MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 8 Menit : 38 Detik

Role Data Scientist: Yuk Kenali Peran Data Scientist di Era Modern Bersama DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 27-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/911b1a2eed896ec15867dd4c0086ebab_x_Thumbnail800.jpg

Role data scientist saat ini sangatlah penting untuk membuat suatu keputusan berdasarkan data dan informasi yang ada di dalamnya. Ilmu yang dipelajari oleh data scientist adalah data science. Data scientist tidak mungkin bekerja sendiri. Biasanya, dalam satu tim terdiri dari beberapa orang dengan kemampuan dan keterampilan mengolah data yang berbeda sehingga mereka bisa saling melengkapi. Anggota sebuah tim pun bervariasi, tergantung dari tujuan perusahaan membentuk tim tersebut. Namun secara umum, sebuah tim data analyst berisi data engineer, infrastructure architect, machine learning engineer, product analyst, dan data scientist. Gabungan beberapa keahlian tersebut bertujuan untuk mengolah suatu data untuk menghasilkan informasi penting yang akan digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan suatu produk, membuat keputusan bisnis, menentukan segmentasi pasar, pengelompokan konsumen, dan lain sebagainya. 


Menjadi data scientist tidaklah mudah. Tricia Wang, seorang ahli etnografi teknologi, menegaskan bahwa lebih dari 73% proyek Big Data tidak menguntungkan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Disinilah peran data scientist dibutuhkan. Seorang data scientist dapat membantu para pengelola perusahaan untuk memahami dan menafsirkan isi data tersebut. Seorang data scientist tidak hanya menghasilkan satu informasi dari kumpulan set data, tetapi dapat menghasilkan puluhan informasi dengan tujuan yang berbeda pula. Pada artikel kali ini, DQLab akan membantumu memahami peran data scientist dalam menghasilkan suatu informasi untuk sebuah perusahaan dan bagaimana informasi tersebut dapat mempengaruhi perusahaan dalam proses pengambilan keputusan strategis. Penasaran? Baca artikelnya sampai selesai ya!


1. Lima Keterampilan Inti yang Harus Dimiliki Data Scientist

Sebelum membicarakan peran data scientist, ada baiknya untuk memahami apa saja keterampilan yang harus dimiliki oleh data scientist. Ada lima keterampilan dan kemampuan inti yang dibutuhkan oleh semua data scientist yang baik. Keterampilan pertama yang harus dimiliki oleh seorang data scientist adalah merumuskan masalah. Seorang data scientist harus mampu merumuskan dan menyusun masalah. Kemampuan ini digunakan untuk memecahkan masalah bisnis yang kompleks menjadi bagian-bagian penyusunnya dengan mengajukan pertanyaan bisnis yang tepat. Untuk mengajukan beberapa pertanyaan, perlu adanya rasa ingin tahu yang tinggi yang mengarah pada pembuatan hipotesis. Kemampuan kedua yang harus dimiliki seorang data scientist adalah kemampuan teknis.

Setelah pertanyaan bisnis dianggap sebagai masalah teknis, keterampilan teknis seperti coding, statistik, dan kemampuan kuantitatif diperlukan untuk mengekstrak data. Proses ini dapat dilakukan berulang-ulang karena mungkin ada beberapa pertanyaan yang telah diajukan tidak dapat dijawab karena berbagai alasan misalnya data yang diperlukan belum tersedia. Keterampilan ketiga adalah kemampuan analitis.

Setelah semua data tersedia, data scientist membutuhkan keterampilan analitis untuk mengekstrak dan memanipulasi kumpulan data dan mengekstrak nilai dari data dalam bentuk tabel, bagan, dan lain sebagainya. Kemampuan berikutnya yang harus dimiliki seorang data scientist adalah kemampuan untuk menghubungkan hasil analisis dengan rumusan masalah yang telah terbentuk. Seorang data scientist harus menafsirkan hasil, menyederhanakan dan merangkum hasil analisisnya sehingga menghasilkan gambar, tabel, dan nilai inti dari hasil analisis.

Keterampilan terakhir yang harus dikuasai oleh seorang data scientist adalah mampu mengkomunikasikan hasil analisisnya. Teknik komunikasi yang dapat digunakan adalah teknik story telling (bercerita secara langsung), teknik tertulis, atau gabungan keduanya. Dalam mengkomunikasikan hasil analisis, seorang data scientist memerlukan bahasa yang persuasif dan meyakinkan agar pengelola perusahaan yakin jika saran yang diberikan oleh data scientist adalah saran terbaik untuk pengambilan keputusan bisnis. 


Baca Juga: Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Peran Data Scientist untuk Creative, Brand, dan Operational Insight

Setelah memahami keterampilan yang harus dimiliki seorang data scientist, kini kita masuk ke peran data scientist dalam menghasilkan suatu informasi untuk sebuah perusahaan dan bagaimana informasi tersebut dapat mempengaruhi perusahaan dalam proses pengambilan keputusan strategis. Peran pertama adalah menghasilkan informasi di bidang kreatif. Tim kreatif (periklanan) dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk memahami perilaku atau pesan yang diinginkan konsumen dan apa yang dipikirkan oleh konsumen mengenai suatu produk, sehingga tim kreatif dapat membuat sebuah konsep yang tepat. 


Salah satu contohnya adalah kampanye “Creamaholics” untuk brand kecantikan atau perawatan kulit Kiehl’s.Kampanye ini tidak hanya sebuah konsep kreatif untuk memperkuat kampanye iklan suatu brand tetapi juga berfungsi untuk membangun brand position. Peran data scientist disini adalah menganalisis apa yang diinginkan konsumen dan memahami apa yang benar-benar mereka butuhkan dengan menggunakan platform "Cream Holics Anonymous Association".Platform ini dapat digunakan oleh konsumen untuk menuliskan masalah mereka saat menggunakan krim dan menerima saran dari profesional Kiehl yang akan menjelaskan bagaimana cara penggunaan produk yang benar.


Peran data scientist yang kedua adalah membantu menemukan informasi mengenai branding. Peran data scientist di bidang ini Ini berhubungan dengan strategi komunikasi brand. Contoh peran data scientist di bidang branding adalah membantu mengkontekstualisasikan pencitraan branding pada brand Dove. Data scientist membantu mencari cara untuk mendengarkan konsumen dengan cara menggali informasi mengenai hal yang benar-benar diperlukan oleh konsumen. 


Peran data scientist yang ketiga adalah menemukan informasi yang berkaitan dengan proses operasional suatu perusahaan. Informasi operasional merupakan komponen keputusan bisnis yang paling strategis. Informasi ini berorientasi pada inovasi operasional dan berguna untuk membangun keunggulan kompetitif, meningkatkan prosedur internal, meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas layanan, sekaligus menambah proposisi nilai bagi konsumen.

Salah satu contoh peran data scientist adalah pada platform Netflix. Algoritma rekomendasi Netflix unik dan saat ini diakui sebagai yang terbaik dalam bisnis hiburan.


3. Peran Data Scientist untuk Data dan Teknologi

Saat ini manusia hidup di era big data. Big data dapat digunakan untuk meramal dan menjadi sumber gagasan yang cemerlang. Namun, tanpa filter kualitatif dan campur tangan manusia, data bisa salah dibaca dan bisa menjadi penghalang untuk mendapatkan informasi penting. Contoh peran data scientist di bidang data dan teknologi adalah pada perusahaan ritel di Amerika Latin yang ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konsumen dan perilaku konsumen dengan menggunakan data lalu lintas toko yang terjadi selama akhir pekan dan data pembelian yang dilakukan selama hari kerja di awal bulan. 

Dengan adanya data ini, perusahaan dapat di menerapkan solusi teknologi inovatif. Konsumen dapat memilih item yang ingin mereka coba, menjadwalkan kunjungan dan memesan ukurannya. Teknologi ini akan membantu toko mengoptimalkan stok berdasarkan ukuran dan preferensi pelanggan. 


Peran data scientist yang sangat penting membuat banyak perusahaan berlomba-lomba mencari ‘bibit unggul’ di bidang data science yang dapat mendukung kinerja perusahaan mereka. Jadi tunggu apa lagi? Ayo upgrade kompetensimu di bidang data science yang memiliki prospek karir yang menjanjikan karena di era modern saat ini, data science sangat dibutuhkan di semua bidang. Siapa sih yang tidak mau memiliki karir yang bagus dan gaji yang tinggi?


Baca Juga: Belajar Data Science: Yuk Intip 3 Hal yang Akan Kamu Kuasai saat Belajar Data Science Bersama DQLab!


4. Siap Berkarir di Industri 4.0, Mulai Belajar Data Science

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!



Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!