TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 37 Menit 29 Detik

Belajar Sistem Operasi SQL dari 3 Macam Querynya

Belajar Data Science di Rumah 04-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4676702c6b9da20de369e637e93e288b_x_Thumbnail800.jpeg

SQL atau Structured Query Language adalah bahasa query yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data. SQL merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar untuk DBMS. Banyak pekerjaan yang membutuhkan keterampilan SQL, sebab SQL sangat berkaitan erat dengan pengelolaan data. Maka dari itu, tidak heran jika tools ini merupakan salah satu syarat wajib apabila ingin berkarir di dunia data.


Dari awal kemunculannya, SQL sendiri terus melakukan perkembangan sehingga tetap bertahan sebagai opsi terbaik sekaligus pilihan favorit oleh banyak praktisi data. Sehingga penting bagi Sahabat DQ untuk mulai memahami lebih dalam tentang query SQL.


Nah pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas perintah dasar dari query SQL dan juga fungsi dari sistem operasi SQL. Jadi simak artikel di bawah ini ya.


1. Query pada SQL

SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa kueri yang paling populer dan sering digunakan. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk mengakses, memanipulasi serta mengubah data yang berbasis relasional.


Query ini sangat familiar dalam pengolahan database. Jika kamu ingin bekerja di bidang data, SQL adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib kamu kuasai.


SQL


Saat ini, ada berbagai bahasa query yang dapat digunakan pada SQL. Query sendiri merupakan suatu bahasa pemrograman atau disebut juga sintaks yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah tertentu pada suatu database dan juga sistem informasi.


Query SQL ini digolongkan menjadi beberapa perintah dasar, seperti DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan DCL (Data Control Language).


Baca juga : Serba-Serbi SQL Injection yang Pemula Wajib Tahu   


2. DDL (Data Definition Language)

Data Definition Language (DDL) adalah sub perintah query SQL yang digunakan untuk mendefinisikan data di sebuah database dan table. Dengan query inilah kamu dapat membuat tabel baru, mengubah dataset, menghapus data, membuat indeks, menentukan struktur penyimpanan tabel dan sebagainya.

SQL

Terdapat lima perintah penting dalam DDL, yaitu CREATE, ALTER, RENAME, SHOW dan DROP.

Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain:

  • CREATE:

Seperti namanya, perintah create merupakan sebuah perintah yang bisa kamu gunakan ketika membuat sebuah database yang baru, baik itu berupa tabel baru atau sebuah kolom baru.

Kamu bisa membuat sebuah query dengan contoh "CREATE DATABASE nama_database.

  • ALTER:

Perintah alter digunakan untuk melakukan perubahan struktur tabel yang telah dibuat. Misalnya, menambah Field (Add), mengganti nama Field (Change) ataupun menamakannya kembali (Rename), dan menghapus Field (Drop).

Dengan contoh "ALTER TABLE nama_tabel ADD nama_kolom datatype"

  • RENAME:

Perintah rename digunakan untuk mengubah nama table, apabila sebuah table ingin diganti namanya.

Contohnya seperti "RENAME TABLE nama_tabel_lama TO nama_tabel_baru"

  • DROP:

Perintah drop digunakan dalam menghapus baik itu berupa database, table maupun kolom hingga index.

Contohnya "DROP DATABASE nama_database"

  • SHOW:

Perintah DDL ini digunakan untuk menampilkan sebuah tabel yang ada.


3. DML (Data ManipulatIon Language)

DML (Data ManipulatIon Language) merupakan sebuah perintah query SQL yang digunakan ketika DDL telah dibuat. Query DML ini dipakai untuk melakukan manipulasi data atau pengolahan data atau record dalam table pada sebuah database.


SQL


Perintah dalam DML terbagi ke dalam empat jenis. Beberapa di antaranya adalah INSERT, SELECT, UPDATE, dan DELETE.


Beberapa perintah dasar yang termasuk DML diantaranya adalah:

  • SELECT:

Perintah select digunakan dalam menampilkan maupun mengambil sebuah data pada tabel. Data yang diambil pun tidak hanya terbatas pada satu jenis saja melainkan lebih dari satu tabel dengan memakai relasi.


Contohnya adalah "SELECT nama_kolom1, nama_kolom2 FROM nama_tabel;"

  • INSERT:

Perintah insert digunakan untuk memasukkan sebuah record baru di dalam sebuah tabel database.

Contohnya adalah "INSERT INTO nama_tabel VALUES (data1, data2, dst¦);"

  • UPDATE:

Update digunakan untuk mengubah data, atau memodifikasi data yang terdapat didalam tabel.

Contohnya adalah "UPDATE nama_tabel SET kolom1=data1, kolom2=data2,¦ WHERE kolom=data;"

  • DELETE:

Perintah delete digunakan untuk menghapus data atau record di dalam table.

Contohnya adalah "DELETE FROM nama_tabel WHERE kolom=data;"


4. DCL (Data Control Language)

DCL (Data Control Language) adalah perintah dasar pada query SQL yang berfungsi untuk mengatur hak apa saja yang dimiliki oleh pengguna, auditan penggunaan database, alokasi space, dan definisi space.


SQL


DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (privileges). Melalui perintah ini, seorang admin database dapat menjaga kerahasiaan sebuah database. Terutama untuk yang penting. DCL berdasarkan perintah dasarnya terbagi dalam dua perintah utama.


Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain:

  • GRANT: Perintah grant digunakan untuk memberikan hak akses atau izin oleh admin pada user di database untuk dapat mengakses database tersebut.

Hak akses tersebut bisa berupa hak membuat (CREATE), mengambil data (SELECT), menghapus data (DELETE), mengubah data (UPDATE), dan hak khusus lainnya yang berhubungan dengan sistem database.


Selain itu perintah grant juga dapat digunakan untuk menambahkan user atau pengguna baru di DBMS.

  • REVOKE: Perintah revoke adalah kebalikan dari perintah grant, perintah ini digunakan untuk mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula

 

SQL merupakan salah satu bahasa query yang perlu dikuasai oleh para praktisi data. SQL diketahui memiliki beragam manfaat dalam hal mengakses serta memanipulasi data. Kalian bisa mulai mencoba belajar SQL di DQLab lalu Sign Up dan belajar bahasa-bahasa pemrograman dari dasar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :