IT'S PAYDAY! Yuk Mulai Belajar Data Bersama DQLab dengan Paket Premium Selama 6 Bulan hanya Rp 139,000.  DAFTAR

Pakai Kode: DQPAYNOV. Berakhir 2 Days 14 Jam : 34 Menit : 20 Detik

Belajar Excel : Mengenal Fitur Chart, Solusi Cepat Tentang Cara untuk Pembuatan Grafik

Belajar Data Science di Rumah 25-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6c290152561b29cc011783c6db6f4391_x_Thumbnail800.png

Data Analyst dan Data Scientist tidak melulu soal mengolah data, menganalisis data-data yang kemudian dibuatkan pemodelan machine learning agar dapat terbentuk suatu algoritma yang akan digunakan untuk melakukan prediksi dan penarikan kesimpulan. Tetapi, kamu jangan lupa bahwa untuk berkarir di kedua profesi tersebut ada skillset lain yang penting dan wajib dikuasai yaitu, visualisasi data. Di Python dan R untuk memvisualisasikan data biasanya berupa grafik atau plot dengan beberapa langkah yang cukup rumit. Tapi, jangan khawatir karena ada cara buat grafik di excel dan yang pasti tidak serumit memvisualisasikan data dengan menggunakan Python ataupun R dan yang pasti ini akan sangat cocok dipelajari terutama bagi pemula.


Microsoft Excel memang salah satu software pengolahan data angka yang sangat powerfull, selain dapat digunakan untuk melakukan pengolahan dan analisis data dengan menggunakan fungsi dan rumus-rumus Excel tapi, juga memiliki fitur untuk menampilkan grafik atau chart seperti line chart, pie chart, bar chart, radar, area dan masih banyak lagi. Microsoft Excel juga dapat memudahkan pembuatan grafik dengan menggunakan pivot chart. Lantas bagaimanakah cara membuat grafik dengan Excel menggunakan fitur chart ? Mari kita simak artikel dibawah ini!


1. Mengenal Tipe Grafik di Microsoft Excel

Slogan tak kenal maka tak sayang mungkin tepat untuk poin pertama yang akan kita bahas. Jadi, sebelum kita membahas tentang bagaimana membuat grafik mari terlebih dahulu pahami apa itu grafik dan mengapa penting untuk dipelajari ? Grafik adalah salah satu media untuk menuangkan konsep maupun ide kepada audience, biasanya berupa pengkombinasian antara angka, huruf, simbol ataupun gambar. Dengan adanya grafik kamu dapat lebih mudah menjelaskan sekumpulan data kamu dengan singkat, jelas dan lebih menarik. Selain itu, mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja tipe-tipe atau model grafik di Microsoft Excel yang dapat kita gunakan antara lain: column chart, line chart, pie chart, area chart, scatter chart, stock chart, surface chart, doughnut chart, bubble chart, dan radar chart. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Membuat Grafik dengan Excel

Sebelum membuat grafik dengan excel, terlebih dahulu kita membuat data yang akan kita gunakan. Setelah itu, adapun langkah-langkah untuk membuat grafik dengan excel antara lain sebagai berikut: 

  • Klik menu toolbar 'Insert', lalu pilih Charts atau grafik yang diinginkan.

  • Pilih dan klik model grafik yang dibutuhkan.

  • Setiap jenis grafik memiliki beberapa jenis model, pilih sesuai kebutuhan data dan selera.

  • Grafik akan muncul secara otomatis di lembar kerja Excel.

  • Klik menu 'Design' untuk memberikan perubahan pada warna grafik dan sebagainya.

 

3. Mengedit Grafik

Apabila grafik kamu telah terbentuk, kamu juga bisa mengedit grafik tersebut agar lebih menarik. Langkah pertama klik kiri pada grafik yang kamu buat. Kemudian di toolbar excel akan muncul bermacam-macam chart. Di bawah chart tersebut terdapat dua menu yaitu menu design dan menu format. Dengan menggunakan menu design kamu dapat gunakan untuk mengedit design grafik. Kamu bisa menambahkan atau menghapus elemen pada grafik seperti judul, label, legenda, mengubah tata letak atau gaya grafik, dan mengubah jenis grafik. Sedangkan untuk menu format dapat kamu gunakan untuk mengubah jenis grafik. Caranya cukup mudah, kamu cukup klik kiri pada grafik, lalu di sisi kanan grafik akan muncul chart elements, chart styles, dan chart filters. Fitur ini dapat memfilter hasil yang akan ditampilkan pada grafik.


4. Kelebihan Microsoft Excel untuk Membuat Grafik 

Membuat grafik dengan microsoft excel sangat cocok digunakan terutama jika kamu kebetulan adalah seorang pemula yang baru ingin memulai belajar untuk memvisualisasikan data tanpa perlu menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti python dan R. Dengan menggunakan fitur chart pada excel jauh lebih praktis, dan tentunya lebih menghemat waktu ketimbang kamu harus memulai belajar memvisualisasikan data menggunakan bahasa pemrograman python ataupun R. Karena untuk memvisualisasikan data menggunakan kedua bahasa pemrograman tersebut, kamu perlu memahami fundamental dari bahasa python mulai dari library yang akan kamu gunakan untuk data visualization seperti matplotlib.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Kepoin Modul Belajar Excel Lengkap dari Nol Hingga Advanced di DQLab

Untuk berkarir sebagai data scientist salah satu teknikal skill yang perlu dikuasai adalah excel. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar data analyst dan data scientist dengan memulainya dari materi excel. Tetapi, tidak punya waktu untuk pergi ke lembaga kursus dan memilih untuk belajar otodidak, dan malah overdosis informasi? Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita




Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!