MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 54 Menit : 25 Detik

Yuk, Belajar SQL untuk Lakukan Measuring Performance Pada Bisnismu

Belajar Data Science di Rumah 14-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4d4276a095ddfd06304cf2de0dee4f70_x_Thumbnail800.jpg

Belajar SQL sama halnya dengan mempelajari bahasa pemrograman lain. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu dari banyak bahasa pemrograman yang juga sering digunakan untuk melakukan pengolahan data hingga menemukan insight dari setiap data yang sedang kamu olah. Jika sebelumnya kamu hanya tahu bahwa SQL digunakan untuk membangun sebuah web, ternyata ada hal lain yang bisa digali dengan SQL salah satunya melakukan pengukuran terhadap performa bisnismu. 


Setelah bertransaksi, tentu saja setiap pelanggan akan meninggalkan rekam transaksi yang dilakukannya. Baik transaksi belanja, transaksi keuangan, bahkan transaksi rekam medis. Namun ternyata, rekam transaksi yang disimpan kedalam database baik berupa catatan atau yang terkomputerisasi dapat dianalisis untuk mendapatkan performa bisnismu. Transaksi ini akan menggambarkan banyak hal terutama bagaimana tingkat performa penjualan dalam bisnismu hingga mengetahui bagaimana behaviour pelanggan yang melakukan transaksi pada bisnismu. Dengan demikian, kamu bisa mengukur bahkan memonitor bisnis yang kamu miliki. 


Pengukuran tersebut bisa kamu lakukan melalui beberapa indikator seperti mengetahui secara keseluruhan bagaimana performa setiap barang yang kamu jual, mengetahui efektifitas diskon yang kamu miliki melalui burn rate analysis, hingga mengetahui bagaimana behaviour pelanggan yang berbelanja di tempatmu. Sehingga proses monitor akan secara lebih dalam mengetahui bagaimana kinerja dan performa bisnismu


Jangan khawatir, yuk bersama DQLab kamu bisa melakukan analisis terhadap bisnismu dengan melakukan monitoring dan pengukuran terhadap bisnismu !


1. Overall Analysis : Yuk, Ketahui Keseluruhan Kinerja Bisnismu 

Dalam mengetahui growth penjualan pada bisnismu, kamu dapat mengawali proses analisis dengan overall analysis. Dalam tahapan ini, kamu akan mendapatkan informasi secara keseluruhan terkait dengan pertumbuhan penjualan yang sudah dilakukan dalam periode waktu tertentu. Misalnya kamu ingin mengetahui secara keseluruhan bagaimana pertumbuhan penjualan pada tahun 2007-2017. Dengan demikian, melalui analisis secara keseluruhan ini atau overall analysis ini kamu dapat mengetahui tingkat signifikansi pada pertumbuhan penjualan baik dalam tahunan maupun dalam sub-category produk yang dijual.


Baca Juga : Belajar Data Science dengan Mengakses DQLab Project dan Dapatkan 3 Manfaat Penggunaan SQL dalam Industri


2. Burn Rate Analysis : Bagaimana Efektifitas Diskon yang Kamu Berikan ke Pelanggan?

Burn rate Analysis merupakan indikator yang dapat menggambarkan efektifitas dan efisiensi promosi yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu, burn rate akan menjawab secara gamblang apakah promosi dengan discount yang dilakukan terbilang “percuma” atau justru “berhasil”. Indikator yang digunakan pada analisis burn rate ini adalah total penjualan yang diberikan bersama dengan promotion value yang diberikan pula. Sehingga dari kedua hal tersebut dapat diketahui efisiensi dan efektifitasnya dalam persentase yang dimunculkan.


3. Customer Analysis : Yuk, Pahami Behaviour Pelanggan !

Tentunya, dalam berbisnis kamu harus memahami bagaimana perilaku pelanggan yang selalu berbelanja produk yang kamu sediakan. Hal ini dapat kamu amati melalui pola transaksi yang mereka lakukan bahkan kamu juga dapat melakukan analisis terhadap churn pelanggan. Analisis ini dapat menunjukkan bagaimana loyalitas pelanggan terhadap bisnismu. Apakah mereka setia dan selalu melakukan transaksi kepada bisnismu atau justru setelah melakukan pembelian mereka tidak melakukan transaksi untuk berikutnya. Tidak hanya itu, melalui analisis ini kamu juga dapat mengetahui peningkatan jumlah pelanggan dalam kurun waktu tertentu. Menarik bukan? 


Tentu saja dengan analisis pada bisnismu juga akan meningkatan penjualan dan revenue terhadap bisnismu dengan cepat dan akurat. Yuk awali belajar SQL bersama DQLab !


Baca Juga : [BARU] Belajar Data Analyst Career Track: Fundamental SQL Using SELECT


4. Yuk, Bersama DQLab Belajar Data Lebih Jauh hingga Bangun Portofolio Datamu, Gratis!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 


Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.


Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis : Tantut Wahyu 

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!