TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 0 Jam 37 Menit 43 Detik

Belajar Intensif Seru Bersama Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 17-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-03-2024-01-17-125042_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital seperti sekarang media belajar untuk menjadi data analyst sangatlah beragam dan mudah diakses. Salah satu tren belajar yang kini banyak diikuti adalah bootcamp. Metode satu ini tidak hanya praktis, tapi juga menawarkan berbagai keunggulan lainnya yang membedakan dengan metode belajar lainnya. Tertarik untuk mengikuti bootcamp data analyst? Cari tahu kelebihannya dulu di pembahasan berikut!


1. Sistem Belajar Intensif

Data Analyst

Dalam periode yang relatif singkat, seringkali beberapa minggu hingga beberapa bulan, bootcamp menawarkan program yang dirancang untuk mempelajari aspek-aspek penting dan praktis dari analisis data. Hal ini memungkinkan peserta untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dengan cara yang sangat efisien.


Kurikulumnya biasanya mencakup berbagai topik mulai dari pemrograman statistik, penggunaan alat analitik seperti Python atau R, hingga teknik visualisasi data. Pendekatan yang intensif ini sangat berguna bagi kalian yang ingin menjadi data analyst dengan cepat atau upgrade keterampilan sesuai dengan tren dan kebutuhan industri terkini.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kurikulum Relevan dengan Kebutuhan Industri

Data Analyst

Bootcamp cenderung memfokuskan isi kursusnya pada keterampilan dan teknologi yang paling diminati di pasar kerja saat ini. Artinya, peserta bootcamp tidak hanya belajar teori dasar analisis data, tetapi juga mendapatkan pengetahuan yang aplikatif tentang tools dan teknologi terbaru yang digunakan di industri, seperti pemrograman Python untuk analisis data, SQL untuk manajemen database, serta teknik canggih dalam machine learning dan big data.


Kurikulum ini sering kali disusun dan terkadang bahkan diajarkan oleh para profesional industri yang aktif. Sehingga dapat dipastikan materi yang diajarkan tidak hanya terkini tetapi juga langsung relevan dengan tantangan dan kebutuhan nyata di tempat kerja. Selain mengajarkan keterampilan teknis, kurikulum bootcamp seringkali juga mencakup aspek penting lainnya seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan komunikasi data.


Dengan demikian, lulusan bootcamp tidak hanya dibekali dengan kemampuan teknis, tetapi juga keterampilan interpersonal dan presentasi. Kurikulum yang selaras dengan kebutuhan industri ini memastikan bahwa lulusan bootcamp siap untuk langsung berkontribusi sebagai data analyst.


3. Adanya Kesempatan Karir

Artificial Intelligence

Salah satu keuntungan utama yang ditawarkan oleh bootcamp data analyst adalah dukungan yang mereka berikan dalam hal kesempatan karir. Banyak bootcamp membangun kemitraan dengan perusahaan-perusahaan di industri terkait, memberikan jalan bagi lulusannya untuk mengakses peluang kerja yang lebih baik. Hal ini sering kali termasuk penyelenggaraan acara jaringan, job fairs khusus, atau bahkan program penempatan kerja.


Selain itu, banyak bootcamp menawarkan layanan bantuan karir, yang meliputi pelatihan dalam penulisan resume, pengembangan profil LinkedIn, dan persiapan untuk wawancara kerja. Bantuan ini sangat berharga, terutama bagi kalian yang baru memasuki dunia kerja atau ingin melakukan transisi karir. Di samping itu, bootcamp juga memberikan pelatihan soft skill, meliputi komunikasi, kerjasama tim, dan pemecahan masalah. Kemampuan-kemampuan ini sangat penting dalam dunia kerja dan sangat dicari oleh recruiter.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Adanya Akses Jaringan Profesional

Artificial Intelligence

Jaringan ini biasanya mencakup para profesional dan ahli di bidang analisis data, termasuk alumni bootcamp yang telah berhasil dalam karir. Melalui interaksi dengan jaringan ini, peserta bootcamp mendapat kesempatan untuk membangun hubungan profesional, yang bisa sangat berharga dalam membuka peluang kerja dan kolaborasi di masa depan.


Selain itu, jaringan ini seringkali menjadi sumber informasi tentang tren industri terkini, berbagi peluang kerja, dan memberikan informasi tentang dunia kerja yang sesungguhnya. Peserta bootcamp juga seringkali mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara networking, webinar, dan sesi pembicara tamu, yang semuanya membantu kalian memperluas wawasan dan memperkuat koneksi profesional.


Bagi kalian yang bingung mencari bootcamp yang terbaik, DQLab adalah salah satu platform belajar yang tepat. DQLab memiliki fasilitas Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya. Program ini memberikan beragam manfaat seperti bonus kelas persiapan untuk mengetahui pemahaman awal peserta, bimbingan belajar dan konsultasi intensif, materi dan video yang dapat dipelajari selamanya, dan komunitas yang suportif.


Menariknya, bootcamp ini terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

  • Bootcamp Data Analyst with Excel


Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

Bootcamp Data Analyst with Python & SQL akan mengasah kemampuan Sahabat DQ dalam mengaplikasikan bahasa pemrograman Python dan SQL dalam persiapan karir sebagai Data Analyst. Beberapa materinya yaitu memahami coding dasar dengan Python secara bertahap, melakukan pengolahan data dengan SQL untuk pengambilan data, pengurutan, penyaringan, sampai penggabungan data, pengolahan data dasar dengan Python, dan masih banyak lagi.


Bootcamp Data Analyst with Excel

Program bootcamp lainnya yang disediakan DQLab adalah Bootcamp Data Analyst with Excel. Pada bootcamp ini Sahabat DQ akan mempelajari analisis data dan reporting menggunakan Excel. Kebanyakan dari pengguna Excel tidak menyadari fungsi-fungsi Excel sangat membantu pada proses analisis data.


Di sini, kalian akan lebih mahir menggunakan Excel untuk kebutuhan laporan. Beberapa materi yang diberikan yaitu menggunakan fitur formatting, filter, dan sorting, hingga menghasilkan chart sederhana pada Excel, menerapkan Data Storytelling & Visualisasi, melakukan analisa hasil eksplorasi data yang telah diolah dengan teknik yang tepat, dan masih banyak lainnya. 


Yuk, tunggu apalagi segera Sign Up dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python, untuk nikmati proses pembelajaran intensif dengan para ahli di bidangnya! Persiapkan diri kalian untuk menjadi seorang Data Analyst yang mahir bersama DQLab.


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :