BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 16 Menit 44 Detik 

Belajar Data Science Gratis untuk Persiapan Karir

Belajar Data Science di Rumah 15-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7bbc295790febfd67c9fb462553cba3b_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan ilmu yang sedang tenar belakangan ini, sehingga orang-orang beralih untuk menekuni ilmu ini. Data science adalah salah satu pekerjaan terpanas di industri teknologi dengan pilihan karir yang sangat menguntungkan bagi mereka yang ingin masuk ke dunia Big Data. Seorang data scientist diharapkan menjadi 'jack of all trades', dengan terus belajar, dan berkembang dalam keahlian mereka. Para perusahaan terkemuka dengan bersemangat mencari kandidat berbakat untuk mengisi posisi pekerjaan bidang data.


Diperkirakan akan tumbuh hingga 16% dari 2018 hingga 2028 menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS) atau Bureau Labour of Statistics. Sejalan dengan berkembangnya ilmu data science, bermunculan pekerjaan-pekerjaan baru seperti data scientist, data analyst maupun data engineer. Tidak dipungkiri, jika melejitnya ilmu ini dibuktikan dengan posisi pekerjaan yang banyak diminati oleh beberapa perusahaan.


Berdasarkan laporan dari Linkedin, salah satu media sosial khusus pencari kerja melaporkan pekerjaan Data Scientist meraih posisi 14 teratas dengan total pencarian kata kunci lowongan pekerjaan hingga lebih dari 15.000 pencarian pada tahun 2020. Banyak di antaranya membayar dalam kisaran gaji $90k hingga lebih dari $100k. Selang satu tahun kemudian, posisi pekerjaan data scientist meningkat drastis di urutan kedua versi Glassdoor, situs pencarian kerja ternama asal Amerika Serikat.


Dengan popularitasnya yang semakin menanjak, para lembaga kursus semakin giat untuk membuka kelas-kelas topik Data Science agar pesertanya dapat melek teknologi. Namun tidak jarang juga ada lembaga penyedia kursus yang menyediakan kelas gratis namun terjamin dengan kualitas pembelajarannya yang keren. Tentu belajar data science secara gratis dapat menjadi idaman semua orang. Apalagi maraknya pembelajaran online secara terbuka dan masif tentu sangat mendukung adanya pembelajaran ini.


Tetapi, jangan hanya sekedar punya embel-embel kursus gratis malah tidak membawa manfaat ya. Justru memanfaatkan kursus data secara gratis ini bisa jadi sebagai batu loncatan untuk bisa berkarir di industri data. Banyak manfaat yang sebenarnya bisa diambil dari adanya kursus data science ini. Salah satunya adalah menjalin relasi dengan teman seperjuangan yang sama-sama ingin belajar data science. Dengan begitu kita bisa saling sharing dan bertukar pikiran soal kesulitan dan kendala belajar. Kira-kira apa saja ya manfaat lainnya yang bisa diambil dalam belajar data science secara gratis.


Mari kita cari tahu lebih dalam. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat belajar data science gratis bagi pemula yang ingin menekuni dunia data. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, peneliti maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. Ambil Kursus Data Science Gratis Sebagai Starter Awal

Bagian tersulit tentang transisi dari seorang pemula data science yang bercita-cita menjadi seorang praktisi data adalah menguasai keterampilan yang diperlukan untuk sampai ke sana. Jika Anda mencoba masuk ke industri ini, cara terbaik untuk memulai adalah membiasakan diri dengan belajar konsep dan pemahaman dasar terkait data science. Ada banyak kursus data science yang open-source dan gratis yang tersedia secara online, salah satunya adalah DQLab.


DQLab menyediakan berbagai jenis modul yang ditawarkan. Sahabat data bisa pelajari semua modulnya melalui laman dqlab.id. Kalian bisa mulai pelajari dari yang paling dasar ada Introduction to Data Science with R, Introduction to Data Science with Python, Python for Data Professional Beginner, Fundamental SQL hingga pemahaman konsep Machine Learning for Beginner dan Business Decision Research. Kalian akan dikenalkan berbagai jenis bahasa pemrograman beserta syntax yang akan digunakan. Tenang saja, sahabat data akan menikmati serunya belajar dilengkapi dengan live code editor.


Metode ini cocok untuk pembelajaran data science sehingga dengan mudah dipahami oleh sahabat data. Pilihan bahasa pemrograman yang tersedia akan membuat kamu jadi lebih siap untuk menghadapi rekrutmen industri data. Dengan demikian, sahabat data saat mengakses modul akan memberikan pengalaman belajar yang seru dan dapat diaplikasikan saat latihan


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Aktif dalam Forum Diskusi Komunitas

Penting untuk dipahami bahwa menjalin sebuah relasi sangatlah bermanfaat. Dalam hal pertumbuhan karir, belajar tentang data science dari praktisi data dan para profesional akan membawa banyak peluang untuk jaringan dan referensi ilmu seperti bahan bacaan guna mengembangkan keterampilan dan memperoleh spesialisasi yang berbeda. Pelajari blog tentang topik data science teratas dan baca artikel di Medium, GreatLearning, KDNuggets, dan situs web serupa untuk menambah wawasan. Jika kamu menemukan konsep yang membingungkan, kamu bisa memanfaatkan forum diskusi untuk sharing dan bertukar pikiran dengan member lainnya maupun pada fasilitator atau tentor jika ingin dikonsultasikan terkait kendala belajar.


Untuk menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam kursus, kamu juga bisa menulis blog tentang topik ilmu data maupun menyusun project data. Hal ini adalah cara yang bagus untuk meninjau kembali konsep-konsep maupun penerapan case study dari industri untuk diterapkan dalam blog sebagai bahan percontohan bagi member. Memulai untuk menulis blog sendiri akan menunjukkan kepada perekrut seberapa serius Anda dengan karir Anda dan menunjukkan inisiatif yang Anda ambil untuk pembelajaran pribadi Anda yang telah didapatkan selama pembelajaran kursus.


3. Berpartisipasi dalam Kompetisi Bidang Data

Sebagai pemula yang ingin berkarir di bidang data science, keikutsertaan dalam kompetisi bidang data dapat menjadi nilai plus untuk bisa mengambil hati para rekruter. Jadilah bagian dari proyek terbuka bidang data yang berkisar pada hobi dan minat kamu sebagai seorang yang ingin berkarir dalam bidang data. Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang data science, menjelajahi dan bereksperimen untuk mengikuti kompetisi dan terus mengembangkan keterampilan kamu untuk berpartisipasi dalam proyek ilmu data sumber terbuka adalah pintu rahasia untuk bisa berkarir di industri data.


Pendatang baru di dunia data dapat memperoleh keuntungan yang signifikan atas kompetisi yang telah diikuti dengan menambahkan proyek open source ke portofolio mereka. Anda juga dapat merancang situs web dan membangun kumpulan data Anda sendiri untuk memperbanyak portofolio kamu.


4. Kuasai Lebih Dalam Skill Teknis Data Science 

Keterampilan teknis adalah alat khusus, pengetahuan pemrograman, dan teknik industri yang digunakan oleh data scientist untuk merancang kasus penggunaan untuk produk dan layanan bisnis. Biasanya, sebagian besar data scientist meningkatkan keterampilan yang terkait dengan visualisasi data, analisis statistik, dan mempelajari cara menerapkan model Machine Learning dan Artificial Intelligence untuk kebutuhan bisnis. Memiliki pemahaman singkat tentang prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak adalah suatu keharusan bersama dengan kemampuan untuk mengumpulkan, mengatur, dan menyajikan data mentah dengan benar kepada para ahli non-teknis.


Lima alat teratas yang digunakan oleh data scientist profesional adalah R, Tableau, Python, SQL, dan Hadoop dan pelajar harus memiliki pemahaman yang kuat tentang ini. Pengetahuan yang kuat tentang aljabar linier dan kalkulus multivariabel juga direkomendasikan bagi mereka yang serius ingin meningkatkan keterampilan data science mereka. Memahami dasar-dasar pemikiran statistik akan membantu calon peserta mengajukan pertanyaan yang tepat saat membuat model dan merancang produk untuk klien. Selain itu, data scientist memerlukan dasar yang kuat dalam matematika, regresi linier, dan berbagai fungsi statistik untuk menulis kode dan membuat model Pembelajaran Mesin melakukan tugasnya secara efektif.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science, Persiapkan Dirimu Menjadi Talenta Data Muda Kebanggaan Bangsa

Data science merupakan bidang ilmu yang sedang dicari-cari dan digandrungi oleh perusahaan terkemuka. Lulusan dari bidang ilmu ini banyak dicari dan diincar oleh banyak perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Pemanfaatan data science kini banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang seperti finansial, bisnis, ekonomi, kesehatan, sosial, manajemen, pemasaran dan lain-lain. Seakan ilmu ini banyak sekali cakupannya sehingga data science mampu menjadi ilmu yang sedang banyak diterapkan.

Dengan mempelajari Data Science, kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menghasilkan informasi dari olahan data mentah dan insight yang valuable. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science lebih jauh, caranya gampang banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id atau bisa klik button di bawah ini yap. 


Kamu juga bisa loh cobain Modul lain untuk mengasah kemampuan data science kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas dengan berlangganan paket belajarnya. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu gratis! Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai talenta data muda kebanggaan Bangsa!


6. Ikuti Webinar DQLab x MatchKerja Yuk untuk Persiapan Transisi dan Prosepek Karir Data Science

Kamu ingin berpindah profesi data bidang non data dan mulai berkarir di dunia Data Science? Bisa! Yuk Ikuti webinar yang diselenggarakan oleh DQLab dan MatchKerja! Kamu akan belajar bagaimana persiapan transisi karir dan juga mengenal prospek karir Data Science untuk kedepannya!


Speaker :

  • Yevonnael Andrew - Member DQLab dan Data Analyst UNDP
  • Chintya Kiswandini - Business Operations Manager MatchKerja

Catat tanggalnya! Jumat 29 October 2021 pukul 19.00 sampai dengan selesai. Kamu bisa langsung daftarkan dirimu pada button dibawah ini ya!

Selamat belajar Sahabat Data DQLab!



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :