DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 31 Menit : 28 Detik

Belajar Data Scientist Simple Hanya Dengan Excel!

Belajar Data Science di Rumah 21-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/32c51fdb8c1b62382a7f08912c385b9d_x_Thumbnail800.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Excel? Aplikasi sejuta umat yang satu ini memiliki berbagai fitur dan fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya fungsi-fungsi yang digunakan untuk keperluan analisis data mulai dari pivot table, conditional formatting, toolpak excel, vlookup dan hlookup, sum, average, count dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai orang yang menggeluti bidang non teknis (orang awam industri data), aplikasi ini sangat familiar diaplikasikan di berbagai lini industri maupun perusahaan-perusahaan layaknya sebuah database. Melalui kemudahan dan simplicity yang ditawarkan oleh Microsoft Excel, tentunya bisa dipelajari oleh siapapun. Terutama untuk kalian yang ingin belajar menjadi seorang Data Scientist, Excel bisa menjadi modal awal bagi kamu sebagai seorang pelamar kerja sehingga dapat memikat recruiter untuk bisa bergabung di industri data.

Berbicara mengenai data scientist tentu tidak terlepas dari tools yang biasa digunakan dalam memudahkan pekerjaannya. Salah satu tools yang juga digunakan oleh seorang data scientist adalah Excel. Software ini terbilang mudah untuk dipelajari dan diakses, karena ketersediaannya yang tersebar luas. Mungkin selama ini kalian berpikir bahwa R dan Python saja yang digunakan oleh seorang data scientist. Terlepas daripada itu, ternyata Excel juga bisa jadi referensi tools untuk belajar data scientist. Excel memiliki berbagai fungsi, mulai dari menyortir dan memanipulasi data hingga merepresentasikan data tersebut dalam bentuk grafik dan bagan. Selain itu dapat digunakan untuk melakukan semua jenis operasi aritmatika, terutama yang berkaitan dengan statistik, teknik, dan keuangan. Software ini mendukung pemrograman melalui VBA (Visual Basic for Application). Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas apa saja fitur-fitur yang digunakan untuk keperluan Data Scientist menggunakan aplikasi Excel. Tentunya sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar menjadi seorang Data Scientist. Simak artikel selengkapnya berikut ini ya sahabat data!

1. Analysis Toolpak Excel: Mempermudah Pengolahan Data dan Analisis Statistik

Seperti namanya, Analysis ToolPak ini merupakan gabungan dari beberapa fungsi statistik yang umum digunakan dalam analisis data. Tepatnya ada 19 statistik tools yang terdapat dalam add-ins ini, diantaranya analisis anova, korelasi, statistik deskriptif, histogram, uji F dan uji t, uji Z, dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa fungsi statistik yang telah disebutkan cukup sering digunakan, mulai dari mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah hingga penelitian dalam dunia industri. Untuk kebutuhan ringkas, Analysis ToolPak ini akan sangat berguna. Apalagi bagi mereka yang belum memiliki program statistik di komputernya, hanya memanfaatkan excel Anda juga bisa menjalankan analisis statistik. Dengan demikian, tentunya cocok bagi sahabat data yang ingin belajar statistik tetapi belum sempat melakukan instalasi software pendukung seperti R dan Python.

Untuk mulai menjalankan add-ins statistik ini caranya sangat mudah. Hanya perlu mengaktifkan add-ins ini pada bagian Option. Biasanya saat instalasi program Ms Excel add-ins ini juga sudah ikut terinstal namun belum diaktifkan. Sebelum mengaktifkan add-ins ini perlu dicermati bahwa ada dua jenis Analysis ToolPak, yaitu standar dan VBA. Untuk yang standar penggunaannya lebih simpel dan interaktif sementara yang VBA digunakan untuk mode makro.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Pivot Table: Solusi Meringkas Data Walaupun dalam Jumlah Besar

Pivot Table adalah fitur Microsoft Excel yang paling powerful memungkinkan pengguna mengambil informasi dengan cepat dari kumpulan data dalam jumlah besar. Pivot Table dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis data terkait mengelompokkan dan meringkas data. Dengan menggunakan Pivot Table, pengguna dapat menghemat waktu secara signifikan. Penyajian data dengan pivot table relatif sangat cepat untuk dibuat dengan beberapa kali klik tanpa harus dipusingkan dengan berbagai macam rumus excel (Excel Formula). Pivot Table sangat fleksibel dan dapat dengan cepat disesuaikan, tergantung pada keinginan dalam menampilkan hasil.

Adapun manfaat dari penggunaan Pivot table yaitu membuat penyajian data dengan beberapa tampilan yang berbeda dari sumber data yang sama, memindahkan field pada berbagai lokasi yang berbeda, Menentukan field atau kolom mana saja yang akan ditampilkan dalam penyajian laporan atau ringkasan data, Melakukan kalkulasi atau mengumpulkan field-field data numeric dalam beberapa cara (SUM, COUNT, AVERAGE, Dan lain-lain), Melakukan filter untuk menampilkan nilai-nilai data yang mana saja yang akan ditampilkan.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

3. VLOOKUP & HLOOKUP

Selanjutnya yang biasanya digunakan oleh Data Scientist dalam melakukan pengolahan data yakni menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP. Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Excel akan membaca tabel referensi di mana dua atau lebih tabel memiliki data yang terhubung satu sama lain. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(Nilai atau data data yang ingin Anda temukan; rentang cell yang ingin ditemukan nilainya; nomor kolom yang akan mengembalikan nilai yang cocok;FALSE/TRUE). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num, [range_lookup]).

4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis: Reyvan Maulid Pradistya

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!