DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 19 Menit : 24 Detik

Belajar Python Pemula : Yuk Kenali Tipe Data yang Sering Digunakan dalam Python!

Belajar Data Science di Rumah 05-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/002c9bbd741bf584e24fb852fc7401a3_x_Thumbnail800.jpg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sedang naik daun. Ternyata bahasa pemrograman ini telah ada sejak tahun 1991, loh. Python banyak diminati karena belajar Python untuk pemula ternyata cukup gampang. Selain itu, bahasa pemrograman ini juga digunakan hampir di semua bidang. Namun secara umum, Python digunakan untuk pengembangan software, pengembangan website, dan juga system scripting.

Dalam bahasa pemrograman apapun, data akan selalu menjadi intinya. Karena bahasa pemrograman merupakan alat yang digunakan untuk memproses data input untuk menjadi output. Nah, untuk dapat memproses data dengan benar menggunakan Python, maka kita harus mengenal apa saja tipe data yang sering digunakan dalam Python. Penasaran kan? Yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Tipe Data String

Tipe data yang pertama adalah string. Umumnya, tipe data ini digunakan untuk data yang berupa teks, misalnya untuk menulis kalimat “Hello World!”, “Saya senang belajar Python”, dll. Python tidak membatasi jumlah karakter yang boleh ditulis dalam tipe data String ini, namun lebih ke membatasi jumlah memory yang digunakan. Python 32 bit dengan Python 64 bit tentunya akan memiliki ukuran memory yang berbeda.

Untuk membuat tipe data string dalam Python dapat menggunakan tanda petik satu ( ’ ), tanda petik dua ( “ ), ataupun menggunakan tanda kutip satu atau dua sebanyak tiga kali ( ’’’ ) atau  ( ””” ). Tidak ada yang membedakan antara ketiganya, tergantung kenyamanan si penulis. Contohnya, output dari ‘Hello’, “Hello”, ataupun ”””Hello””” pasti akan sama. Selanjutnya untuk menulis karakter tertentu seperti tab ataupun enter dapat menggunakan backlash ( / ) kemudian diikuti karakter khusus.

Baca Juga : Python : Tingkatkan Kemampuan Datamu dengan Simak Tutorial Mudah Instalasi Python bersama DQLab!

2. Kenali Tiga Jenis Data Number

Tipe data number ini terdiri dari tiga jenis, yaitu integer (int), float, dan complex number. Tipe integer biasanya digunakan untuk data yang berupa bilangan bulat, seperti 1, 10, 100, dll. Kemudian tipe data float digunakan untuk data yang berupa bilangan desimal, seperti 0.1, 0.001, dll. Sedangkan tipe data complex number digunakan untuk bilangan imajiner, seperti 3j, 10j, dll.

Dalam teori matematika, bilangan imajiner ini merupakan angka yang mengandung nilai akar kuadrat dari -1. Nah, dalam Python angka akar kuadrat dari -1 ini ditulis sebagai j. Sehingga 3j sama artinya dengan 3√-1. Tipe data complex number ternyata termasuk sebagai tipe data yang cukup unik, loh. Hal ini disebabkan karena tipe data ini jarang tersedia dalam bahasa pemrograman lainnya.

3. Boolean : Tipe Data Sederhana

Tipe data selanjutnya yang sering digunakan dalam Python adalah Boolean. Tipe data ini menjadi tipe data yang paling sederhana diantara tipe data lainnya. Ada yang tau apa sebabnya? Ternyata tipe data ini hanya memuat dua kategori, yaitu TRUE dan FALSE. Tipe data ini biasanya digunakan dalam percabangan program atau untuk menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Baca Juga : Belajar Bahasa Pemrograman, Pahami Kegunaan Struktur Data Array pada Python

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!