BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

3 Ide Aplikasi yang Dapat Kamu Buat Menggunakan Python

Belajar Data Science di Rumah 09-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/340bd3455d2c3a3a9b07d3cf86343459_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Tidak hanya sering digunakan oleh Data Scientist, python juga sering digunakan oleh banyak developer sebagai bahasa pemrograman mereka. Inilah salah satu kelebihan python dibandingkan dengan R yang biasa digunakan untuk menganalisis data oleh para Data Scientist atau Analyst. R secara spesifik digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan statistik dan analisis data, tidak untuk membuat aplikasi, websites atau semacamnya. Sedangkan, kita dapat membuat aplikasi dengan python. Luar biasa bukan? 

Pada artikel ini, DQLab akan berbagi tentang beberapa ide aplikasi yang dapat kamu buat menggunakan python. Beberapa proyek ini akan meningkatkan kemampuan kamu serta kepercayadirian mu apabila kamu dapat menyelesaikannya. Proyek di bawah ini juga akan mengantarkan kamu ke tingkat yang lebih tinggi dalam hal kemampuan pemrograman. Lalu, apa saja 3 ide tersebut? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Kompilasi Konten Digital

Internet adalah sumber informasi utama bagi jutaan orang yang selalu mencari sesuatu secara online. Bagi mereka yang mencari informasi massal tentang topik tertentu dapat menghemat waktu menggunakan aplikasi / website yang dapat mengkompilasi konten digital atau yang biasa disebut Content Aggregator.

Content Aggregator adalah alat yang mengumpulkan dan memberikan informasi tentang suatu topik dari banyak situs web di satu tempat. Untuk membuatnya, Kamu dapat menggunakan requests library untuk menangani HTTP requests dan BeautifulSoup untuk mem-parsing dan mengekstrak(scraping) informasi yang diperlukan, bersama dengan database untuk menyimpan informasi yang dikumpulkan.

Baca Juga : Data Analisis : Kenali 3 Teknik Penting dalam Menganalisa Data

2. Aplikasi / website penyingkat URL (URL Shortener)

URL adalah sumber utama navigasi ke sumber daya apa pun di internet, baik itu halaman web atau file. Terkadang, beberapa URL ini bisa sangat besar dengan karakter aneh. Penyingkat URL memainkan peran penting dalam mengurangi karakter di URL ini dan membuatnya lebih mudah untuk diingat dan digunakan.

Ide di balik pembuatan penyingkat URL adalah dengan menggunakan modul acak dan string untuk menghasilkan URL pendek baru dari URL panjang yang dimasukkan. Setelah kamu selesai melakukannya, kamu perlu memetakan URL panjang dan URL singkat dan menyimpannya dalam database agar pengguna dapat menggunakannya di masa mendatang.

3. Pemutar Musik (MP3 Player)

Apakah kamu termasuk orang yang suka mendengarkan musik? Jika iya, kamu akan terkejut apabila kamu mengetahui bahwa kita dapat membuat pemutar musik dengan Python. Kamu dapat membuat MP3 Player dengan interface dan sekumpulan kontrol dasar untuk pemutaran, dan bahkan menampilkan informasi media terintegrasi seperti artis, panjang media, nama album, dan lainnya.

Dengan python, kita juga dapat memiliki opsi untuk menavigasi ke folder dan mencari file mp3 untuk pemutar musik yang kita buat. Untuk membuat pekerjaan yang menggunakan file media dengan Python lebih mudah, kita dapat menggunakan libraries seperti simpleaudio, pymedia, dan pygame.

Baca juga : Belajar Data Science dengan Ikuti Sesi Mentoring DQLab “Customer Choice and Preferences Analytics”

4. Yuk Pelajari Python Lebih Dalam Bersama DQLab!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Jihar Gifari

Editor : Annissa Widya Davita



Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!