Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Belajar Python Otodidak, Kenali 4 Hal Ini Yuk

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/217df9863b088063b5cc5ef67506d577_x_Thumbnail800.jpg

Python sebagai bahasa pemrograman merupakan instruksi yang diberikan kepada komputer untuk menjalankan perintah. Adakalanya bahasa pemrograman disebut sebagai bahasa komputer. Saat ini sudah begitu banyak bahasa pemrograman yang dikembangkan dan populer serta mudah untuk digunakan, salah satunya adalah Python. Python merupakan bahasa pemrograman yang saat ini sedang naik daun sehingga banyak orang belajar secara otodidak pemrograman python. 


Bahasa python dibuat oleh Guido van Rossum dan dipublikasikan pada tahun 1991. Python merupakan bahasa yang mudah dipelajari Sebenarnya, tidak ada ruginya bagi seseorang untuk belajar pemrograman python. Bahkan bahasa python dapat dikatakan menjadi salah satu skill atau kemampuan yang dicari. Mengapa seperti itu? Hal ini dikarenakan python dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti analisis data, membuat aplikasi, mengembangkan web, dll. Pada artikel kali ini akan diberikan beberapa tips belajar python secara otodidak.


1. Membuat Catatan Tangan

Ketika awal mula kita belajar suatu materi seringkali kita membuat catatan tangan atau catatan kecil sebagai pengingat materi kita. Sama halnya dengan belajar bahasa pemrograman, terdapat beberapa aturan penulisan bahasa yang banyak dan detail sehingga berisiko akan dilupakan. Oleh karena itu ketika pentingnya catatan tangan agar materi yang kita dapatkan tidak menghilang begitu saja serta bermanfaat untuk jangka panjang.


Baca Juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Belajar Syntax

Salah satu hal penting bagi pemula yang ingin belajar bahasa python secara otodidak adalah belajar syntax dasar. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan penulisan syntax yang berbeda-beda. Kita dapat mempelajari syntax dasar python dari mana saja, seperti website utama python, channel youtube, komunitas online, dll. Tahapan belajar syntax dasar ini memerlukan waktu yang cukup lama agar lebih memahaminya. Hal ini dikarenakan jika sudah memahami syntax dasar python maka akan memudahkan dalam proses pengkodean selanjutnya.


3. Latihan Coding

Setelah mengenal dan belajar syntax dasar pada python maka tahapan selanjutnya adalah latihan coding secara konsisten. Hal ini merupakan penerapan dari apa yang telah diketahui dan dipelajari dari syntax dasar python. Latihan coding berguna untuk menerampilkan kita dalam menggunakan python dalam penerapan studi kasus. Dengan sering berlatih coding maka kita akan terbiasa dan semakin mahir menggunakan bahasa pemrograman.


4. Berlatih Mengajarkan Orang Lain

Masing-masing orang memiliki daya tangkap materi yang berbeda-beda. Adakalanya orang bisa memahami materi dengan belajar dan praktik sendiri. Namun tidak sedikit pula orang lebih paham materi dengan cara mengajarkannya kepada orang lain. Dengan mengajarkan kepada orang lain maka akan membuat kita semakin paham dan terlatih dengan materi tersebut. Selain itu, salah satu hal yang tidak kalah penting ketika belajar bahasa pemrograman adalah istirahat yang cukup agar tidak terlalu stres ketika menyerap materi yang masuk.


Baca juga: Apa Saja Tutorial Python Dasar? Yuk Simak Versi DQLab


5. Yuk, Mulai Belajar Python di DQLab

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist, data analyst dan data engineer. Untuk kalian yang sama sekali belum mengerti mengenai bahasa pemrograman Python, kalian bisa mulai belajar secara online di DQLab . DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab. Selain bahasa Python, terdapat bahasa pemrograman lainnya seperti R, Excel dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!