FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 1 Menit 38 Detik 

Belajar MySQL Secara Mendalam, Pemula Wajib Tahu

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/98dbe4912fbb7b329ae797eed7a9f2b0_x_Thumbnail800.jpeg

MySQL menjadi salah satu skill yang perlu dikuasai oleh Data Analyst dan praktisi data lainnya karena MySQL sering digunakan dalam pembuatan project situs web. MySQL atau terkadang orang-orang menyebutnya "my sequel" atau lainnya adalah sistem manajemen berbasis data relasional bersifat open-source atau sumber terbuka. Belajar query MySQL merupakan hal dasar dan penting agar membantu pembelajaran kepada tingkat yang lebih lanjut.


Query sendiri merupakan suatu bahasa pemrograman atau disebut juga sintaks yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah tertentu pada suatu database dan juga sistem informasi. SQL adalah bahasa standar terstruktur yang digunakan dalam pemrograman dan dirancang untuk memanajemen, mengolah, dan mengakses data pada suatu Sistem Manajemen Database. Oleh karena itu, penting bagi pemula untuk mengetahui perintah dasar SQL.


MySQL merupakan salah satu Database Management System yang menggunakan bahasa SQL. MySQL terbagi menjadi dua jenis lisensi, yaitu Free Software (bersifat gratis) dan Shareware (software berpemilik dengan penggunaan yang terbatas. Meskipun telah ada sejak tahun 1995, MySQL masih layak dipertimbangkan untuk menjadi pilihan karena penggunaannya yang cukup mudah.


Agar bisa mengenal MySQL lebih jauh, kita akan membahasnya dalam artikel ini. Yuk, baca terus!


1. Sejarah MySQL

Awalnya, MySQL merupakan proyek UNIREG lanjutan yang dikembangkan oleh seorang ahli, Michael Monty dan perusahaan software asal Swedia, TcX. Namun, sangat disayangkan UNIREG belum dapat dipakai di website karena belum kompatibel dengan database dinamis website. Perusahaan TcX mencari alternatif lain dan menemukan MySQL yang dikembangkan oleh David Hughes.


SQL

Michael Monty Widenius (source: www.wikipedia.org)


Sehingga pada akhirnya TcX, Michael Monty, dan David Hughes bekerja sama untuk mengembangkan sistem database yang baru. Pada tahun 1995, MySQL pun diluncurkan seperti yang dikenal seperti saat ini dan perkembangan MySQL sekarang diawasi atau berada di bawah pihak Oracle.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Pengenalan MySQL Untuk Pemula

Jadi sebelum menuju step selanjutnya yaitu menggunakan SQL (Structured Query Language). Kita tentunya harus bisa memahami konsep-konsep di dalam SQLnya itu sendiri. Pemahaman konsep SQL yang benar pastinya akan memudahkan kita untuk melakukan proses pengolahan data dengan bahasa pemrograman ini. 


SQL


MySQL sebagai salah satu bentuk Database Management System (DBMS), menggunakan perintah SQL. Saat ini, MySQL menjadi salah satu banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis website. Termasuk ke dalam Relational Database Management System (RDBMS) membuat MySQL menggunakan tabel, kolom serta baris di dalam struktur database-nya.


Metode relational database MySQL juga menjadi penghubung perangkat lunak dan database server. Kesederhanaan sintaks yang pendek dan mudah dipahami membuat kueri ini menjadi bahasa terbaik untuk memulai belajar bahasa pemrograman.


3. Fungsi - Fungsi Dasar MySQL

Secara garis besar, fungsi dari MySQL adalah untuk membuat dan mengolah database pada sisi server yang memuat berbagai informasi dengan menggunakan bahasa SQL. Fungsi lain yang dimiliki adalah memudahkan pengguna dalam mengakses data berisi informasi dalam bentuk String (teks), yang dapat diakses secara personal maupun publik dalam web.


SQL

Dalam database terdapat tiga jenis query yang dapat digunakan untuk membuat atau mendefinisikan objek-objek database seperti membuat, memanipulasi, dan mengontrol database. Berikut tiga jenis query SQL beserta definisinya:

  • DDL (Data Definition Language)

Salah satu metode query yang dapat digunakan untuk membuat tabel baru, mengubah tabel, membuat indeks, menentukan struktur penyimpanan tabel, dan sebagainya.

  • DML (Data Manipulation Language)

Metode query satu ini dapat digunakan untuk memanipulasi database, seperti memasukkan, mengubah, dan menghapus data pada tabel di database.

  • DCL (Data Control Language)

Metode query yang ketiga ini dapat digunakan untuk memberikan hak otorisasi akses database, auditan penggunaan database, alokasi space, dan definisi space.


4. Alasan Mengapa Harus Menggunakan MySQL

Keamanan Data

MySQL terkenal secara global karena menjadi sistem manajemen database yang paling aman dan andal yang digunakan dalam aplikasi web populer seperti WordPress, Drupal, Joomla, Facebook dan Twitter. Keamanan data dan dukungan untuk pemrosesan transaksional yang menyertai versi MySQL terbaru, dapat sangat menguntungkan bisnis apa pun salah satunya bisnis eCommerce yang melibatkan proses transaksi uang.


Bersifat Open Source

Untuk penggunaan dari MySQL dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Karena memiliki dua lisensi, yaitu Free Software dan Shareware. Selain itu, MySQL juga termasuk dalam sistem manajemen database yang disediakan secara gratis. Serta, memiliki banyak komunitas dan dokumentasi untuk membantu kamu dalam mengembangkan aplikasi menggunakan database server.


Memiliki Performa yang Baik

MySQL memiliki mesin query dengan performa tinggi yang memudahkan administrator sistem untuk mengkonfigurasi server database MySQL dengan kinerja yang sempurna. Hal ini terbukti pada situs e-commerce yang menerima satu juta query setiap hari atau sistem pemrosesan transaksional berkecepatan tinggi. MySQL dirancang untuk memenuhi aplikasi yang paling memerlukan kecepatan optimal, serta cache memori yang stabil untuk peningkatan kinerja aplikasi.


5. Tips Sukses Belajar MySQL

Pemahaman belajar MySQL merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai oleh para praktisi data. Dengan menguasai bahasa pemrograman ini akan memudahkan proses pengelolaan database. Agar lebih memudahkan dalam proses belajar, terdapat beberapa tips untuk mempelajari MySQL terutama bagi pemula.

Beberapa tipsnya antara lain:

  • Pahami perbedaan DDL, DML, dan DCL.

  • Kuasai query dasar.

  • Membuat hak akses dan user baru MySQL.

  • Dan, tingkatkan belajar secara konsisten.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Pembelajaran software MySQL menjadi salah satu skil wajib bagi para praktisi data. Penggunaan software ini pada dasarnya menggunakan bahasa query yaitu SQL. Untuk lebih mudah dalam mempelajarinya, kalian dapat mulai belajar SQL dari dasar dengan cara mencoba mengerjakan modul yang mengasyikkan dari DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah! Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :