PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 50 Menit 49 Detik 

Belajar Data Science Secara Gratis Bersama DQLab? Ini Dia Caranya!

Belajar Data Science di Rumah 11-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bcb41e3bd1e27bf009182858f0121bb4_x_Thumbnail800.png

Mengikuti tren atau kemajuan teknologi merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang pada masa kini. Di tengah kemajuan zaman, setiap individu memerlukan peningkatan, baik dari sisi soft skill dan hard skill. Kemajuan zaman ini menghasilkan informasi yang dahulu berbentuk kalimat menjadi data hingga hampir seluruh informasi mengenai suatu perusahaan, organisasi ataupun seseorang dapat didapatkan dalam bentuk data.


Terdapat ilmu yang dapat memungkinkan kalian untuk mempelajari informasi dalam bentuk data, ilmu tersebut dinamakan Data Science. Banyak profesi-profesi yang muncul dari terapan ilmu tersebut. Oleh karena itu pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi seputar Data Science, dimulai dari pengertian hingga kegunaannya dalam berbagai bidang pekerjaan. 


1. Pengertian Data Science

Data Science merupakan ilmu penggabungan antara matematika, statistika, dan ilmu komputer. Tujuan dari Data Science adalah menganalisa data dalam skala kecil maupun besar dengan mengaplikasikan algoritma tertentu. Data Science dilakukan untuk menggali data dan mengetahui atau mendapatkan suatu pola tertentu yang diharapkan dapat membantu pengambilan keputusan dalam perusahaan.


Selain itu juga, Data Science dapat memprediksi suatu tren atau kejadian yang mungkin terjadi kedepannya. Dengan kecanggihan ilmu Data Science, ilmu tersebut dapat diterapkan untuk membuat sistem kecerdasan buatan atau AI yang bisa terus belajar dengan sendirinya atau machine learning.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Skill Dasar Data Science

Dalam belajar ilmu Data Science, kalian memerlukan beberapa pengetahuan mengenai skill atau kemampuan apa saja yang dibutuhkan agar pembelajaran kalian menjadi efektif. Terdapat beberapa skill yang perlu kalian ketahui sebelum mulai belajar Data Science, berikut skill-skill nya.


  • Skill matematika dan statistika.

  • Skill bahasa pemrograman (Python dan R).

  • Skill database dan query (SQL dan lainnya).

  • Kemampuan untuk menganalisa, mengolah, dan memvisualisasi data.

  • Kemampuan untuk memahami masalah terkait bisnis atau bidang lainnya.


3. Jenis Pembelajaran Data Science

Dalam ilmu Data Science, terdapat tiga jenis pembelajaran yang semakin fokus pada fungsi-fungsi Data Science. Jenis-jenisnya antara lain supervised learning, unsupervised learning, serta reinforced dan deep learning. Ketiga jenis ini pasti akan kalian pelajari ketika membaca materi-materi mengenai ilmu Data Science. Berikut deskripsi lengkapnya untuk masing-masing jenis.


  • Supervised Learning (Prediksi)

    Sistem yang dibuat dengan tujuan menjadikannya cerdas, tentu membutuhkan pelatihan terlebih dahulu dengan data fakta atau labelled training. Hal tersebut membuat sistem dapat belajar dan membentuk pola data yang ada dan kemudian digunakan untuk melakukan prediksi.

  • Unsupervised Learning (Deskripsi)

    Sistem yang dibuat dapat mengandalkan data yang belum dilatih sebelumnya atau unlabelled training dan dapat membentuk pola data yang bersifat deskriptif, bukan prediksi.

  • Reinforced dan Deep Learning (Prediksi)

    Sistem dapat belajar dari masukan dengan teknik belajar yang berulang-ulang atau iteratif dan adaptif. Algoritma yang dimiliki dapat digunakan untuk memaksa sistem belajar menemukan nilai optimal dengan trial dan error. 


4. Tempat Belajar Data Science Gratis

Belajar Data Science saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan kebanyakan cara yang disajikan juga tidak perlu mengeluarkan biaya atau gratis. Kalian bisa belajar dengan menonton video berisi materi seputar Data Science di Youtube atau lewat website-website yang memberikan informasi mengenai Data Science. 


Selain itu juga kalian bisa mengikuti kursus, saat ini banyak sekali kursus yang memberikan materi belajar secara gratis, salah satunya adalah DQLab. Banyak keuntungan dari program-program bervariasi yang disajikan DQLab untuk para calon ahli data yang sedang mencari tempat belajar Data Science.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Mulai Langkahmu Bersama DQLab!

Dengan menggunakan tempat kursus, kalian bisa mendapatkan materi belajar secara lengkap dan tuntas. Selain itu juga tentunya kalian akan mendapatkan sertifikat, sertifikat tersebut merupakan salah satu faktor penting atau kunci kalian ketika akan memasuki industri data. Apabila kalian tertarik untuk belajar bersama DQLab, kalian bisa langsung sign up di DQLab.id dan kalian akan langsung bisa mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis, lho! Yuk, raih keuntungan tersebut dan mulailah sesi belajar kalian bersama DQLab.id!




Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :