GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 35 Menit 42 Detik 

Belajar Teknik Analisis Data, Kenali Serba Serbinya

Belajar Data Science di Rumah 29-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0d26e1def4c6fce07cec56c8dcc96dda_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan internet saat ini dampaknya telah dirasakan di berbagai bidang, salah satunya dalam dunia teknologi. Kecanggihan teknologi ini memberikan dampak yang sangat besar dalam dunia data sehingga muncullah istilah big data. Big data memiliki karakteristik yang sering disebut 4V yaitu volume, variety, varicity dan velocity. Dengan adanya big data ini analisis data perlu dimaksimalkan agar informasi atau kesimpulan yang dihasilkan benar-benar memberikan pengaruh positif terhadap perusahaan. Proses analisis data memerlukan teknik analisis data yang tepat. Berbicara mengenai teknik, apakah pengertian teknik analisis data?


Teknik analisis data merupakan kegiatan dalam pengolahan data yang berguna untuk memecahkan masalah dalam penelitian dengan berbagai cara seperti memeriksa seluruh data dari instrumen penelitian, dll. Data yang didapatkan bisa dalam bentuk dokumen, media cetak, foto, video, rekaman, dan masih banyak lainnya. Pada proses teknik analisis data ini harus menentukan teknik atau metode yang tepat dan sesuai dengan jenis data, rumusan masalah serta tujuan penelitian.


1. Pentingnya Analisis Data

Secara umum, analisis data merupakan langkah mengumpulkan, membersihkan, menyeleksi, mengolah, menginterpretasi serta memvisualisasikan data sehingga menjadi informasi. Proses analisis data ini merupakan tahapan penting dalam kegiatan penelitian, proses ini tentunya harus diiringi dengan pemilihan teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan metode analisis data yang tepat. Setelah data yang ada telah dianalisis maka akan menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai pedoman pengambilan keputusan suatu perusahaan atau instansi.


Baca juga : Teknik Analisis Data : Kenali 4 Tahapannya Yuk!


2. Langkah-langkah Analisis Data

Proses analisis data perlu melalui beberapa langkah agar tidak ada tahapan yang terlewati, beberapa langkah analisis data antara lain:

  1. pengumpulan data, data yang dibutuhkan dalam penelitian perlu dikumpulkan terlebih dahulu dari berbagai sumber data yang ada

  2. seleksi data, data yang telah dikumpulkan perlu diseleksi untuk memilih data atau variabel mana saja yang akan dianalisis

  3. pengkodean, pada proses ini data yang telah siap digunakan akan dilakukan proses pengkodean untuk mengidentifikasi masalah

  4. penyajian, merupakan langkah akhir dalam proses analisis data. data yang sudah dianalisis perlu disajikan dalam bentuk semenarik mungkin dan mudah dipahami dan diterapkan oleh pendengar atau pihak perusahaan.


Teknik Analisis Data


3. Jenis Teknik Analisis Data

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa proses analisis data memerlukan teknik analisis data yang tepat. Lalu apakah maksud dari teknik analisis data yang tepat? Teknik analisis data yang tepat maksudnya adala penggunaan teknik analisis data harus sesuai dengan jenis data yang ada, apakah itu data kualitatif atau data kuantitatif. Jika data yang digunakan adalah data kualitatif maka teknik yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif, begitu pula halnya pada data kuantitatif. Setelah menentukan teknik yang sesuai dengan jenis datanya, maka langkah selanjutnya adalah menentukan metode apa yang tepat dan sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian.


4. Tools Analisis Data

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kesediaan data yangs emakin cepat, maka kecil kemungkinan jika analisis data dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cepat. Namun untuk zaman kini peneliti sangat terbantu dengan adanya tools analisis data yang dapat mereka gunakan antara lain seperti Python, R, Xplenty, Microsoft Power BI, Tableau, Sisense, Talend, Microsoft Excel, Query SQL, dan masih banyak lainnya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Baca juga : Penelitian Kualitatif : Teknik Analisis Data Deskriptif


5. Yuk, Belajar Teknik Analisis Data di DQLab!

Teknik analisis data merupakan salah satu skill yang harus dikuasai saat ini, terutama bagi para praktisi data maupun akademis dan peneliti. Dengan menguasai teknik analisis data tentunya hasil analisis data akan lebih valid. Dasar-dasar teknik analisis data dapat kita pelajari di DQLab . DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!