Belajar Data Science: Yuk Intip 3 Hal yang Akan Kamu Kuasai saat Belajar Data Science Bersama DQLab!

Belajar Data Science: Yuk Intip 3 Hal yang Akan Kamu Kuasai saat Belajar Data Science Bersama DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 28-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b4ad55057d9cd939131ef157b259070f_100_persen.jpg

Belajar data science merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Bagaimana tidak, dengan data science kamu bisa menemukan ‘harta karun’ yang tersembunyi di suatu kumpulan data. Saat ini data science merupakan bidang ilmu yang banyak diminati karena prospek karir dan gaji yang menjanjikan. Data science dibutuhkan di semua bidang pekerjaan. Mulai dari industri finansial, ritel, perbankan, komunikasi, logistik, dan lain sebagainya. 


Saat ini, semua orang bisa belajar data science tanpa mengenal background pendidikan. Di era modern ini, belajar data science bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, baik online maupun offline. Kelebihan belajar online adalah kita bisa mengatur jadwal dan durasi belajar sesuka hati. Saat belajar data science, kita akan belajar bahasa pemrograman, analisis data, dan belajar metode statistika yang cakupannya sangat luas. Oleh karena itu, DQLab sudah memiliki ‘kurikulum’ tersendiri agar proses belajar lebih efektif dan efisien. Dengan adanya ‘kurikulum’ ini, proses belajar kita akan lebih terfokus dan terarah. Mau tahu apa saja yang akan kita dapatkan saat belajar data science secara online bersama DQLab? Yuk cari tahu skill yang akan kita kuasai saat belajar data science secara online! Baca artikelnya sampai selesai, ya!.


1. Kemampuan Dasar dalam Pemrograman

Salah satu bahasa pemrograman yang powerful dan banyak digunakan oleh data scientist adalah bahasa pemrograman python. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang open source. Maksudnya, kita tidak perlu membayar lisensi untuk mengakses softwarenya. Saat mulai mempelajari bahasa pemrograman python secara online, kemampuan pertama yang akan kita kuasai bersama DQLab adalah sintaks, conditionals dan control flow, function, loops, dan lain sebagainya. 


Setelah memahami dasar-dasarnya, kita bisa mulai menggunakan Jupyter Notebooks atau Jupyter Labs dan mulai mempelajari library untuk manipulasi data. Library tersebut adalah pandas dan numpy. Library ini merupakan dasar untuk sebagian besar analisis data dan data preparation untuk machine learning. Agar lebih mudah mempelajari bahasa pemrograman ini, DQLab telah menyiapkan tutorial dan data set untuk belajar bahasa pemrograman sehingga kita dapat mempraktekkannya secara langsung. Setelah memahami library pada bahasa pemrograman, skill kedua yang akan kita kuasai dalam bahasa pemrograman adalah packages. Packages adalah kumpulan fungsi yang bisa kita gunakan sesuai tujuan analisis kita. Dengan menggunakan packages ini, kita tidak perlu menuliskan semua sintaks yang panjang karena secara otomatis packages akan mengolah data kita. Namun terkadang kita juga perlu membuat sendiri packages yang kita perlukan. 


Salah satu hal menarik saat kita belajar bahasa pemrograman adalah web scraping. Web scraping adalah proses penulisan kode yang akan meng-crawling sebuah website untuk mendapatkan data terstruktur secara otomatis. Web scraping dapat mengakses kumpulan data baru yang bisa kita gunakan untuk mempraktikkan data science yang telah kita pelajari. Web scraping tidak akan terlepas dari sebuah library yang bernama API. API atau application program interface adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh situs web untuk mengakses data khususnya data yang berubah secara berkala (dinamis). Library API ini dapat membantu kita untuk mengakses data baru. Biasanya sebuah kursus online telah menyiapkan library API dan penjelasannya. Jangan khawatir, DQLab sudah menyiapkan beberapa sintaks library API yang bisa kita gunakan untuk mengakses data dari beberapa website. Menyenangkan ya!


Baca Juga: Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Kemampuan Analisis Data

Setelah mengetahui dasar-dasar bahasa pemrograman, DQLab akan membantu kita belajar bagaimana cara mengekstrak, menggabungkan, dan mengatur ulang data. Selain itu kita juga akan belajar membersihkan dan transformasi data. Kita juga akan belajar menganalisis ukuran data, bentuk data, mengidentifikasi pola, trend, dan korelasi. DQLab akan membantu kita belajar menganalisis data dengan langah-langkah analisis yang mudah dipahami. 


Pertama kita akan belajar mengekstrak data dari database. Kita akan belajar menggunakan SQL untuk mengekstrak data dari database sebelum melakukan pemodelan. SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa standar yang digunakan untuk membuat kueri database relasional. Database relasional adalah kumpulan tabel yang terdiri dari kolom dan baris data, yang terkait satu sama lain melalui pengenal kunci umum. Selain itu kita juga akan belajar cara membuat tabel, dan cara memperbarui, menyisipkan, dan menghapus baris dan kolom data. Di DQLab kita juga akan belajar membuat sintaks SQL untuk membuat beberapa database relasional. Setelah berhasil mengekstrak data dari database, kita akan belajar bagaimana cara visualisasi yang baik. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan untuk visualisasi data seperti R dan Python. Namun kali ini bahasa pemrograman yang akan kita bahas adalah Python. Bahasa pemrograman python memiliki beberapa library yang dapat digunakan untuk visualisasi data seperti pandas dan matplotlib. Beberapa materi library pandas yang akan kita pelajari di DQLab untuk visualisasi data adalah cara membuat histogram, scatter plot, box plot, dan lain sebagainya. Library pandas ini akan menghasilkan visualisasi data yang sederhana namun dapat membuat  perkiraan pola dan tren kumpulan data dengan cepat. Library kedua yang akan kita pelajari di DQLab adalah matplotlib. Library matplotlib menyediakan variasi plot yang lebih banyak sehingga kita lebih leluasa untuk mengubah warna, font, line styles, dan komponen sumbu. Library ini menghasilkan plot yang sangat menyenangkan secara visual karena kita bisa menyajikan plot dengan lengkap dan berwarna-warni. 


Materi lain yang akan kita dapatkan di DQLab untuk analisis data adalah data preparation. Selain mengekstrak dan menggabungkan data dalam SQL, kita juga akan belajar cara membersihkan dan mengubah data agar dapat digunakan untuk proses pemodelan. Kita dapat belajar library pandas untuk menangani missing data dan menggabungkan kumpulan data. Library datetime pada python juga dapat kita pelajari untuk memanipulasi data yang berisi tanggal dan waktu. DQLab akan membantu kita untuk memahami berbagai jenis data dan bagaimana memprosesnya sebelum pemodelan. Misalnya bagaimana cara mengubah kolom yang berisi data teks kategorik menjadi data numerik. Kita juga akan belajar menggunakan Library Sci-Kit Learn. Library pada python ini dapat digunakan untuk standarisasi data, menangani pencilan dalam data, menormalkan data, dan memperhitungkan missing value. 


3. Kemampuan Matematika dan Statistika

Matematika dan statistik merupakan dasar dari data science. Saat kita belajar data science, kita juga akan belajar dasar-dasar matematika dan statistika agar dapat melakukan analisis data eksplorasi, peramalan, machine learning, dan deep learning dengan baik. DQLab akan membantu kita mempelajari dasar-dasar statistik dan matematika yang akan digunakan pada bidang data science seperti menghitung statistik deskriptif, menghitung sampel data, mencari distribusi data, kemiringan, kurtosis,  menghitung Mean, median, dan modus, menghitung korelasi, dan pengujian hipotesis seperti tes signifikansi, interval keyakinan dan inferensi dua sampel, regresi linier dan non linier, klasifikasi, dan lain sebagainya. Dengan belajar di DQLab, kita akan belajar menggunakan bahasa pemrograman di bidang matematika dan statistika.


Baca Juga: Role Data Scientist: Yuk Kenali Peran Data Scientist di Era Modern Bersama DQLab!


4. Mulai Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!