[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 47 Menit 2 Detik 

Belajar Data Science Otodidak, Intip Kelebihan yang Bisa Kamu Dapatkan

Belajar Data Science di Rumah 28-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bc9398bb6f6f6f4baecc108d0fc8233d_x_Thumbnail800.png

Data Science menjadi salah satu topik yang kini semakin muncul di permukaan dan topik hangat dalam beberapa tahun terakhir bahkan akan menjadi perbincangan di masa depan. Namun tidak banyak dari mereka memahami Data Science dan ingin berkarir menjadi praktisi data. Sederhananya, Data Science adalah ilmu interdisipliner yang dimana data akan digunakan dan menjadi salah satu jawaban atas permasalahan yang ada. Dalam prosesnya meliputi mengumpulkan data dari berbagai sumber, pengolahan, analisis, visualisasi data hingga melaporkan secara verbal dan nonverbal menggunakan tools seperti diagram, scatter plot, dan tools visual lainnya.


Memasuki dunia digital, kini Data Science semakin bertambah minat untuk dipelajari dan dipahami. ‘Kok bisa begitu?’ hampir seluruh kegiatan kita sehari-hari berdekatan dengan data, secara teknis tidaklah mudah untuk mengolah volume data yang besar tersebut sehingga praktisi data membutuhkan tools dan mempelajarinya lebih lanjut agar data berguna. Hal ini, banyak data enthusiast atau praktisi data sekalipun belajar secara otodidak dan mandiri untuk memperkaya dan memperkuat ilmu-ilmu yang mereka miliki. Pada artikel DQLab kali ini, ingin membahas kelebihan jika kamu ingin belajar Data Science secara otodidak ataupun belajar dengan metode self-taught. Yuk, langsung saja simak pembahasan berikut!


1. Membantu Mengasah Skill secara Teknis

Perubahan dunia yang cepat ini mendorong kita untuk dapat terus berinovasi, banyak data enthusiasts sudah mempersiapkan pembelajarannya mereka terutama dalam mengasah skill secara teknis agar membantu mengolah data yang kompleks menjadi data yang berwawasan. Belajar Data Science secara mandiri atau otodidak sekalipun tidak hanya berdasarkan kamu mempelajari paket atau mempelajari module yang tersedia saja atau paham menggunakan tools-tools yang tersedia. Mengapa? Karena belajar Data Science tidak selalu tentang ‘belajar’ tapi kamu dapat memahaminya dengan baik sehingga kamu bisa,

  • Meningkatkan skill coding dengan baik

  • Meningkatkan skill untuk membantu bisnis berjalan

  • Meningkatkan keterampilan dalam ilmu matematika atau statistik

  • Meningkatkan skill komunikasi  dengan cara melaporkan hasil analisis data, dan

  • Membantu tingkatkan skill visualisasi data


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Meningkatkan Pengetahuan Literasi

Rasa ingin tahu akan membantu kamu untuk terus belajar, selain skill teknis yang didapatkan adapun kelebihan lainnya yaitu ilmu pengetahuan. Sahabat data DQLab dalam belajar tentunya akan mencari medium yang cocok dan sesuai dengan pembahasan yang ingin dipelajari baik itu sub bab dalam Data Science seperti Python, Machine Learning, sehingga akan adanya ‘action’ sahabat untuk membaca beberapa buku terutama buku yang direkomendasikan untuk pemula sekalipun misalnya seperti buku Data Science from Scratch dengan penulis Joel Grus, Python Data Science Handbook karya Jake Vanderplas, dan buku-buku data science lainnya. 


3. Melatih Belajar menjadi Lebih Fokus

Bantuan teknologi dan internet kini sangat membantu sahabat data DQLab untuk bisa explore ilmu Data Science lebih dalam lagi. Dalam menganalisis data, seorang praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, atau Data Engineer terutama calon talenta data yang baru memulai pembelajarannya dibutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi agar pembelajaran dapat dipahami dengan benar dan juga sahabat bisa memulai mengaplikasikannya secara bertahap. Dengan belajar lebih fokus dan terarah, maka kamu bisa mengetahui sejauh mana kamu mampu dan dapat mengaplikasikan ilmu-ilmunya. Keuntungan lainnya jika kamu mulai belajar Data Science otodidak, kamu bisa mempelajarinya kapan saja dan dimana saja.


4. Sebuah Investasi untuk Masa Depan

Kini hampir seluruh perusahaan telah menggunakan data-driven, mulai dari kegiatan bisnis UMKM dan pemerintahan karena dengan penggunaan data membantu dalam mengambil sebuah keputusan dengan tepat. Dengan demikian, perusahaan atau instansi akan mencari sumber daya yaitu seorang praktisi yang handal dan terampil dalam bidangnya. Hal ini, menjadi salah satu kesempatan yang pastinya sahabat data DQLab akan dapatkan jika memulai belajar Data Science. Di masa depan, akan terjadinya peningkatan atau demand praktisi seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, yang membantu prospek karir sahabat data DQLab menjadi lebih cemerlang. Ditambah dengan pengalaman dalam bidang Data Science yang cukup lama, akan memungkinkan karirmu menjadi ke tingkat yang lebih teratas.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Ingin Meningkatkan Skill Data Science? Kamu Bisa Bergabung Bersama DQLab

Sangatlah penting bagi kamu untuk terus melatih skill dan ilmu Data Science, dengan demikian kamu akan mendapatkan banyak kesempatan dan tantangan baru terutama dalam real case industry. Di DQLab, kamu bisa tingkatkan skill kamu hingga lebih advance lho! Terdapat berbagai module dan fitur yang tersedia di DQLab, sahabat data DQLab tidak perlu khawatir karena module yang dibuat sudah berdasarkan kebutuhan industri nyata dan disusun oleh praktisi data secara langsung. 


Ingin memulainya? Caranya mudah lho, sahabat data DQLab cukup daftar atau signup di DQLab.id, lalu isi petunjuk yang ada dan tekan ‘Belajar Gratis’. Sahabat data DQLab akan mendapatkan pilihan module GRATIS yaitu “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”. Yuk, langsung saja daftar dan selamat mencoba!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!