LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 1 Jam 0 Menit 40 Detik

Belajar Python untuk Ubah String Menjadi Int

Belajar Data Science di Rumah 23-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-01-2024-03-23-212232_x_Thumbnail800.jpg

Sudahkah kamu tahu bahwa dalam pemrograman Python, kita bisa mengubah kata-kata menjadi angka? Ini adalah salah satu konsep dasar yang perlu dipahami bagi mereka yang ingin belajar Python. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara sederhana tentang konversi string ke integer dalam Python, serta mengapa pemahaman tentang konsep ini sangat penting, terutama dalam dunia pemrograman data science yang sedang berkembang.


Dalam dunia pemrograman, seringkali kita harus berurusan dengan data yang berbeda-beda jenisnya, termasuk data dalam bentuk kata-kata (string) dan angka (integer). Salah satu tugas yang umum adalah mengubah data dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Nah, Python memberikan kemudahan untuk melakukan hal ini, terutama dalam konversi string ke integer. Mari kita jelajahi lebih lanjut bagaimana cara melakukannya! 


1. Menggunakan Fungsi int()

Python

Dalam Python, kita bisa dengan mudah mengubah sebuah string menjadi integer menggunakan fungsi int(). Contohnya, jika kita punya string "10", kita bisa mengubahnya menjadi angka 10 dengan menuliskan int("10"). Fungsi int() akan mengkonversi string menjadi integer sesuai dengan nilainya. Misalnya, int("100") akan menjadi 100.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Penanganan Kesalahan (Error Handling)

Python

Penting untuk diingat bahwa tidak semua string bisa diubah menjadi integer. Misalnya, jika kita mencoba mengonversi string "Hello" menjadi integer, Python akan menghasilkan pesan kesalahan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan penanganan kesalahan (error handling) saat melakukan konversi string ke integer, terutama dalam skenario di mana kita tidak yakin apakah string tersebut berisi angka atau tidak.


3. Penggunaan Metode strip()

Python

Seringkali, ketika kita mengonversi string ke integer, kita ingin menghapus karakter spasi atau karakter whitespace lainnya yang mungkin ada di awal atau akhir string. Untuk melakukan hal ini, kita dapat menggunakan metode strip(). Misalnya, int(" 10 ") akan menghasilkan 10 setelah strip() diterapkan.


4. Kasus Penggunaan dalam Data Science

Dalam data science, seringkali kita perlu mengolah data yang berasal dari berbagai sumber, termasuk data dalam bentuk string. Misalnya, jika kita sedang menganalisis data penjualan online, kita mungkin perlu mengonversi data harga barang dari string menjadi integer agar bisa dihitung atau dianalisis lebih lanjut. Pemahaman tentang konversi string ke integer sangat penting dalam skenario seperti ini.


5. Praktikkan Dalam Kehidupan Nyata

Salah satu cara terbaik untuk memahami konsep konversi string ke integer dalam Python adalah dengan berlatih langsung. Cobalah untuk membuat beberapa contoh sederhana dan uji coba konversi string ke integer menggunakan Python. Semakin sering kita berlatih, semakin terbiasa kita dengan konsep ini.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLabDQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass!


Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis: Salsabila Miftah Rezkia


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login