BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE SELAMA 6 BULAN START FROM Rp179,400! 
atau kamu bisa coba buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Data Science Gratis? Pertimbangkan Hal Ini Agar Tidak Salah

Belajar Data Science di Rumah 22-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/11468125b4b72af3346cc95a0a504ae6_x_Thumbnail800.jpg

Menjamurnya kursus data science sejalan dengan kebutuhan akan data scientist di hampir semua industri meningkat. Revolusi industri dan era big data yang menjadi salah satu pendorong kuat atas hal tersebut. Untuk itu, memiliki kemampuan pengolahan data sangatlah penting untuk dimiliki. Bahkan rata-rata perusahaan berani menawarkan salary tinggi bagi mereka yang memiliki skill yang mumpuni sebagai seorang data scientist. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mulai belajar data science, mengingat data science merupakan ilmu multidisiplin yang memungkinkan kamu yang tidak memiliki background IT pun bisa berkarir sebagai Data Scientist dengan mengikuti pendidikan non formal seperti bootcamp atau belajar data science gratis ataupun berbayar, baik secara online maupun offline. Semua lembaga kursus kini banyak tersedia, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu.


Tetapi, diera pandemi seperti ini belajar data science gratis secara online di rumah merupakan dambaan bagi semua orang. Selain untuk mengurangi kerumunan dan tetap social distancing, tapi juga karena dinilai lebih fleksibel dan praktis. Tapi, jangan sampai kamu salah pilih tempat belajar atau tempat kursus untuk itu, artikel ini akan membahas 4 hal yang harus dipertimbangkan ketika belajar data science gratis agar tidak salah. Yuk, simak bersama-sama!


1. Cermati Kualitas Modul

Hal pertama yang dijadikan pertimbangan adalah modul yang disediakan baik di lembaga kursus atau ebook gratis yang bisa kamu akses dari internet. Biasanya lembaga kursus data science memiliki website yang berisi tentang kisi-kisi atau silabus dari modul yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti kursus tersebut salah satu contoh lembaga kursus data science adalah DQLab. Seperti DQLab sendiri telah menyediakan modul lengkap dan up to date, dimana kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan di industri. Modul-modul tersebut terdiri dari modul bahasa pemrograman python dan R untuk data science, serta bahasa query yaitu SQL. Dimana masing-masing dari modul tersebut memiliki kelas khusus penerapan industri yang berisi tentang proyek real case yang bisa kamu kerjakan dan kamu bangun sebagai portfolio data kamu. Jangan khawatir untuk pemula yang sama sekali belum pernah berkutat dengan bahasa python, R, maupun SQL. Karena kamu bisa mempelajari itu semua secara bertahap, kamu bisa mulai belajar dari modul introduction python dan R yang disediakan DQLab secara gratis.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Fitur yang Interaktif 

Selain modul-modul dan referensi yang berkualitas, kamu juga harus memperhatikan tentang fitur dan media pembelajaran yang lebih interaktif. Misalnya, jika kamu belajar data science otodidak kamu bisa mencari referensi pembelajaran interaktif berupa audio dan visual seperti dari youtube atau podcast yang bisa kamu akses secara gratis menggunakan jaringan internet. Namun, jika kamu memutuskan untuk mencoba free trial dari lembaga kursus seperti DQLab kamu tentu mendapatkan fitur yang interaktif seperti fitur live code yang disediakan DQLab akan membantu kamu membiasakan diri untuk langsung mempraktekkan teori yang telah kamu pelajari. Selain itu, fitur live code dapat membantu kita melatih pemahaman konsep dari materi yang telah diberikan dan menjadi sebuah tantangan untuk mengasah skill problem solving kita saat menghadapi error pada code program. Dengan fitur live code kamu tidak perlu menginstall software apapun untuk bisa menjalankan program kamu, kamu hanya perlu membekali diri kamu dengan pemahaman konsep dan kemauan untuk terus mencoba untuk menuangkan hasil pemahaman konsep kamu tadi ke dalam barisan kode-kode program di fitur live code.


3. Informasi Event dan Job Connector 

Advantage menarik lain yang akan kamu dapatkan pada masa free trial DQLab adalah fitur event-event gratis seperti workshop atau webinar dari narasumber dan pembicara yang sudah berkarir sebagai praktisi data profesional. Selain itu juga kamu akan mendapatkan update informasi tentang opportunity pekerjaan di fitur Job Connector. Dengan mengikuti webinar dan workshop kamu dapat menambah wawasan, bisa bertanya langsung pada ahlinya, dan bisa menjadi nilai plus ketika kamu melamar kerja. Yang tak kalah penting dari itu semua, fitur job connector yang akan memberi kamu informasi seputar lowongan pekerjaan ataupun internship, baik di bidang data science ataupun bidang pekerjaan lain yang relevan. Semua itu bisa kamu nikmati selama 1 bulan secara gratis di DQLab.


4. Sertifikat Setelah Menyelesaikan Modul

Selain menawarkan kelas gratis yang bermutu,yang sudah dibuka spoilernya diatas. DQLab juga memberikan sertifikat ketika kamu bisa berhasil menyelesaikan free class tersebut. Yang nantinya, sertifikat tersebut dapat kamu cantumkan di CV yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sekaligus bukti bahwa kamu telah mengikuti pelatihan ilmu data science sehingga skill kamu dapat terupgrade lagi. Sertifikat ini juga dilengkapi dengan credential ID, sehingga tentunya memiliki kredibilitas yang dapat kamu sertakan di platform pencarian kerja seperti Linkedin.


Baca juga : Belajar Data Science Otodidak Tips dan Triknya Versi DQLab

5. Yuk, Belajar Data Science Gratis dengan Modul Introduction DQLab! 

Dengan memahami apa itu data science dan fundamental lainnya bersama DQLab, belajar kamu jadi lebih terarah dan kamu juga dapat terhindar dari overdosis informasi, selain itu kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!