Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Belajar Excel Ramah Pemula Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a4faab0b9f8eee546ab1e5c5d3a4b920_x_Thumbnail800.jpg

Setiap individu pasti ingin mengerjakan suatu hal dengan lebih efisien, cepat, dan tertata. Terutama bagi orang-orang yang bekerja di bidang yang tugasnya harus mengolah data. Seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer dan lain sebagainya. Saat ini, banyak sekali aplikasi yang membantu kebutuhan tersebut, salah satunya adalah Microsoft Excel.


Excel merupakan aplikasi software pengolah data yang di dalamnya tersedia komponen-komponen, seperti lembar kerja atau spreadsheet, rumus fungsi, tabel, grafik, dan lainnya. Excel memiliki antarmuka yang user friendly sehingga memudahkan kamu dalam penggunaanya. Rasanya tak heran, jika Excel bisa kamu masukan ke daftar urutan pertama untuk belajar menguasai skill Data Science.


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tips bagaimana cara belajar Excel dengan cepat dimulai dari yang paling dasar khususnya bagi pemula. Jika kamu adalah seorang yang berasal dari non IT, tenang saja jangan khawatir karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Setelah kamu menguasai hal-hal dasar tentang Excel, kamu bisa mengembangkannya lebih jauh lagi.


Yuk intip bersama, Bagaimana tips cara belajar Excel yang mudah bagi pemula bersama DQLab!

 

1. Mengenal Rumus Dasar Microsoft Excel

Sebelum jauh mempelajari fungsi-fungsi Excel yang rumit, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu fungsi dasar Excel yang sering digunakan dalam mengolah data numerik. Ketika ingin mempelajari Excel, alangkah lebih baik jika kita mengenal rumus-rumus dasar terlebih dahulu. Seperti rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Excel


  • Penjumlahan (SUM), fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data-data di cell. Fungsi SUM bisa digunakan untuk menambahkan data per cell, data dalam satu range, maupun data dalam beberapa range sekaligus. Cara pemakaian rumus adalah dengan =SUM(cell pertama : cell terakhir).

  • Nilai Terbesar (MAX), lanjut, Kamu dapat menggunakan MAX yang dapat memungkinkan Kamu mencari nilai terbesar dalam data. Rumus untuk menggunakan MIN adalah =MAX(nilai pertama yang ingin ditampilkan:nilai akhir yang ingin ditampilkan).

  • Nilai Terkecil (MIN),kamu dapat menggunakan MIN yang dapat memungkinkan Kamu mencari nilai terkecil dalam data. Rumus untuk menggunakan MIN adalah =MIN(nilai pertama yang ingin ditampilkan:nilai akhir yang ingin ditampilkan).

  • Rata-rata (Average), rumus Excel ini digunakan ketika akan melakukan perhitungan data di bagian belakang layar dan digunakan untuk mencari angka rata-rata pada sekumpulan data. Tentunya dengan rumus ini kamu dapat melakukan pembagian secara cepat dan benar. Cara pemakaianya adalah =Average(cell pertama ; cell akhir).


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja 


2. Mengotak-Atik Rumus Excel

Rumus Microsoft Excel dikenal unik dan menarik untuk dipelajari. Biasanya rumus pada Microsoft Excel tidak berdiri sendiri, masih ada rentetan fungsi lainnya. Untuk bisa menggabungkan banyak rumus, kamu perlu memahami rumus dasar lainnya. 

Excel


Excel bukanlah materi yang bisa dikuasai hanya dengan membaca buku. Secara teori oke, belum tentu dalam prakteknya juga oke kan? Oleh karena itu, teori dan praktik harus seimbang supaya saat kita harus menggunakan excel secara langsung, kita sudah tidak bingung karena sudah terbiasa praktik menggunakan data.


Semakin sering mengutak-atik rumus, kamu akan merasa mudah dan tidak membutuhkan waktu lama dalam menyelesaikan data di Excel.


3. Mengikuti Pelatihan Excel

Pelatihan Excel dapat membantu bagi sahabat DQ yang sekarang ini sudah memasuki fase mencari kerja. Pelatihan Excel membawa kalian menuju profesi idaman di bidang data maupun non-data. Apapun itu profesinya pastinya membutuhkan Excel untuk melakukan pekerjaan sehari-hari baik yang sifatnya teknis maupun non-teknis. 


Excel


Sekarang ini, tersedia banyak sekali pelatihan Excel dalam berbagai macam. Mulai dari pelatihan Excel secara online, bootcamp, sumber pembelajaran yang memadai dengan menggunakan video, bahan bacaan, artikel-artikel maupun informasi lainnya. 


Dengan adanya pelatihan Excel ini juga, peserta akan banyak mendapatkan pengalaman yang lebih sekaligus bisa menyusun portfolionya sehingga mereka benar-benar menguasai Excel ini.


Banyak kursus yang menyediakan sertifikat tiap kali kamu menyelesaikan modul atau materi, salah satu contoh adalah DQLab. DQLab sendiri merupakan platform online untuk kamu yang ingin belajar serta memulai karir di bidang data. Dengan mengikuti pelatihan Excel di DQLab, kamu akan mendapatkan kompetensi fundamental yang dibutuhkan.


4. Berlatih Terus Dan Bersabar

Belajar rumus di Excel tidak serta merta sekali saja. Perlu belajar terus menerus dan konsisten. Setelah mengotak-atik rumus dan mengikuti pelatihan Microsoft Excel dengan banyak latihan, kamu akan lebih mudah mengetahui fungsi masing-masing dari rumus Excel. 

Excel


Self-control adalah kunci untuk bisa tetap konsisten. Langkah untuk konsisten yang pertama adalah harus membuat komitmen yang spesifik dan konkret, lalu komitmen kamu harus terukur dan bisa diuraikan ke sub aktivitas yang lebih kecil.


Kemudian kamu harus membuat target yang wajar untuk dicapai dalam jangka pendek misalnya seperti dalam seminggu kamu harus menguasai tentang materi Data Cleaning with Excel, setelah kamu menentukan target jangka pendek kau dapat melakukan evaluasi sesuai waktu yang kamu perlukan.

 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self-learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill Data Science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti Excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus Data Science online bersama DQLab! Sign Up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login