DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 48 Menit 50 Detik 

Belajar Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif dengan Modul DQLab Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d85af5dbe932640fcb702d566b3713ea_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data kualitatif adalah pendekatan evaluasi sensori perilaku menggunakan panel deskriptif untuk mengukur karakteristik sensori suatu produk. Anggota panel menggunakan panca indra untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan yang dirasakan dari satu atau lebih produk dan mendeskripsikan hal yang dirasakan menggunakan kata atau kalimat mereka sendiri. 


Evaluasi sensori merupakan ilmu yang mengukur, menganalisis, dan menafsirkan reaksi dari indra penglihatan, penciuman, suara, rasa, dan tekstur dari suatu produk. Analisis ini bisa digunakan di berbagai bidang, salah satunya adalah food and beverage. 


Meskipun sangat penting dalam bidang tertentu, ternyata belum banyak yang mengerti apa itu analisis deskriptif kualitatif. Case ini menjadi trigger bagi DQLab untuk membuat suatu modul sehingga kita bisa belajar dan memiliki gambaran bagaimana cara mengaplikasikan analisis deskriptif kualitatif di bidang makanan. Dengan analisis ini kita bisa membaca produk apa yang paling tepat bagi pasar dan variabel apa yang paling mempengaruhi. 


Penasaran bagaimana isi modul DQLab tersebut? Yuk ikuti artikel ini hingga akhir!


1. Analysis of Variance

Dalam modul ini kita akan belajar mencari variabel yang paling berpengaruh terhadap rasa yang disukai oleh panel. Analisis statistika yang digunakan adalah uji univariat. Dalam metode analisis data kualitatif, uji univariat yang digunakan adalah ANOVA atau analysis of variance. 


Mengapa menggunakan metode ini? Jawabannya adalah karena data yang didapatkan adalah data berjenis rasio sedangkan variabel yang akan dianalisis adalah rasa pahit suatu produk cokelat yang sudah dievaluasi oleh panel. Model yang digunakan adalah model lengkap dengan mempertimbangkan efek dari sampel, panel, sesi pengujian, dan urutan sampel dalam pengujian.


Baca juga: 4 Cara Ampuh Implementasikan Teknik Analisis Data


2. Komparasi Rasa Pahit pada Cokelat

Pada modul ini kita akan membandingkan rasa cokelat pada beberapa produk. Rasa cokelat di sini disebabkan oleh keragaman sampel produk cokelat, oleh karena itu kita akan belajar cara membandingkan rasa pahit antar cokelat. Metode atau uji statistik yang digunakan adalah Student’s t-test untuk membandingkan angka koefisien antar level. 


Kita akan belajar membandingkan rasa pahit cokelat dengan acuan produk tertentu dan membandingkan rasa pahit cokelat terhadap rata-rata rasa pahit produk cokelat. 


3. Membandingkan Beberapa Atribut Cokelat

Selain membandingkan rasa pahit antar cokelat, kita juga akan membandingkan atribut atau variabel lain yang saling berhubungan, baik berhubungan positif maupun negatif. Hal ini karena manusia cenderung menilai suatu produk secara holistik dengan mengintegrasikan persepsi dari berbagai aspek panca indra. 


Oleh karena itu akan sangat sulit untuk menilai produk hanya dari satu variabel atau atribut saja. Dalam model ini kita akan belajar membuat korelasi antar variabel dan memvisualisasikannya sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami.


teknik analisis data


4. Memetakan Produk Berdasarkan Karakteristik

Dalam modul ini kita akan belajar memetakan produk berdasarkan karakter sensori yang holistik. Analisis multivariat diperlukan untuk membuat peta persepsi atau ruang sensori. Uji atau metode statistik yang digunakan adalah principal component analysis atau PCA. selain itu, kita akan belajar cara memvisualisasikan hasil pemetaan tersebut agar lebih mudah dibaca.


Coba perhatikan gambar di bawah ini. Produk yang letaknya berdekatan berarti memiliki karakteristik sensori yang mirip sedangkan produk yang berjauhan artinya memiliki perbedaan sensori yang signifikan. Lalu bagaimana dengan produk yang letaknya di pusat? Untuk produk ini berarti memiliki karakteristik rata-rata.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Setelah membaca keempat poin di atas, apakah kamu penasaran ingin mengakses modul-modul dari DQLab? Caranya mudah, kok! Cukup klik button di bawah ini atau sign up di DQLab.id untuk menikmati modul gratis ‘Introduce to Data Science’ dengan bahasa pemrograman R dan Python untuk mencoba experience unik menggunakan live code editor dari DQLab serta nikmati free access ebook 24 jam non stop sebagai sumber belajar tambahan. Selamat belajar!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!