FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 50 Menit 29 Detik 

Belajar Python : Kenali Library Visualisasi Data Sebelum Mengikuti Tutorial Python

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f5e1fc68a46761bd939eb733a091fdf4_x_Thumbnail800.png

Python adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan karena termasuk tools multi purpose yang powerful. Sintaks python yang elegan dan dinamis membuat bahasa pemrograman ini ideal untuk membuat skrip dan tools development yang cepat dan tepat untuk berbagai platform. Python memiliki banyak fitur seperti library dengan berbagai fungsi yang bersifat open source sehingga bisa diakses dan didistribusikan secara bebas. Python dapat digunakan untuk berbagai jenis data dan dapat dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain seperti C atau C++.


Python termasuk bahasa pemrograman yang user friendly, khususnya untuk pemula karena sintaks yang digunakan mirip dengan bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional. Selain itu, python juga memiliki berbagai versi yang dapat diinstall di berbagai sistem mulai dari windows, linux, hingga macOS. Python banyak digunakan oleh berbagai profesi seperti data scientist, data engineer, bahkan web developer. Hal ini karena python termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang multi fungsi. Saat ini python memiliki berbagai library powerful, salah satunya adalah library untuk visualisasi data. Penasaran apa saja library tersebut? Pada artikel kali ini kita akan membahas library-library tersebut. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Library Seaborn

Seaborn merupakan library yang dibangun di atas library matplotlib. Library ini memiliki banyak fungsi bawaan yang bisa digunakan untuk membuat visualisasi data yang indah hanya dengan beberapa baris sintaks. Beberapa fungsi chart yang ada pada library seaborn adalah box plots, violin plots, dist plots, Joint plots, pair plots, heatmap, dan lain sebagainya. Fitur utama dari library ini adalah dapat digunakan untuk menentukan hubungan antara dua variabel, dapat membedakan analisis dengan distribusi univariat dan bivariat, membuat plot model regresi linier untuk menggambarkan variabel-variabel yang saling berhubungan, dan pembuatan plot multi-grid.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Library Plotly

Plotly adalah library analitik python yang canggih untuk membangun dashboard interaktif. Dashboard jenis ini berisi chart interaktif untuk memudahkan kita menemukan nilai pada titik tertentu di suatu chart. Beberapa chart yang bisa dibuat menggunakan library ini adalah Basic Charts, Statistical charts, Scientific charts, Financial Charts, Maps, Subplots, Transforms, dan Jupyter Widgets Interaction.


3. Library Geoplotlib

 Library geoplotlib merupakan toolbox python untuk memvisualisasikan data geografis dan membuat peta. Kita bisa membuat berbagai jenis peta menggunakan library ini. Library ini dapat digunakan untuk mendukung project spasial yang dasarnya menggunakan peta. Beberapa peta atau maps yang bisa digunakan menggunakan library ini adalah heatmaps, dot-density maps, geographical maps, dan lain sebagainya.


4. Library Bokeh

Library Bokeh merupakan library python yang dibuat oleh Continuum Analytics untuk menghasilkan visualisasi yang tepat untuk web interface dan browser. Library ini banyak digunakan oleh web developer untuk membuat dashboard pada website. Visualisasi yang dihasilkan oleh library bokeh merupakan chart interaktif sehingga website user bisa mengeksplor dashboard dengan lebih luas dan mendapatkan banyak informasi.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Belajar Berbagai Library Python

Seperti yang telah dijelaskan di awal, python memiliki ribuan library dengan fungsi yang berbeda-beda. Di era big data, python merupakan tools yang sangat berguna untuk mendapatkan insight dari kumpulan data yang berukuran besar. Yuk belajar berbagai library python bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul penggunaan python seperti untuk visualisasi data dan data science. Yuk klik button di bawah ini untuk bergabung bersama DQLab dan nikmati modul gratis "Introduce to Data Science" sebagai bekal untuk belajar menggunakan python di berbagai bidang industri. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :