PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 18 Menit 13 Detik

Belajar Sistem Oprasi Dasar SQL Tanpa Gelar IT

Belajar Data Science di Rumah 09-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5a2c8e54-d9fc-4f67-9c6a-4cc022bb4c66-2023-06-10-003939_x_Thumbnail800.jpeg

SQL (Structured Query Language) digunakan untuk berkomunikasi dengan database. SQL menjadi salah satu skill yang diperlukan oleh berbagai profesi di industri data seperti Data Analyst, Data Scientist, Database Administrator, Data Engineer dan sebagainya.


Skill satu ini memiliki beragam fungsi yang bisa membantu pekerjaan praktisi data. Beberapa sistem manajemen basis data relasional umum yang menggunakan SQL adalah Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres dan sebagainya. 


Salah satu jenis query dalam SQL adalah DML (Data ManipulatIon Language). DML merupakan sebuah perintah query SQL yang digunakan ketika DDL telah dibuat. Query DML ini dipakai untuk melakukan manipulasi data, pengolahan data atau record dalam table pada sebuah database. 


Perintah dalam DML terbagi ke dalam beberapa jenis, termasuk SELECT, UPDATE, INSERT dan DELETE. Dalam menjalankan keempat perintah tersebut ada 3 hal yang perlu terdapat didalamnya, yaitu select (kolom), from (table) dan where (kondisi).


Pada artikel kali ini, kita akan membahas query-query dasar yang wajib diketahui oleh pemula sebelum belajar SQL lebih dalam lagi. Tunggu apalagi? Simak penjelasan berikut dan jangan lupa untuk diterapkan!



1. SELECT & WHERE

Perintah SELECT pada MySQL adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan data dari tabel yang ada di database dan dapat juga menjadi sebuah ekspresi. Namun pada dasarnya, perintah SELECT berfungsi untuk menampilkan data pada tabel secara keseluruhan. 

Syntax Dasar:

SELECT * FROM nama_tabel

Atau

SELECT nama_field, nama_field, nama_field FROM nama_tabel

Contoh Penggunaan:

SELECT * FROM customers;

Atau

SELECT nama, kota FROM customers;

 Dalam beberapa kasus yang sering terjadi yaitu ketika seorang programmer ingin menampilkan data yang spesifik. Caranya adalah dengan menggunakan logika ekspresi, umumnya diawali dengan perintah WHERE lalu diikuti kondisi seperti AND, OR, LIKE, BETWEEN, IN, NOT IN, dan lain sebagainya. 

Berikut adalah Syntax Dasarnya:

SELECT field / * FROM nama_tabel WHERE kondisi

Perintah diatas hanyalah sebuah syntax dasar dan menjadi asumsi perintah agar sampai sini sudah dapat dibayangkan. 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula

 

2. INSERT

Menambahkan sebuat data ke dalam tabel MySQL merupakan salah satu aktivitas yang paling umum digunakan. Pembuatan database dan tabel hanya perlu dilakukan satu kali saja, namun menginput data ke dalam tabel akan terus dilakukan sepanjang penggunaan aplikasi. Di dalam MySQL dan juga RDBMS lainnya, kita menggunakan query INSERT untuk menambahkan data kedalam tabel.

Syntax Dasar:

Tanpa mendefinisikan nama field:

INSERT INTO nama_tabel VALUES (‘nilai_masukan’, ‘nilai_masukan’, ‘dst’);

Dengan mendefinisikan nama field:

INSERT INTO nama_tabel (‘nama_field’, ‘nama_field’, ‘dst’) VALUES (‘nilai_masukan’, ‘nilai_masukan’, ‘dst’);

Contoh Penggunaan:

Memasukkan data berikut ini ke dalam tabel:

Nama: Salsabila

Kota: Yogyakarta

Negara: Indonesia

INSERT INTO customers VALUES (‘‘, ‘Salsabila’, ‘Yogyakarta’, ‘Indonesia’);

Atau

INSERT INTO customers (‘nama’, ‘kota’, ‘negara’) VALUES (‘Salsabila’, ‘Yogyakarta’, ‘Indonesia’);

 

3. UPDATE

Query UPDATE dipakai untuk melakukan perubahan data pada tabel MySQL, yakni proses update baris atau record. Format dasar query UPDATE adalah sebagai berikut:

Syntax Dasar:

UPDATE nama_tabel SET nama_kolom = data_baru WHERE kondisi

nama_tabel adalah nama dari tabel yang record/barisnya akan diperbarui (update).

nama_kolom adalah nama kolom dari tabel yang akan diupdate.

data_baru adalah nilai data yang akan diinput sebagai nilai baru dari kolom.

kondisi adalah kondisi atau syarat dari baris yang akan diubah, misalnya jika kolom nama customers= Salsabila maka lakukan update.

Contoh Penggunaan:

UPDATE customers SET nama customers='Salsabila' WHERE id = '4';

Setiap mengubah data dengan perintah UPDATE diharapkan menambah perintah WHERE di akhir. Tujuannya agar tidak mengubah seluruh record.

 

4. DELETE

Penggunaan DELETE digunakan untuk menghapus record pada tabel, baik itu satu data/record atau lebih. Untuk penghapusan baris dalam MySQL, kita memerlukan beberapa syarat, yaitu nama tabel dimana baris tersebut berada serta kondisi untuk penghapusan. Format dasar penulisan query DELETE adalah sebagai berikut,

Syntax Dasar:

DELETE FROM nama_tabel WHERE kondisi

nama_tabel adalah nama dari tabel yang record/barisnya akan dihapus.

kondisi adalah kondisi baris yang akan dihapus, misalnya hapus kolom nama_customers= "Salsabila".

Contoh Penggunaan:

DELETE FROM customers WHERE negara = ‘Indonesia’;

Sama halnya query UPDATE, DELETE juga harus diakhiri dengan WHERE. Penggunaan query DELETE tanpa WHERE dapat menyebabkan seluruh record yang telah dimasukan ke tabel terhapus.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula



Operator-operator di atas sering kali dikombinasikan dengan berbagai statement SQL yang lain. Yuk belajar SQL lebih mendalam bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python.


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login