Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Belajar Otodidak Bisa Jadi Data Science? Bisa!

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-02-2024-05-08-215655_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist adalah profesi yang bertugas untuk memproses data yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi dengan menggunakan algoritma yang tepat sehingga bisa menghasilkan insight data yang menarik. Hasil analisis yang didapatkan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Hal ini membuat profesi Data Scientist memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan bahkan diibaratkan sebagai ujung tombak.


Data Science adalah bidang yang harus dikuasai oleh mereka yang tertarik menjadi Data Scientist. Bidang ini terbilang cukup menjanjikan dengan peluang karir yang luas dan permintaan yang terus meningkat di berbagai industri. Banyak orang tertarik untuk memasuki bidang ini, namun tidak semua memiliki akses atau kesempatan untuk mengikuti program pendidikan formal.


Untungnya, untuk menjadi Data Scientist bisa melalui proses belajar Data Science secara otodidak karena berbagai sumber daya pembelajaran telah tersedia secara online. Pembahasan lebih jauh mengenai pembelajaran otodidak Data Science akan dibahas dalam artikel ini. Simak pembahasannya, yuk!


1. Apa Itu Pembelajaran Otodidak?

Data Scientist

Pembelajaran otodidak merupakan proses belajar dimana seseorang bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan tanpa bantuan formal dari lembaga pendidikan atau instruktur langsung. Pembelajaran otodidak memungkinkan seseorang untuk menyesuaikan waktu, tempo, dan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka sendiri. Untuk bisa melakukan pembelajaran otodidak, tentunya kita akan melibatkan penggunaan sumber daya pembelajaran mandiri, seperti buku, kursus online, tutorial, dan eksperimen sendiri. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bisakah Menjadi Data Scientist Secara Otodidak?

Data Scientist

Tentu saja, menjadi seorang Data Scientist melalui pembelajaran otodidak sangat mungkin terjadi. Data Science adalah bidang yang luas dan terus berkembang. Hal ini juga berbanding lurus dengan jumlah sumber daya pembelajaran yang tersedia secara online untuk membantu seseorang mempelajari keterampilan yang diperlukan.


Dengan dedikasi yang tepat, kemauan untuk terus belajar, dan akses terhadap sumber daya yang tepat, seseorang dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang Data Scientist yang kompeten.


3. Hal Penting Saat Menjadi Data Scientist Secara Otodidak

Data Scientist

Ada beberapa hal penting untuk diingat bahwa pembelajaran otodidak juga membutuhkan disiplin tinggi, motivasi internal, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan sendiri. Pada pembelajaran ini, mereka tidak akan mendapatkan bimbingan langsung dari instruktur atau struktur kurikulum yang ditetapkan, sehingga mereka harus menjadi proaktif dalam mencari informasi, mengatasi hambatan, dan mengukur kemajuan mereka sendiri.


Selain itu, menjadi Data Scientist bukan hanya tentang menguasai keterampilan teknis, namun juga memahami konteks bisnis, komunikasi yang efektif, serta etika dalam penggunaan data. Oleh karena itu, seseorang yang belajar Data Science secara otodidak juga perlu mengembangkan keterampilan non-teknis ini melalui berbagai sumber daya dan pengalaman.


4. Sumber Daya Pembelajaran yang Tepat

Data Scientist

Ada banyak sumber daya pembelajaran yang tersedia secara online untuk belajar Data Science secara otodidak. Beberapa sumber tersebut seperti:

  • Buku: Buku-buku tentang Data Science, pemrograman (seperti bahasa Python, SQL, dll), serta statistika dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep yang bersifat fundamental.

  • Tutorial dan Blog: Banyak tutorial dan blog online yang menyediakan panduan langkah-demi-langkah tentang topik-topik Data Science tertentu.

  • Project Open Source: Berkontribusi pada project open source yang terkait dengan Data Science dapat memberikan pengalaman praktis yang berharga.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login