PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 59 Menit 20 Detik 

Belajar Data Science Gratis dengan Modul Introduction DQLab

Belajar Data Science di Rumah 04-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/15e12c064e4b868b3a5b39b541c21c14_x_Thumbnail800.jpg

Belajar data science gratis merupakan dambaan semua orang, mengingat di era disrupsi teknologi digital akan banyak pekerjaan yang hilang tetapi akan banyak pula pekerjaan baru yang bermunculan salah satunya data scientist. Oleh karena itu, untuk menguasai hard skill yang mumpuni meliputi kemampuan analisis statistik, machine learning, computer science, programming dan juga data storytelling.

Untuk dapat menguasai skill tersebut banyak orang yang mengikuti kursus, bootcamp dan semacamnya. Tetapi, adanya pandemi membuat orang-orang lebih memilih untuk belajar data science secara online.


Salah satu rekomendasi lembaga kursus data science online adalah DQLab. Tidak hanya modul dan materi-materi yang disusun oleh para praktisi data yang berpengalaman, belajar DQLab juga membiasakan kita untuk learning by doing melalui sistem pembelajaran yang interaktif. Selain itu, DQLab juga memberikan beberapa modul atau kelas gratis yang bisa kamu nikmati cukup dengan sign up ke website resmi DQLab.

Salah satu kelas gratis yang diberikan oleh DQLab adalah introduction data science yang terbagi atas dua kelas gratis lainnya yaitu yang menggunakan bahasa pemrograman R dan python. Untuk itu pada artikel ini akan membahas modul gratis tersebut yang bisa upskill data science kamu di masa pandemi.


1. Python VS R 

data science


Sebelum mengetahui spoiler kelas gratis dari DQLab, mari kita pahami kelebihan dari python dan R untuk data scientist. Salah satu kelebihan mengapa R banyak digunakan untuk data science adalah karena memiliki komunitas besar yang tergabung dalam satu grup seperti stack overflow yang sangat aktif, selain itu dokumentasi para usernya juga mudah diakses, dan terdapat koleksi packages R yang dibagikan oleh sesama pengguna R. Sama halnya dengan R, python juga memiliki library atau package yang bisa diadaptasi ke dalam program dan komunitas dimana semua pengguna bisa saling berkontribusi. Berbeda dengan R yang memang dirancang untuk analisis data, python lebih fleksibel karena selain untuk analisis data kamu juga bisa langsung mendevelop menjadi sebuah dashboard berbasis web. Meskipun dari segi packages atau library, R memilikinya jauh lebih banyak dari pada python.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Introduction Data Science with R

Dalam kelas gratis introduction data science with R kamu akan diperkenalkan dengan dasar-dasar penggunaan bahasa R untuk data scientist. Mulai dari apa itu bahasa R dan kenapa R digunakan untuk para data scientist, kemudian perusahaan dan sektor bisnis mana saja yang menggunakan bahasa R.

Jika, kebetulan kamu pemula yang sama sekali belum pernah coding atau mempelajari bahasa pemrograman, kelas ini sangat tepat untuk kamu karena selain belajar teori kamu juga akan mencoba membuat projek pertama kamu seperti “Hello World” dengan menggunakan bahasa R. Selain itu kamu juga akan mempelajari tentang variable, komentar serta vektor.


data science


3. Introduction Data Science with Python

Selain kelas introduction data science with R, kamu juga akan mendapatkan free akses untuk kelas introduction data science with python dari DQLab. Dimana dalam kelas ini kamu akan mendapatkan pemahaman mendasar mengenai apa itu python, struktur bahasa python, variables  dan comments dalam python, tipe data dalam python, perkenalan dengan beberapa library yang ada di python dan akan sering digunakan untuk data science seperti pandas dan numpy.

Bahkan di akhir modul kamu akan mendapatkan tugas praktek yang dapat melatih skill coding serta membiasakan kamu untuk mengenal pengaplikasian sintaks-sintaks dalam python. 


data science


4. Mendapatkan Sertifikat Setelah Menyelesaikan Modul

Selain menawarkan kelas gratis yang bermutu,yang sudah dibuka spoilernya diatas. DQLab juga memberikan sertifikat ketika kamu bisa berhasil menyelesaikan free class tersebut. Yang nantinya, sertifikat tersebut dapat kamu cantumkan di CV yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sekaligus bukti bahwa kamu telah mengikuti pelatihan ilmu data science sehingga skill kamu dapat terupgrade lagi.

Sertifikat ini juga dilengkapi dengan credential ID, sehingga tentunya memiliki kredibilitas yang dapat kamu sertakan di platform pencarian kerja seperti Linkedin.


data science


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Intip Modul DQLab Tentang Algoritma Machine Learning Disini, Yuk!

Kamu tidak memiliki background pendidikan STEM? Tapi, ingin berkarir sebagai praktisi data. Sudah mencoba belajar otodidak, tapi malah overdosis informasi? Ingin mengikuti kursus tapi tidak punya waktu untuk pergi ke tempat kursus. Gabung dengan DQLab adalah solusi. Disini kamu akan belajar skill data science salah satu algoritma-algoritma yang akan digunakan untuk mendevelop dan menambahkan portfolio data science.

Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab!


Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan. Yuk, buruan sign up sekarang dan cobain materi introduction data science, Gratis!


data science


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!