PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 8 Jam 12 Menit 46 Detik

Belajar Memisahkan Data String dengan Split Python

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e9919b9d9b68b1294b07fe0db927e7d0_x_Thumbnail800.jpeg

Python memiliki banyak fungsi yang bisa diaplikasikan user dalam melakukan ekstraksi data menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Salah satu operasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengolahan data adalah operasi string split Python.


Bicara tentang string maka tidak terlepas dari salah satu contoh tipe data yang ada dalam bahasa pemrograman Python. Saat menggunakan operasi string split Python maka hal yang perlu diperhatikan adalah semua pada dasarnya adalah karakter.


Karakter disini bisa bermacam-macam mulai dari spasi, besar kecilnya huruf, simbol yang terdapat pada keyboard untuk menegaskan operasi tertentu. Apalagi karakter yang sering dijumpai dalam sebuah dataset adalah karakter dalam bentuk teks.


Data teks adalah jenis data yang kerap kali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk melihat sentimen masyarakat terhadap suatu kejadian, melihat review customer, mengukur kepuasan terhadap suatu produk, dan masih banyak lagi.


Untuk mengatasi data teks, tentu kita harus menggunakan function yang sesuai. Salah satunya adalah yang akan kita bahas dalam artikel ini, yaitu fungsi String Split Python. Yuk, simak pembahasannya!


1. String Split Python

String split Python adalah metode untuk memecah sebuah string menjadi beberapa bagian yang berbeda, berdasarkan separator yang ditentukan. Metode ini mengembalikan sebuah list yang berisi bagian-bagian dari string yang telah dipisahkan.

Berikut ini adalah sintaksis untuk menggunakan metode split pada string di Python:

Python

  • Parameter 'separator' adalah karakter atau string yang digunakan sebagai pemisah untuk memecah string. Jika tidak diberikan, maka default separator adalah spasi (' ').

  • Parameter 'maxsplit' adalah parameter opsional yang digunakan untuk menentukan jumlah pemisahan yang akan dilakukan pada string. Jika tidak diberikan, maka semua kemunculan separator pada string akan digunakan untuk memecah string.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Cara Kerja String Split Python

Cara kerja String split Python cukup sederhana. Metode ini memecah sebuah string menjadi beberapa bagian berdasarkan separator yang ditentukan, dan mengembalikan hasil pemecahan dalam bentuk list.

Berikut adalah cara kerja String split Python:

  • String input diberikan: Kita memberikan sebuah string sebagai input untuk metode split().

  • Separator ditentukan: Kita menentukan separator yang akan digunakan untuk memecah string. Jika tidak diberikan, maka default separator adalah spasi (' ').

  • Pemisahan string: Metode split() memecah string berdasarkan separator yang ditentukan, dan mengembalikan hasil pemecahan dalam bentuk list. Setiap bagian dari string yang dipisahkan oleh separator akan menjadi elemen dari list yang dihasilkan.

  • List output diberikan: Metode split() mengembalikan hasil pemecahan dalam bentuk list, yang dapat digunakan untuk melakukan manipulasi lebih lanjut pada bagian-bagian dari string yang telah dipisahkan.

Berikut ini adalah contoh sederhana dari cara kerja String split Python:

Python


3. Kapan Waktu Menggunakan String Split Python

Ada beberapa alasan mengapa kita menggunakan String split Python:

  • Memecah string menjadi beberapa bagian: String split Python memungkinkan kita untuk memecah sebuah string menjadi beberapa bagian berdasarkan separator yang ditentukan. Ini berguna dalam situasi di mana kita ingin memproses bagian-bagian tertentu dari sebuah string.

  • Menghapus karakter atau separator tertentu: Dalam beberapa kasus, kita ingin menghapus karakter atau separator tertentu dari sebuah string. Dengan menggunakan String split Python, kita dapat dengan mudah menghapus karakter atau separator tertentu dari string.

  • Membuat list dari string: String split Python mengembalikan hasil pemecahan dalam bentuk list. Ini berguna ketika kita ingin melakukan manipulasi lebih lanjut pada bagian-bagian dari string tersebut, misalnya melakukan iterasi pada setiap bagian atau mengubah nilai dari bagian-bagian tertentu.

  • Mempersiapkan data untuk analisis: Dalam analisis data, seringkali kita harus mempersiapkan data sebelum melakukan analisis. Dengan menggunakan String split Python, kita dapat dengan mudah memecah data dalam format string menjadi beberapa bagian, kemudian memproses bagian-bagian tersebut untuk analisis lebih lanjut.


4. Macam-macam Operasi String

String split Python memiliki berbagai macam operasi yang dapat dipilih untuk digunakan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Operasi string dalam bahasa pemrograman Python.

  • Operasi string split dengan menggunakan delimiter.

  • Operasi string split dengan karakter, fungsi ini dapat mengidentifikasi karakter yang diaplikasikan di bagian code.

  • Operasi string split dengan list. Tujuannya untuk membagi string dalam bentuk list atau daftar.

  • Operasi string split dengan operator max split.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Penggunaan operator dalam Python merupakan bagian penting yang perlu dipelajari pula oleh para pemula. Tidak hanya pemula saja, seseorang yang sudah mahir pun akan sering menggunakan operator-operator yang disebutkan di atas. Kalian bisa mulai mencoba mempelajarinya di modul yang ada di DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL.


Menjadi platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT, membantu kamu untuk mengutamakan pembelajaran praktik langsung yang dapat diterapkan di dunia nyata. 


Kapan lagi kan belajar Data Science sambil chat bareng layaknya platform ChatGPT? Yuk, coba sekarang!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login