2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 58 Menit 21 Detik

Belajar Data Science, Kenali 3 Kompetensi Data yang Perlu Kamu Kuasai

Belajar Data Science di Rumah 22-Juli-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e707088d1286bc15dcf4d6b1ac0b649b_x_Thumbnail800.jpg

Kini data merupakan hal penting dalam menentukan langkah yang perlu diambil oleh suatu perusahaan. Data Scientist merupakan salah satu profesi yang bergerak di bidang pengolahan data. Tertarik berkarir sebagai seorang praktisi data? Tenang, kamu perlu tahu skill apa saja yang kamu butuhkan untuk berkarir sebagai praktisi data.

DQLab sebagai platform belajar online, akan memberikan pengalaman belajar Data Science secara praktis dan aplikatif untuk kamu yang ingin berkarir sebagai praktisi data. Yuk, kita simak bersama skill apa saja yang perlu kamu kuasai untuk menjadi seorang Data Scientist!


1. Manfaatkan Belajar Dimanapun dan Kapanpun untuk Tingkatkan Skill Set

Sebagai disiplin ilmu baru yang berhubungan dengan data, ternyata Data Science tidak membutuhkan latar belakang tertentu untuk mempelajarinya. Data Science adalah ilmu yang dapat dipelajari seseorang dengan disiplin ilmu umum sekalipun.

Dengan belajar bersama DQLab, kamu berkesempatan untuk belajar Data Science secara terstruktur dan dapat mengembangkan skill set data untuk menghadapi industri data sesungguhnya. Tingkatkan produktivitas mu selama di rumah dengan belajar Data Science bersama DQLab, guna berkarir sebagai praktisi data yang kompeten.


Baca juga : Praktis dan Aplikatif, Yuk Intip Tips Belajar Data Science secara Otodidak bersama DQLab!


2. Terus Melatih Pola Pikir Agar Lebih Kritis

Sebagai seseorang yang berkarir di industri data, kamu dituntut untuk berpikir secara logis dan kritis. Kerangka berpikir ini dibutuhkan seorang Data Scientist dalam menghadapi data dengan skala yang besar. Selain itu, pemikiran yang kritis juga diperlukan Data Scientist untuk memberikan langkah yang tepat bagi perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Langkah utama yang perlu diasah adalah perbanyak studi kasus untuk bangun portofolio data agar pemikiran kritis tersebut perlahan-lahan akan hadir.


3. Teliti : Kunci Sukses Seorang Praktisi Data

Data Scientist merupakan profesi yang berhubungan dengan pengolahan dan analisa data. Seorang Data Scientist bertugas untuk mengumpulkan, mengolah, serta melakukan analisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu, sikap teliti merupakan kunci utama bagi seseorang untuk berkarir di bidang data. Ketelitian juga merupakan pondasi utama bagi seorang Data Scientist untuk menganalisa data dengan jumlah yang banyak.


4. Sudah Tahu Perbedaan Kebutuhan Hardskill vs Softskill?

Dalam mempersiapkan karir di industri data, ada baiknya sahabat DQ memperhatikan skill-skill apa saja yang dibutuhkan. Mengingat seorang praktisi data memiliki tanggung jawab besar terhadap Big Data, maka mereka harus memiliki Hardskill dan Softskill agar dapat membantu tugas serta di setiap prosesnya.

Hardskill

  • Merupakan keterampilan khusus sangatlah dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, karena tujuan daripada hard skill yaitu dapat membantu menganalisis serta mengolah data menjadi sebuah data yang berguna.

  • Hardskill memiliki standar pengukuran yang jelas, pengukurannya tersebut seperti bukti sertifikat dan ijazah.

  • Hardskill dapat dipelajari melalui beberapa medium seperti kursus, pendidikan sekolah, ataupun lembaga. Adapun contoh kebutuhan hardskill yaitu seperti memiliki kemampuan bahasa pemrograman seperti R, Python, dan SQL, Memiliki kemampuan visualisasi data dengan menggunakan tools di Tableau dan Power BI.


Softskill

  • Menjadi keterampilan interpersonal yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, salah satu contoh softskill yang harus dimiliki oleh seorang praktisi data yaitu critical thinking, problem solving, serta rasa ingin tahu lebih.

  • Softskill belum memiliki standar pengukuran yang jelas.

  • Dari softskill, nantinya dapat dikembangkan menjadi beberapa skill yang dapat memperbanyak interaksi dengan orang lain, seperti dapat bekerja secara teamwork, storytelling, hingga komunikasi yang kuat.


Baca juga : Belajar Data Science GRATIS, Yuk Akses Module Introduction to Data Science bersama DQLab!


5. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login