[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 38 Menit 53 Detik 

Belajar Query MySQL Bahasa Pemrograman yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Data

Belajar Data Science di Rumah 15-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61f4f33cc674b47c3a81b2f3f151e39d_x_Thumbnail800.png

Pernahkah Kamu menyadari bagaimana situs yang Kamu kunjungi, seperti Facebook dapat menampilkan informasi mengenai diri Kamu? Bagaimana foto atau status dapat Kamu tambah, perbarui atau bahkan dihapus ? Hal itu dapat terjadi karena adanya query. Dalam pengolahan database, yang perlu Kamu perhatikan adalah logika query. Dengan menggunakan logika query yang baik maka sistem tersebut mampu memenuhi permintaan dari pengguna. Pengguna dapat melakukan operasi seperti penambahan, penghapusan dan menampilkan data.


Bahasa Query dapat dilakukan dengan menggunakan software XAMPP dan dapat diakses melalui alamat http://localhost/phpmyadmin. Selain itu, untuk bagi pemula yang ingin mempelajari database bisa memulainya melalui command prompt yang terdapat dalam perangkat komputer tersebut.


Query merupakan kata benda yang berarti pertanyaan. Dalam pengolahan database, query merupakan suatu istilah yang merujuk pada permintaan pengguna untuk memperoleh informasi dari database. Informasi tersebut diperoleh dari data-data yang terdapat dalam table-table database. Dengan kata lain, query dapat diartikan sebagai kemampuan (capability) menampilkan informasi yang diperoleh dari table-table yang tersimpan di dalam database.


Pada umumnya, query terbagi menjadi dua macam, select query dan action query. Dimana select query tersebut mengacu pada permintaan untuk memperoleh data atau informasi yang terdapat didalam database. Sedangkan action query merupakan permintaan yang berkaitan dengan operasi-operasi seperti penambahan (insert), pembaruan (updating) dan penghapusan (deletion). Query menjadi komponen terpenting dalam pengolahan database. Sebab, dengan menggunakan query-lah sistem tersebut mampu memenuhi permintaan dari banyak pengguna.


Secara umum SQL hanya memiliki 3 komponen penting, yang digunakan untuk mendefinisikan, memanipulasi serta sebagai pengontrol data yang ada pada sebuah database.


1. Data Definisi Language (DDL)

 DDL adalah Data Definition Language. Maksudnya, DDL ini merupakan bahasa pemrograman dalam komputer yang dapat dimanfaatkan untuk membuat maupun memodifikasi struktur dari suatu objek dalam database yang utamanya berbentuk skema.


Pengertian lebih lengkap dari DDL adalah salah satu bentuk SQL yang bisa digunakan untuk menciptakan atau membuat database, tabel, struktur tabel, merubah struktur database, menghapus tabel, menghapus database serta membuat relasi antar tabel. Oleh sebab itu, DDL ini mempunyai sejumlah perintah dasar yang terdiri atas Create, Alter serta Drop. DDL sendiri memiliki perintah dasar yang sering digunakan yaitu :

  • Create, ini adalah bahasa pemrograman yang saat membuat objek. Perintah ini sesuai dengan namanya membuat sesuatu. Dalam perintah ini ada beberapa poin sebagai berikut:

    • Create trigger untuk membuat reaksi tertentu atau trigger pada database saat Anda memasukkan perintah lain
    • Create table untuk membuat tabel yang baru
    • Create Procedure untuk membuat prosedur yang baru
  • Alter, ini adalah bahasa pemrograman yang dipakai manakala hendak merubah struktur suatu tabel atau memodifikasi bentuk kolom, mengganti ataupun sekedar menambah tabel yang sebelumnya sudah ada.

  • Rename, perintah rename biasanya digunakan untuk mengubah nama table, apabila sebuah tabel ingin diganti namanya.

  • Drop, Perintah drop digunakan untuk menghapus, maka apabila menggunakan perintah ini harus berhati-hati karena drop dapat mengakses database, tabel, kolom, index, procedure dan yang lainnya.


Baca juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Data Manipulation Language (DML)

Data Manipulation Language (DML) merupakan bahasa  basis data yang dipergunakan untuk melakukan modifikasi dan retrieve (pengambilan) data pada suatu basis data. DML yang sering digunakan dan terkenal  adalah Structured Query Language (SQL)  yang digunakan untuk mengambil  dan memanipulasi data dalam database relasional. SQL terdiri dari sintaks sederhana dalam bentuk instruksi-instruksi dalam melakukan manipulasi data, instruksi tersebut sering disebut dengan query.  

  • Select, perintah select digunakan untuk menampilkan data-data yang ada didalam tabel pada suatu database.

  • Insert, perintah ini digunakan untuk menambahkan data pada tabel yang terdapat didalam database.

  • Update,  digunakan untuk mengubah data, atau memodifikasi data yang terdapat didalam tabel.

  • Delete, Perintah delete digunakan untuk menghapus data atau record dalam tabel.


3. Data Control Language (DCL)

Data Control Language (DCL) adalah salah satu dari kelompok perintah SQL yang digunakan untuk melakukan kontrol terhadap privilege atau hak akses khusus untuk berinteraksi dengan database. Hak akses khusus ini diperlukan sebagai prasyarat bagi setiap user database untuk melakukan berbagai aksi di database, seperti: membuat object, menghapus object, mengubah object, menampilkan hasil query, dan seterusnya.

  • Grant, perintah grant digunakan untuk memberikan hak akses atau izin pada user di database untuk dapat mengakses database tersebut. Selain itu perintah grant juga dapat digunakan untuk menambahkan user atau pengguna baru di DBMS.

  • Revoke, perintah revoke adalah kebalikan dari perintah grant, perintah revoke digunakan untuk menghapus atau atau mencabut izin hak akses.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


4. Belajar Bahasa-bahasa Pemrograman Bersama DQLab!

DQLab merupakan pusat belajar Data Science yang menawarkan kursus online bagi Kamu yang ingin mulai belajar Data Science. DQLab sendiri telah melahirkan praktisi data yang  mahir dalam dibidangnya. Bersama DQLab Kamu akan belajar secara terstruktur dengan studi kasus dan data yang sesuai dengan yang berada di lapangan. DQLab juga menyediakan forum untuk sharing dengan 95,000++ member DQLab, maupun dengan ahli praktisi pakar data.


Yuk bergabung di DQLab! Kamu bisa belajar data science dari nol hingga bisa bergabung di perusahaan besar. Dengan bergabung sekarang kamu bisa mendapat module GRATIS “Introduction to Data Science” loh! Kamu juga bisa mendapat banyak benefits lainya jika belajar di DQLab.

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!