat beberapa fitur di dalamnya yang dapat meringankan pekerjaan kita serta menghemat waktu di antara lain Basic Template yang dapat digunakan untuk financial budgeting. daily schedule, list, dan lain-lain. Terlebih lagi, kini Excel menjadi salah satu skill yang harus dikuasai oleh kandidat pelamar kerja karena sekarang Excel menjadi sebuah requirements khusus untuk masuk ke dunia kerja


Baca juga : Ketahui Tipe Algoritma Data Science dalam Data Mining


2. Modul Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi

DQLab merupakan lembaga kursus data science yang berfokus memberikan pembelajaran mengenai pengolahan data. Tersedia modul SQL, Python, R, dan Excel dengan mentor-mentor profesional. Untuk modul Excel ada modul pembelajaran Excel tingkat dasar, tingkat lanjut, dan data cleansing. Ada juga modul gratisnya, loh yaitu Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi. 

Data Science

Modul ini berisi materi berupa video dan kuis yang mempelajari data transaksi dengan Excel, cell pada Excel, dan penggunaan rumus dan fungsi perhitungan sederhana dengan Excel yang dimentori oleh Xeratic. Modul ini gratis tapi materinya daging banget, lho. Kamu bisa belajar tentang memasukkan data transaksi untuk pertama kali, memahami alamat cell pada excel, atau menggunakan rumus dan fungsi. Selain itu juga, materi disampaikan dalam 4 sampai 6 bagian melalui video interaktif dan quiz-quiz yang informatif


3. Modul Cepat Menguasai Excel Dasar

DQLab menawarkan banyak modul kursus data science salah satunya adalah modul khusus excel. Modul pertama yang bisa kamu nikmati adalah modul mempelajari excel dasar. Dimodul ini kamu akan belajar tentang dasar pengoperasian excel seperti bagaimana cara menjalankan microsoft excel untuk pertama kali, memahami tampilan dasar excel, membuat, menyimpan dan membuka file excel. 

Data Science

Di modul ini sangat mendasar sehingga jangan takut buat kamu yang benar-benar baru pertama kali, pasti akan sangat mudah untuk memahaminya. Dalam modul ini juga kamu akan belajar bagaimana cara memasukkan data transaksi, memahami alamat cell, menggunakan rumus dan fungsi perhitungan sederhana, memperbaiki tampilan dengan formatting dalam excel hingga menghasilkan sebuah grafik secara terarah dan terstruktur.


4. Modul Data Cleaning dengan Microsoft Excel 

Selain itu modul cepat menguasai excel dasar hingga tingkat lanjut, kamu juga dapat menikmati modul data cleaning dengan microsoft excel. Modul ini tentu semakin memperkuat dan memperdalam skill data science kamu. 

Data Science

Dengan modul data cleaning ini kamu dapat mengecek ejaan dengan download data yang digunakan kemudian mengejek ejaannya,fungsi-fungsi yang biasa dipakai untuk data cleaning, menghapus spasi dan mengisi data yang missing, konversi angka dalam numerik dan menghapus duplikasi data, serta menandakan error dan menghapus huruf besar dan kecil


Baca juga : Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Belajar Mencintai Bahasa Pemrograman Bersama DQLab Yuk!

Ngomong-ngomong soal mencintai, sudah sampai mana nih tahap mencintai kalian? Bosan dengan janji-janji manis mulu? Bilang cinta tapi bilang doang ga ada aksinya? Yuk wujudkan rasa cinta kamu bersama DQLab dengan mencintai bahasa pemrograman! Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran yang telah dirancang khusus oleh data mentor yang pastinya berpengalaman di ranah industri data. Mulai dari Tech Company Industries maupun perusahaan-perusahaan lain.


Apalagi kalian juga bisa akses modul-modul lengkap kalau kamu sudah subscribe jadinya kamu bisa menjadi lebih siap dengan perbekalannya menjadi seorang Data Scientist. Dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 


Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya.


Banyak benefit yang tentunya bisa kalian dapetin kalau join belajar di DQLab. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, yuk belajar mencintai bareng-bareng bersama DQLab. Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!