MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 30 Menit : 15 Detik

Belajar Machine Learning dalam Dunia Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/577ffc36041f1d7ff5d7777c42443705_x_Thumbnail800.jpg

Semakin hari perkembangan teknologi semakin berkembang dengan cepat. Machine Learning merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang berperan besar di dalamnya. Kini hampir semua orang menggunakan produk yang dihasilkan dengan penerapan Machine Learning. Data Science dan Machine Learning adalah dua ilmu yang saling berhubungan dan dapat diaplikasikan di berbagai jenis bidang. Diantaranya bidang kesehatan, bisnis, perbankan maupun pemerintah menggunakan algoritma Machine Learning dan Data Science guna mengambil manfaat yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan setiap bidang data memiliki data dan dapat memanfaatkan data tersebut. Machine Learning akan melatih algoritma dan menghasilkan model dari Machine Learning itu sendiri, dan model tersebut akan digunakan dalam pengambilan keputusan kedepannya.

Jika kamu adalah seorang yang berasal dari non IT, tenang saja jangan khawatir karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya Machine Learning dan Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Oleh karena itu, DQLab akan berbagi ilmu tentang penerapan algoritma Machine Learning yang mungkin secara tidak sadar sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Yuk, simak terus penjelasan dalam artikel ini!

 

1. Custom Machine Learning Models

Setiap bisnis dalam perusahaan memiliki tujuan yang berbeda-beda, sehingga setiap bisnis tersebut memerlukan model machine learning yang mampu mengerjakan pekerjaan yang telah dispesifikasi secara khusus. Berbagai jenis model machine learning telah dirancang sampai saat ini, salah satunya adalah model yang dipakai oleh AstraZeneca, sebuah organisasi yang maju dalam bidang perobatan. AstraZeneca bekerja sama dengan sebuah startup biofarma untuk mengembangkan biomarker dan obat penyakit saraf. AstraZeneca memanfaatkan model machine learning untuk mengklasifikasi bahan-bahan obat untuk menemukan jenis obat baru yang aman dikonsumsi manusia dan efektif menyembuhkan penyakit tertentu.

Kemudian contoh lainnya dari anak perusahaan Roche, Genentech yang berkolaborasi dengan GNS Healthcare untuk menganalisis terapi onkologi. Genentech menggunakan machine learning untuk melakukan modeling berdasarkan data dari pasien kanker yang berguna untuk mengembangkan metode terapi baru untuk pengobatan kanker.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

 

2. Virtual Personal Assistant / Chatbot

Apakah kamu pernah menggunakan Assistant pada smartphone dengan menggunakan suaramu? Maka kamu sudah menerapkan langsung salah satu penggunaan machine learning. Teknologi machine learning telah menciptakan virtual personal assistant seperti Siri, Cortana, dan Alexa. Teknologi yang akan memproses suara kita dan dapat mengerti apa yang kita katakan, pertanyaan-pertanyaan kita hingga memberikan jawaban yang relevan, dan juga melakukan beberapa hal dengan cepat.  Selain itu, teknologi yang serupa disebut juga chatbot, digunakan dalam beberapa bisnis dengan tujuan mendapatkan wawasan konsumen yang dapat dijadikan strategi marketing tingkat personal.

 

3. Recommendation Search Pada Google

Berikut ini merupakan model machine learning yang paling banyak diterapkan. Mesin Pencari Google. Siapa yang tidak mengenal mesin pintar ini? saat kamu mengetik sesuatu di dalam kolom search Google, maka Google akan memunculkan rekomendasi dari hal yang sedang kamu cari. Tetapi tidak hanya mesin pencari Google saja, penerapan recommendation search ini juga sering ditemukan di media sosial saat kita sedang mencari seseorang atau saat sedang mencari produk di salah satu e-commerce. Oleh karena itu, teknologi machine learning ini sangatlah membantu kehidupan kita terutama dalam dunia bisnis.

 

Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

4. Yuk Mulai Belajar Membuat Model Machine Learning Bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!