Siap Berkarir jadi Data Scientist di DQLab
Mulai dengan Module ‘Introduction to Data Science’ GRATIS Belajar Gratis

Belajar Data Science, Yuk Kenali Profesi Data Analyst VS Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 25-Juni-2020

Di era digital sekarang ini, kebutuhan talent data menjadi salah satu hal yang dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Mengapa demikian? Karen role praktisi data sangat berperan penting dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang dimiliki suatu perusahaan. Bagi kamu yang ingin memulai karir di industri data, kamu bisa mulai belajar Data Science bersama platform edukasi online DQLab, lho!

Ada berbagai role yang dimiliki seorang praktisi data, diantaranya ialah Data Science, Data Analyst, dan Data Engineer. Ketiga role tersebut memiliki penerapan yang berbeda-beda pada suatu perusahaan. Seorang Data Engineer berfokus pada tahapan awal, dimana tugasnya adalah mengekstrak data untuk didistribusikan ke Data Analyst dan Data Scientist. 

DQLab bersama Iqbal Hanif, Junior Data Scientist Telkom Indonesia akan menjelaskan apa perbedaan role kerja Data Analyst dan Data Scientist. Yuk, kita simak bersama!

1. Pahami Role Data Analyst

Seorang Data Analyst dituntut untuk berpikir secara kritis guna menghasilkan ide-ide baru dan kreatif. Kerangka berpikir yang kritis dan logis juga diperlukan seorang Data Analyst dalam menghadapi data berskala besar. Data Analyst sendiri bertugas untuk menganalisa data dengan menggunakan statistik serta mengidentifikasi korelasi atau pola yang terkandung di dalam data. 

“Hanya menganalisa dan membuat visualisasi.” Jelas Iqbal.

Baca juga :[BARU] Belajar Data Analyst dengan Kuasai SQL, Yuk Akses Module “Fundamental SQL Using UNION & INNER JOIN” Sekarang

2. Ini Dia Pekerjaan yang Dilakukan Data Scientist

Data Scientist merupakan profesi yang berhubungan dengan pengolahan data dan analisa data. Berbeda dengan Data Analyst yang hanya menganalisa suatu data, tugas dari seorang Data Scientist adalah memproses data mulai dari pengumpulan, validasi, pemodelan hingga memvisualisasikan hasil data yang didapat. 

Dengan kata lain, seorang Data Scientist berperan besar dalam memberikan saran kepada perusahaan mengenai langkah tepat apa yang harus diambil. Pengelolaan data ini sendiri merupakan hal yang penting, karena dapat menghasilkan output perbaikan dari kinerja bisnis. 

“Sedangkan Data Scientist, memproses data sampai membuat pemodelan prediktif.” Ujar Iqbal.

Baca juga : Belajar Data Science Online bersama DQLab dengan GoPay dan Dapatkan Cashbacknya

3. Kuasai Kompetensi Data Bersama DQLab dengan Menggunakan GoPay dan Siap Berkarir di Industri!

Wujudkan harapanmu berkarir sebagai praktisi data bersama DQLab, kamu bisa lho memulai karir menjadi Data Analyst dengan mengakses Data Analyst Career Track dan asah kompetensi kamu untuk siap menghadapi Industri. Hasilkan proyek datamu dengan terus bangun portofolio langsung bersama praktisi data yang kompeten. Sign up sekarang untuk nikmati pengalaman belajar secara praktis dan aplikatif bersama DQLab!

Kamu bisa loh ikuti promo edukasi di GoPay dengan mengikuti 6 bulan belajar DQLab dan dapatkan cashback 50% maks. RP 20,000. Payment ini berlaku untuk 1x penggunaan dalam 1 bulan.


Sign up sekarang untuk dapatkan promo spesial belajar di rumah bersama DQLab! Bangun portofolio datamu dengan mengerjakan module dan project yang tersedia dengan kurikulum terstruktur dan module yang di update setiap minggunya, serta nikmati pula pengalaman belajar langsung bersama praktisi data dalam sesi DQLab Data Mentoring.

Yuk, Ikuti 4 langkah mudah cara menggunakan GoPay untuk dapatkan cashbacknya!

  • Step 1 : Kunjungi platform DQLab academy.dqlab.id/

  • Step 2: Pilih Menu Subscribe pada Menu Bar DQLab

  • Step 3: Pilih Paket Belajar Premium Membership, dan klik Secure Checkout

  • Step 4 : Pilih pembayaran GoPay dan Dapatkan Cashback 50% max RP 20,000

  • Step 5 : Lakukan pembayaran

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!