GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 31 Menit 20 Detik 

Belajar Python IDE dan Code Editor Terbaik

Belajar Data Science di Rumah 19-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5e67a77c779bb8286f989bbc365b2773_x_Thumbnail800.png

Python IDE adalah software yang terdiri dari general development tools yang digabungkan menjadi satu GUI (Graphical User Interface) yang mudah digunakan. Python IDE sebagian besar terdiri dari sumber code editor untuk menulis kode software dan otomatisasi untuk membuat software seperti mengkompilasi computer source code. Selain itu, IDE memiliki debugger yang merupakan program untuk menguji program yang lain. Sebuah IDE dapat memiliki fitur yang lebih banyak dan bervariasi.


Python adalah bahasa multifungsi, artinya bahasa pemograman ini dapat digunakan di banyak aplikasi, mulai dari software pemodelan 3D hingga web development. Kita dapat membuat kode python menggunakan shell untuk proyek kecil. Namun, jika kita ingin mengerjakan project yang besar, akan lebih baik jika menggunakan code editor khusus atau integrated development environment (IDE). setiap python IDE atau code editor memiliki fitur-fitur yang berbeda antara satu dengan yang lain. Pada artikel kali ini, kita akan membahas berbagai IDE dan code editor yang bisa kita gunakan untuk mengerjakan project besar. 


1. Eclipse dan Pydev

Eclipse adalah IDE yang secara historis dirancang untuk bahasa Java. namun, berkat sistem plugin atau eksistensi, IDE ini dapat digunakan dengan bahasa pemrograman lain, termasuk C++ dan PHP. pydev adalah plugin yang bisa mendukung eclipse untuk digunakan sebagai python IDE yang juga mendukung Jython dan IronPython. Pydev menggunakan teknik inferensi tingkat lanjut untuk menyediakan elemen seperti penyediaan code dan analisis code. IDE juga menyediakan fitur seperti debugger, django, konsil interaktif, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Pycharm

Pycharm adalah IDE yang dikembangkan oleh JetBrains. IDE memiliki tiga versi, yaitu versi komunitas berlisensi apache, versi edukasi, dan versi profesional. Dua versi pertama adalah versi open source dan gratis, sedangkan versi profesional adalah versi berbayar. Versi komunitas sangat menarik karena memiliki fitur yang berbeda seperti sintaks highlighting, auto-completion, dan live code verification. Versi berbayar memiliki fitur yang lebih canggih seperti manajemen basis data dan memiliki framework yang lebih kaya daripada versi lainnya.


3. Vim 

Vim adalah text editor yang memungkinkan kita untuk memanipulasi file text. Source codenya pertama kali diterbitkan pada tahun 1991 oleh Bram Moolenaar. Sejak saat itu, software ini terus berkembang dan terus ditingkatkan fiturnya. Vim berbeda dari kebanyakan text editor python karena IDE ini memiliki tiga mode dasar, yaitu mode insert, mode normal atau perintah, dan mode baris perintah. Vim adalah software gratis dan sebagian besar dapat disesuaikan dengan menambah eksistensi atau modifikasi file. Artinya, IDE ini mudah disesuaikan untuk pengembangan dengan python.


4. IDLE

Integrated Development and Learning Environment adalah IDW yang dirilis pada Bulan Desember tahun 1998 oleh Guido Van Rossum untuk pengembangan python. IDLE adalah IDE sederhana dan cocok untuk pemula yang terdiri dari multi windows text editor dengan highlight sintaks dan debugger terintegrasi dengan stepping, breakpoint persistent, dan visibilitas overlap. IDLE digunakan untuk membuat, memodifikasi, dan mengeksekusi script python. Selain itu, IDLE juga memiliki fitur seperti syntax highlighting, auto-completion dan smart indent.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Belajar Python untuk Berbagai Kebutuhan

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di berbagai dunia industri. Hal ini karena sifat general purpose yang dimiliki dan didukung dengan berbagai library untuk berbagai tujuan. Yuk mulai belajar penggunaan python untuk berbagai bidang industri! Klik button di bawah ini untuk bergabung dengan DQLab dan nikmati berbagai fasilitas belajar seru seperti modul interaktif yang dilengkapi dengan live code editor, video ilustrasi yang memudahkan kita untuk memahami materi yang sedang dipelajari, serta berbagai challenge untuk mengukur kemampuan dan pemahaman kita setelah mempelajari suatu modul. Ayo bergabung bersama DQLab dan nikmati modul gratisnya untuk merasakan sensasi belajar menyenangkan. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!