FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 32 Menit 36 Detik 

Belajar Excel, Kenali Pengertian, Manfaat, Serta Cara Membuat Tablenya

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a8c6bcd0ebea37dbbc11fe47fcd14efb_x_Thumbnail800.png

Hayo siapa yang belum kenal Excel? Excel merupakan salah satu software yang banyak digunakan dalam pekerjaan. Tidak hanya praktisi data, pekerjaan lainnya pun membutuhkan Excel. Ada banyak fungsi, rumus, serta menu dan submenu yang ada di Excel, mulai untuk membuat tampilan data menjadi lebih rapi untuk disajikan, membuat data dalam bentuk tabel, melakukan visualisasi data, hingga melakukan analisis lanjutan. Software ini terbilang sangat powerfull untuk melakukan banyak hal.


Membuat data dalam bentuk tabel memang sering digunakan, selain agar tampilannya menjadi lebih rapi, tabel juga dapat membuat kita lebih mudah untuk mengerti akan data yang akan disajikan ataupun dianalisis. Excel merupakan salah satu software yang less coding, sehingga proses pembuatan tabel atau hal lainnya hanya perlu menggunakan klik saja. Nah, untuk mengenal tentang tabel di Excel lebih jauh, baca terus sampai akhir ya karena disini akan dijelaskan pengertian, manfaat, hingga cara membuatnya. Yuk, check this out!


1. Pengertian Tabel

Tabel merupakan ringkasan data atau kumpulan informasi yang saling terkait, dimana disajikan dalam bentuk kolom dan baris sehingga lebih mudah dimengerti. Data ini dapat berbentuk data angka maupun data tulisan. Jika kamu berpikir bahwa ketika menginputkan data di Excel sudah langsung menjadi tabel, mungkin sekarang saatnya kamu mengetahui yang sebenarnya. Faktanya data mu tidak akan berada di format tabel jika kamu tidak menggunakan fitur Excel Data Table secara spesifik.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Manfaat Table Excel

Mengapa kita harus repot-repot mengubah data Excel yang telah ada sebelumnya ke dalam format Excel? Tentu saja pasti ada manfaat yang akan kamu rasakan, misalnya:

  • Menerapkan berbagai macam desain tabel sesuai yang kita inginkan

  • Kita bisa memberikan nama pada tabel sehingga lebih mudah jika harus digunakan dalam rumus

  • Ketika menambah baris, desainnya akan disesuaikan secara otomatis sehingga kita tidak perlu mengaturnya kembali.

  • Dapat menambah filter dan juga subtotal secara otomatis

    3. Membuat Table dengan Menu Insert Table

    Membuat tabel dapat dilakukan dengan dua cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan menu Insert Table. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah:

    • Select cell yang akan dibuat kolom

    • Klik Menu Insert, kemudian di group Tables, pilih Table.


    • Kemudian akan muncul kotak dialog Create Table, pastikan range data yang akan dijadikan tabel sudah benar. Jika tabelmu ingin dibuat memiliki header, kamu bisa centang di bagian My table has headers, lalu klik OK. 

    • Setelah itu, tabel yang kamu buat telah siap digunakan

      4. Membuat Table dengan Menu Format as Table

      Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan menu Format as Table. Caranya adalah:

      • Select cell yang akan dibuat kolom


      • Di menu Home, lihat di group Styles, kemudian pilih Format as Table


      • Pilih bentuk tabel yang ingin digunakan


      • Kemudian setelah muncul kotak dialog Create Table, pastikan range nya sudah sesuai dan centang di My Table has headers jika tabel tersebut memiliki header. 


      • Setelah mengklik OK, maka hasilnya akan tampil.

      Gimana? Gampang banget kan membuat tabel dengan Excel?


      Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


      5. Tertarik Belajar Excel? Di DQLab Aja, Yuk!

      Selain belajar bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh praktisi data seperti R, Python, dan SQL, kamu juga bisa belajar Excel di DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup membeli modul Platinum Excel yang telah disediakan. Bedanya dengan modul premium yang harus terus berlangganan, modul platinum cukup dibeli satu kali saja dan kamu akan bisa mengaksesnya secara terus menerus tanpa waktu yang terbatas. Modul ini juga cocok untuk kamu yang masih pemula hingga kamu yang ada di level medium. Tunggu apalagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


      Penulisnya: Gifa Delyani Nursyafitri



      Mulai Belajar
      Data Science Sekarang
      Bersama DQLab

      Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
      Kecilmu Mengenal Data Science.

      Buat Akun Gratis Dengan :

      https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

      https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

      Atau Buat Dengan :