Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Belajar Excel Bagi Pemula Untuk Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d8a5e7f2c2e3ba835b0ca4c56cb96fdd_x_Thumbnail800.jpeg

Pada Excel terdapat ratusan fungsi dan Data Analyst biasanya menggunakan fungsi-fungsi ini untuk melakukan analisis data. Untuk menjadi Data Analyst, kita perlu belajar menggunakan Excel beserta cara mengoperasikannya dengan cepat dan mudah. Sama seperti mempelajari rumus matematika, pastinya kita akan mempelajari tentang penjumlahan, pengurangan perkalian dan pembagian.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tips bagaimana cara belajar Excel dengan cepat di mulai dari yang paling dasar khususnya bagi pemula. Setelah kamu menguasai hal-hal dasar tentang Excel, kamu bisa mengembangkannya lebih jauh lagi. Yuk intip bersama, hal-hal dasar apa saja yang dapat kamu pelajari saat belajar Excel tentunya yang mudah bagi pemula bersama DQLab! Simak artikel berikut ini ya!

 

1. Pengertian Excel

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, aplikasi ini berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Excel merupakan aplikasi pengolah data dengan menggunakan tabel atau biasa dikenal dengan nama spreadsheet.


 

Pada gambar diatas, ada 3 hal yang bisa kamu pelajari. Pertama, misalkan dari kiri ke kanan layar atau sebaliknya (Horizontal), hal tersebut dinamakan baris. Baris di Excel diwakilkan dengan angka yang berurutan dari 1 dan seterusnya. Kedua, dari atas ke bawah layar atau sebaliknya (Vertikal), hal tersebut dinamakan Kolom. Kolom di Excel diwakilkan dengan huruf yang berurutan dari huruf A dan seterusnya. Jika kamu mengklik ruang kosong di halamannya, hal tersebut dinamakan Sel. Sel di Excel diwakilkan dengan kombinasi kolom dan baris seperti A1, B2, D10, dan lain-lain. Jika D10, maka sel tersebut berada di kolom D dan pada baris 10.

 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja 


2. Perhitungan Dasar

Excel dirancang untung memproses data dalam bentuk digital, dan kamu dapat menambahkan, mengubah, dan memanipulasinya sesuai kebutuhan. Mempelajari cara berhitung di Excel adalah langkah pertama untuk memahami keseluruhan konsep. Di Excel, dalam menghitung angka dan memproses data memiliki istilah lain, yaitu penggunaan "fungsi". Suatu fungsi juga dikatakan sebagai "rumus", sehingga bilangan yang diperoleh sesuai dengan yang kita inginkan. Langkah pertama untuk membuat fungsi adalah, klik kotak di Excel dan ketik simbol "=".

Berikut simbol/operator yang bisa kamu gunakan untuk perhitungan dasar di Excel:

  • "+" Untuk melakukan operasi pertambahan.
  • "-" Untuk melakukan operasi pengurangan.
  • "*" (Tanda bintang/SHIFT + 8) Untuk melakukan operasi perkalian.
  • "/" (Garis miring) Untuk melakukan pembagian.

 

3. Membuat Tabel

Membuat tabel juga merupakan bagian dari cara belajar excel untuk pemula, karena dengan menggunakan tabel maka data dapat diorganisir secara lebih mudah. Jika hanya dengan menuliskan angka angka di dalam excel itu belumlah cukup, karena kamu juga perlu untuk memformatnya menjadi bentuk tabel. Caranya adalah dengan memblok dahulu data tabelnya. Kemudian akan ada tombol tambahan di pojok kanan bawah tabel yang telah di blok, dan klik bagian Tables dan klik Table. Dengan data yang sudah menggunakan format tabel, kamu bisa membuat tabel tentang beberapa hal sesuai dengan keinginanmu.

 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Tips Short Cut untuk Implementasi Excel

DQLab akan bocorkan sedikit tips short cut untuk penggunaan Excel. Tipsnya cukup membantu kamu lho pada saat proses pengolahan data yang dikelola dapat lebih mudah, dan singkat. Yuk coba juga sekarang!

  • CTRL + C : Untuk menyalin/copy suatu informasi yang ada di dalam sel.
  • CTRL + V : Untuk menempel/paste suatu informasi yang ada di dalam sel.
  • CTRL + 9 : Menyembunyikan baris yang sudah dipilih sebelumnya.
  • CTRL + 0 : Menyembunyikan kolom yang sudah dipilih sebelumnya.
  • CTRL + Z : Untuk mundur ke satu step yang sebelumnya dilakukan.
  • CTRL + O : Untuk membuka file yang telah dibuat sebelumnya.
  • CTRL + N : Untuk membuat file baru.

Mengapa penting menguasai short cut pada excel? Pertama kamu akan lebih cepat dalam proses mengerjakan suatu hal. Kedua, tidak memakan banyak waktu, proses mengolah data dapat lebih efisien. Yang terakhir adalah, tidak kebingungan untuk mencari sebuah tools.

4. Ingin Belajar Excel Juga? Nantikan Kejutan DQLab 4 Hari Lagi     

Bagaimana, sudah siap mulai bangun kompetensimu melalui Excel? Setelah memahami pembahasannya, kamu bisa mulai mempraktekkannya menggunakan data yang kamu miliki. Excel menjadi salah satu skill wajib yang dibutuhkan perusahaan jika mulai berkarir sebagai praktisi data.

Ingin belajar sekaligus mengasah kemampuan Excel? Daftar diri kamu di DQLab.id dan nantikan kejutan menarik dari DQLab untuk bangun kompetensi Excel lebih dalam lagi!




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!