PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 6 Jam 23 Menit 52 Detik

Belajar Excel dengan Fungsi IS

Belajar Data Science di Rumah 25-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/00defe35e55dd4e7a070a36e0b441fc3_x_Thumbnail800.png

Microsoft Excel menyediakan banyak sekali fungsi yang bisa kalian gunakan untuk pengolahan data. Namun, tahukah kalian sahabat data bahwa dengan beragamnya fungsi yang ditawarkan ada beberapa fungsi excel yang jarang digunakan nih. Fungsi informasi merupakan salah satu dari sekian fungsi yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Bagi kalian yang ingin berkarir di bidang data, fungsi informasi sangat penting untuk menunjang dan upgrade skill Excel kamu. Terlebih, bagi kalian seorang pemula data yang sedang menekuni dunia data dan mempelajari fungsi-fungsi excel, fungsi ini adalah pilihan yang tepat. Di dalam kelompok fungsi informasi (Information) terdapat dua belas (12) fungsi yang ditawarkan. Fungsi tersebut yaitu ISBLANK, ISFORMULA, ISREF, ISLOGICAL, ISNA, ISERR, ISERROR, ISTEXT, ISNONTEXT, ISNUMBER, ISEVEN DAN ISODD. Keduabelas jenis fungsi ini tentunya bermanfaat bagi kalian untuk mempermudah pengolahan data agar mendapatkan hasil yang akurat. Pada dasarnya, 12 fungsi IS ini masih kerabat dekat dengan fungsi IF. Hal ini disebabkan masing-masing fungsi informasi menghasilkan nilai logika. Nilai logika yang digunakan dalam fungsi informasi menghasilkan nilai "TRUE" atau "FALSE". 


Keberadaan 12 fungsi IS pada Microsoft Excel mungkin jarang dipakai, namun dalam kondisi tertentu fungsi-fungsi ini akan sangat berguna jika kita perlu memeriksa sebuah nilai terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan tertentu dengan rumus-rumus excel. Misalnya kita perlu memeriksa apakah sebuah nilai bertipe angka sebelum melakukan penjumlahan dan akan menghasilkan teks "Ini bukan angka" jika nilai tadi bukan bertipe angka. Tentunya untuk melakukan hal ini perlu kita gabung dengan fungsi IF Excel. Masing-masing fungsi IS Excel ini berfungsi untuk melakukan pemeriksaan terhadap sebuah nilai berdasarkan kriteria tertentu sesuai kekhususan masing-masing fungsi dan menghasilkan nilai TRUE or FALSE. Pada artikel kali ini, DQLab akan mengupas tentang salah satu fungsi yang jarang diketahui yaitu fungsi IS. Melalui penggunaan fungsi ini, tentunya akan mempermudah pengguna dalam pengolahan data. Bagi kalian pemula data maupun beginner, jangan lupa pantengin. Pastikan kalian simak artikelnya dan baca selengkapnya sampai habis ya! 


1.Fungsi ISBLANK

Fungsi ISBLANK berfungsi untuk memeriksa apakah sebuah rujukan sel berupa sel kosong atau tidak. Fungsi ini akan menghasilkan nilai TRUE jika sel yang kita rujuk berupa sel kosong. Cara menggunakan fungsi ISBLANK adalah sebagai berikut :

ISBLANK (Value)

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi ISBLANK


Pada gambar contoh diatas fungsi ISBLANK memeriksa sel B2. Karena B2 berupa sel kosong maka hasil fungsi ISBLANK adalah TRUE sehingga hasilnya benar dan memenuhi logika TRUE


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2.Fungsi ISFORMULA

Fungsi ISFORMULA memeriksa sebuah sel berisi rumus excel atau formula apa bukan. Jika sel yang direferensikan berupa Formula atau rumus Excel maka akan menghasilkan nilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika bukan formula Excel.Cara menggunakan fungsi ISFORMULA dalam rumus excel sebagai berikut :

ISFORMULA(reference)

Berikut adalah penggunaan fungsi ISFORMULA:


Pada contoh gambar diatas ISFORMULA memeriksa sel B3 (=2+2) dan menghasilkan nilai TRUE sebab =2+2 merupakan sebuah formula atau rumus excel. Sebagai catatan bahwa fungsi ini akan menghasilkan pesan error #VALUE! jika referensi yang diperiksa bukan berupa tipe data yang valid misalnya sebuah defined name.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


3.Fungsi ISREF

Fungsi ISREF digunakan untuk mengecek apakah sebuah nilai yang diberikan berupa bentuk referensi yang valid atau tidak. Fungsi ISREF menghasilkan nilai TRUE jika nilai yang direferensikan berupa referensi yang valid dan FALSE jika sebaliknya.Cara menggunakan fungsi ISREF pada rumus excel adalah:

ISREF (Value)

Berikut adalah penggunaan fungsi ISREF:


Teks A2 merupakan sebuah referensi sedangkan A2B2 bukan merupakan referensi, makanya untuk kasus pertama fungsi ISREF menghasilkan nilai TRUE


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Reyvan Maulid

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login