MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 21 Menit : 39 Detik

Belajar Machine Learning Python, Yuk Bangun Portofolio Datamu Sekarang!

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/95186452c85ec7d7b83f67edb4e2175f_x_Thumbnail800.jpg

Hasil belajar machine learning python banyak sekali menghasilkan tools yang membantu dalam kemudahan interaksi bahkan mempersingkat kerja manusia. Pola interaksi machine to machine sudah banyak diterapkan dalam segala aspek industri, salah satunya industri bisnis. Hal ini merupakan salah satu dampak dari revolusi industri 4.0 yang saat ini sangat masif diterapkan di seluruh dunia.


Kemudahan ini tentu saja mengharuskan kita mengupgrade keilmuan dalam segala aspek. Dalam aspek industri, penerapan machine learning sangat mempermudah berbagai jenis kebutuhan seperti keuangan, proyeksi growth revenue, bahkan hingga aspek rekomendasi yang diberikan kepada penjual dan pembeli melalui system recommender, serta implementasi machine learning juga dapat mengatasi masalah stok persediaan yang sisa dalam gudang. 


Yuk, bersama DQLab Awali Belajar Machine Learning Python dengan mengenali implementasinya sekarang !


1. Search Engine : Hasilkan Pencarian Data Dinamis dan Berkualitas

Ternyata, machine learning juga diterapkan untuk melakukan pencarian yang dinamis bahkan berkualitas. Proses ini disebabkan karena mesin pencari menerapkan machine learning dalam melakukan pemeringkatan terhadap website atau halaman yang dicari oleh para pengguna mesin pencari. Namun setiap implementasinya, developer banyak menggunakan algoritma yang berbeda beda. Hasil yang ditampilkan untuk memunculkan kata kunci yang dikehendaki adalah dengan memunculkan hasil pencarian yang mendekati kata kunci yang dicari. 


Proses pemeringkatan dilakukan dengan perhitungan lama waktu yang dihabiskan untuk menjelajahi suatu halaman tertentu. Sehingga mesin pencari akan melakukan deteksi terhadap kata kunci yang ditujukan kepada alamat web tersebut. Sehingga ketika data terkumpul maka mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang berkualitas dan dinamis. 

Baca Juga : Belajar Data Science Otodidak Rumah Aja Bersama DQLab

2. Recommender System

Youtube sebagai platform yang cukup besar dapat membantu kamu mendapatkan rekomendasi konten yang serupa dengan konten yang sering kamu lihat. Proses ini menggunakan penggabungan metadata, kemudian, perhitungan terhadap seberapa banyak persamaan setiap konten dan diurutkan dari persamaan yang paling tinggi ke yang paling rendah kemudian direkomendasikan ke pengguna Youtube.

Implementasi python pada studi kasus ini menggunakan algoritma clustering untuk memberikan sebuah rekomendasi. Recommender System dapat digunakan untuk mencegah tindakan curang / fraud. Fraud atau tindakan kecurangan biasanya sangat menghantui para Ie-commerce, Salah satu bentuk fraud adalah penyalahgunaan penggunaan promosi yang justru digunakan untuk kepentingan pribadi dengan melanggar beberapa peraturan yang sudah ditentukan.

3. Rekomendasi Produk Terbaru

Selain itu, adanya bundling package yang disediakan oleh banyak swalayan juga merupakan hasil penerapan machine learningi untuk menangani stok inventori barang yang memiliki status “slow moving item” atau barang yang kurang laku terjual. Bundling package ini biasanya dilakukan dengan memaketkan produk yang paling laku terjual dan produk yang kurang laku terjual. Hal ini dilakukan dengan memberikan harga khusus atau promosi khusus dalam setiap bundlingnya. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir stok barang yang kurang laku terjual menjadi expired atau kadaluarsa yang menyebabkan kerugian untuk bisnismu. 

Jika kamu perhatikan, di swalayan atau toko waralaba terdapat rak penyimpanan produk yang produknya disusun secara tersusun rapi dan terarah. Ternyata, selain untuk menunjukkan kesan aesthetic dan enak dilihat, hal tersebut adalah hasil dari penerapan machine learning kompleks untuk menentukan susunan produk yang ada di dalam rak, tentu tim praktisi data sudah menyampaikan beberapa produk yang jadi primadona di swalayan tersebut. Menarik bukan ? Yuk perdalam bersama DQLab !

 

Metode Analisis Data : Yuk Scaling Up Produk Bisnismu dengan Kombinasi Apriori Algorithm dan Market Basket Analysis

4. Yuk bersama DQLab awali hingga bangun portofolio datamu unntuk machine learning python sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk mulai mengikuti kelas GRATIS “Introduction to Data Science with Python” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science with Python’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulisa : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!